umpan ikan

umpan pancing

umpan ikan-part1

Umpan ikan untuk memancing bag 1  ( dari 3 bagian )

Umpan ikan anda para pemancing ada beberapa macam. Yang pertama adalah

umpan pancing

umpan pancing

  1. Umpan alami : umpan ini tersedia di alam, umpan alami adaah merupakan umpan yang menggunakan umpan berupa tumbuh – tumbuhan, biji – bijian maupun jenis – jenis serangga yang merupakan makanan asli dari ikan tersebut di tempat liar. Umpan alami dapat berupa tumbuh – tumbuhan seperti lumut dan daun talas.untuk ikan nila dan mujair, gurami atau berupa hewan dan serangga sepert : cacing, jangkrik, capung, gangsir, belalang, laron untuk berbagai ikan seperti nila, mujair, lele, wader, gurami. di beberapa tempat seperti daerah Blitar penulis sempat mengetahui umpan alami yang lain daripada yang lain yakni -maaf-kotoran manusia. Umpan ini memang sering digunakan untuk memancing ikan Baderbang alias Bader Abang ( Bader Merah ). Ikan ini hamper seperti ikan tawes yang memiliki sirip berwarna merah dengan aroma dari umpan alami ini ikan bader lebih mudah di tangkap katannya. Waduh…gak kebayang deh gimana baunya.. J…mak nyuss..
  2. Umpan Buatan : merupakan umpan yang di produksi oleh pabrik atau oleh home industri. Dengan menggunakan bahan – bahan dari alam ditambah pengawet plus aroma buatan. Pellet adalah termasuk dalam criteria ini. Umpan  buatan sebenarnya dibuat dari bahan – bahan alami : jagung, umbi jalar, dedak ditambahkan sardine dll dan untuk mengelabui penciuman ikan diberikan aroma buatan baik aroma buah- buahan atau aroma amis ikan. Untuk membuat sendiri pun anda dengan mudah bisa melakukannya. Dengan cara tradisional. Bedanya Cuma pada keawtannya kok. Kalau ingin praktis, silahkan mengunjungi took pancing terdekat sesuaikan dengan target sasaran pancingan anda.
  3. Umpan tabur : jenis umpan ini hanyalah merupakan stimulus alias pengecoh ikan agar mau mendekat ke lapak kita. Umpan tabor diberikan sebelum kita memancing. Umpan tabur akan mengumpulkan ikan dekat dengan lokasi mancing kita sehingga saat kita mulai memancing ikan sudah mengumpul. Sebaiknya umpan tabor tidak terlalu banyak di berikan supaya ikan tidak kekenyangan sebelum mulai memancing.
  4. umpan palsu : umpan palsu merupakan umpan yang dibuat oleh pabrik yang berbentuk menyerupai serangga yang di sukai ikan, biasanya di buat dari bulu – bulu dan plastic atau bahan lain. Untuk lokasi mancing Indonesia sangat jarang sekali umpan ini dipakai, biasanya di pakai untuk pemancing di luar negri atau malah untuk memancing di laut.

Baca juga artikel kami tentang :

-         Gurami

-         Hobby Mancing

-         Alat Pancing

154 Comments

  • By roni, June 18, 2009 @ 5:50 pm

    tolong donk gambar model umpan buatan yang sering di pakai di laut, thank

  • By admin, June 20, 2009 @ 10:03 pm

    siap, segera kami buatkan contoh – contohnya

  • By Wahyu, June 20, 2009 @ 11:19 pm

    “…seperti daerah Blitar penulis sempat mengetahui umpan alami yang lain daripada yang lain yakni -maaf-kotoran manusia…”

    kebetulan saya adalah orang Blitar, nah, saya pengen nanggepi ini, kalo setahu saya, yang ada bukan kotorang manusia, tapi caring-cacing yang ada pada tumbukan kotoran manusia di kolam pembuangan kotoran. nah, kalo memang ada yang saperti itu, hi…. jijik juga…. :-/

  • By jemy, June 21, 2009 @ 4:54 pm

    tlg donk beri tahu saya umpan pancing yg terbaik unk memancing ikan jurung????????

  • By kurnia, June 21, 2009 @ 4:58 pm

    tlg donk beri tahu saya cara merawat lkan koi agar warnanya makin cerah/ngejrenkkkk..

  • By admin, June 21, 2009 @ 11:01 pm

    ikan jerung adalah ikan hiu ya…wah pakai bahasa melayu..ya..ikan hiu adalah predator yang memangsa ikan lain, cara yang termudah adalah menggunakan daging ikan lain, dengan terlebih dulu menaburkan darah ikan di sekitar perahu untuk menarik perhatian ikannya…itu yang saya lihat di National Geographic..

  • By admin, June 21, 2009 @ 11:01 pm

    baik..tentang ikan koi akan saya ulas segera…mohon sabar..

  • By admin, June 21, 2009 @ 11:04 pm

    untuk mas wahyu yang dari Blitar, saya waktu itu mancingnya di bendungan serut..pas di pintu air yang keluar itu lho..jadi emang betul…pake t4-1 lho…ampun deh..

  • By Stop dreaming Start Action, June 22, 2009 @ 12:36 pm

    Info bagus..buat umpannnya…kasih tau umpan yg laen bro

  • By admin, June 22, 2009 @ 4:14 pm

    trimakasih….info menyusul..

  • By wahyu, June 26, 2009 @ 12:09 am

    hwa, emang….
    tapi kalo di serut, memang orang-orangnya dari mana-mana, mungkin itu ada benar kejadiannya…
    terimakasih.

  • By Item, July 9, 2009 @ 9:11 am

    Mas tolong dong info bagi kami yang awam ttg pemeliharaan ikan tapi punya keinginan untuk budidaya ikan (nila dan mas khususnya) yang baik dan benar serta menguntungkan tentunya, maklum sedang siap2 mencari bekal pensiun, trims ya.

  • By admin, July 9, 2009 @ 4:29 pm

    mhon ditunggu kami akan buatkan dalam bulan ini. terimakasih atas commentnya

  • By ellen ramlan, August 4, 2009 @ 10:16 am

    sy penggemar mancing juga, terima kasih info2nya…
    di bandung yg paling dominan mancing kolam…
    baik galatama, lapak, ataupun kilo gebrus….
    yg paling menarik adalah bagaimana kita meramu umpan, itu jg termasuk seni mancing, karena tdk semua umpan akan dimakan,
    umpan2 dgn ramuan yg pas lah yg akan mendapatkan ikan banyak…
    bravo untuk mancing mania….

  • By imen, August 4, 2009 @ 10:21 am

    bos,sya mau nanya klau umpan yg paling jitu ap2an sich untuk ikan nila/patin.

  • By admin, August 4, 2009 @ 10:07 pm

    betul sekali teman, memancing bukan hanya mencari ikan semata tapi lebih sebagai obatnya pikiran..salam kenal untuk mancing mania bandung

  • By admin, August 4, 2009 @ 10:14 pm

    memancing ikan nila di alam liar saya selalu menggunakan umpan lumut..namun jika nila sudah di pelihara di kolam biasanya memancingnya dengan pelet..untuk ikan patin, karena di alam liar ikan ini termasuk pemakan segala alias omnivora ia akan menyantap apa saja…umumnya menggunakan cacing, atau jangkrik. tapi jika ikan tersebut sudah di ternakkan di kolam dan biasanya ini yang paling banyak anda bisa memancingnya dengan menggunakan pellet..yang direndam dulu, semoga membantu..

  • By dani, August 9, 2009 @ 8:00 pm

    tolong donk kasih tau jenis2 pakan alami serta keunggulan dan kekurangannya….
    trims

  • By admin, August 10, 2009 @ 9:13 pm

    untuk Jenis ikan apa saja mas Dani?

  • By imam, August 11, 2009 @ 1:53 pm

    maz gimana klo mancing nya d rawa pke umpan apa

  • By imam, August 11, 2009 @ 7:02 pm

    pak gmna klo mancing d rawa pke umpan apa ya pak.thx

  • By admin, August 12, 2009 @ 12:01 am

    memancing di rawa dengan kondisi perairan yang sedikit berlumpur biasanya mencari ikan lele, ikan gabus, sebaiknya anda membawa umpan cacing merah, cacing ini merupakan favorit bagi jenis ikan tersebut. bahkan ikan mujairpun menyukainya..

  • By ary, August 12, 2009 @ 9:13 pm

    TOLONG DOK KSH TAU UMPAN GALA TAMA D TELAGA CIBUBUR KONDISIH AIR Y AIR DANAU

  • By admin, August 13, 2009 @ 4:40 am

    umpan mancing bisa disesuaikan dengan ikan sasaran anda. misalnya ikan target sasaran anda adalah ikan mas..kami punya 3 resep umpan ikan mas di database kami. namun dengan banyaknya essence yang sekarang beredar, anda bisa meracik umpannya dengan lebih kreatif. atau kalau anda punya resep lain bisa kirim email di kami dan kami akan posting dengan mencantumkan nama anda sebagai penulisnya..trimakasih

  • By gatot, August 13, 2009 @ 12:23 pm

    maz tempat favorit d sby utk mancing itu dmna ya maz

  • By admin, August 13, 2009 @ 11:45 pm

    setahu saya di Armatim dan di tropodo di dekat wisma tropodo…itu cerita teman lho…ntar kalau sampeyan nemu tempat bagus inform ya….trims

  • By subandi, September 8, 2009 @ 2:10 pm

    maz gmna klo membuat umpan pelet

  • By admin, September 8, 2009 @ 5:02 pm

    maksudnya cara membuat umpan pelet?

  • By Yuris, October 1, 2009 @ 12:37 pm

    Boss…. tolong saya mau beli alat pancing komplit untuk Galatama Bandeng (1kg s/d 5 kg) sekalian diberi resep umpan ikan bandeng Galatama dan ukuran joran, pancing nomor berapa berikut merk (karbon atau apa) dan senar ama reel apa yg cocok ? maaf ya borong pertanyaan tanks atas infonya

  • By admin, October 2, 2009 @ 4:49 pm

    umpan untuk memancing ikan bandeng sama dengan umpan untuk ikan mas, coba lihat artikel saya tentngumpan ikan mas.karena ciri bandeng yang mau makan apa saja alias omnivora. coa cari informasi sebelum acara mulai, apa saja makanan yang diberikan oleh pemilik kola untuk ikan itu. biasanya ikan bandeng mendiami kolam pancing selama 1 – 2 hari bahkan lebih. dengan mendapat informasi makanan kebiasaan ikan di kolam itu kemungkinan mendapatkan ikan semakin besar. joran dan senar tidak banyak pengaruhnya untuk pemancingan , sesuaikan dengan besar kolamnya saja. maguro adalah mrk idola saya.. ukuran mancing yang baik adalah yang kecil saja..tergantung ikan sasaran, kira2 separo besar mulut ikan. sebaiknya gunakan yang karbon saja untuk menghindari karat dari air laut..semoga membantu..salam kenal

  • By steven, December 15, 2009 @ 10:33 am

    mas yang bagus untuk umpan galatama ikan mas di PIK ap ya??
    sampai saat ini saya belom menemukan umpan yang pas.
    kira-kira ada ngak umpan yang bagus untuk mancing di galatama PIK?
    makasih…

  • By admin, December 15, 2009 @ 10:41 pm

    ikan mas paling banyak menggunakan indera penciumannya untuk mencari makan, sebenarnya tidak ada umpan yang paling jitu yang bisa memenangkan semua kolam galatama. bagaimanapun kondisi air, tingkat kekeruhannya, pola makan ikan sebelum dilepaskan juga berpengaruh dengan selera makan ikan. kalau saya biasanya selalu membawa beberapa aroma atau essence untuk persediaan saja, siapa tahu ikan sasarannya mau. cobalah minta bocoran pada jawara lomba mancing di lokasi Pantai Indah Kapuk tsb, berharap aja mau berbagi info..

  • By aris, December 22, 2009 @ 12:29 pm

    tolong dikasih tau rahasia untuk umpan ikan nila baik mancing di kolam maupun di waduk.terima kasih

  • By admin, December 22, 2009 @ 5:02 pm

    Nila termasuk ikan pemakan segala, baik umpan alami maupun buatan. untuk memancing ikan Nila biasanya saya menggunakan lumut, kalau ikannya kecil saya menggunakan cacing atau pelet. ikan nila termasuk yang gampang – gampang susah makannya, namun dengan membawa berbagai macam umpan dapat ditiru sebagai cadangan jika tak mau makan. salam

  • By ahmad, January 13, 2010 @ 5:23 pm

    mohon kirim katalok dan harganya….untuk mancing di laut tank

  • By budi, January 24, 2010 @ 9:42 pm

    resep umpan ikan mas untuk lomba:
    bahan:
    1. telur bebek mentah 4 butir,
    2. susu dancow full cream warna putih 1/2 sachet (10 gr),
    3. mentega wizjman 12 gr,
    4. daging ikan salem 200 gr,
    5. kroto beras 200 gr,
    6. ubi putih/merah yang manis 1 butir
    7. pengeras umpan yg netral (tdk beraroma)
    cara membuat:
    no. 1,2,3 dan 4 (ikan salem buang kepala dan ekornya masukan kedLm plastik kukus selama 10 menit kemudian ambil daging yg putih saja) blender sampai halus, masukkan 100 gr kroto aduk dg sendok sampai rata, kemas dlm plastik tahan panas tutup rapat kalau perlu dg pemanas sealer kemudian kukus sampai matang (adonan sudah tdk lengket dg plastik pembungkusnya) sertakan ubi kukus sampai matang.
    cara menyiapkan:
    siapkan baskom plastik yg tdk lengket parut ubi secukupnya dg parutan keju aduk dg centong plastik sampai halus masukan adonan jadi aduk sampai halus jika masih terlalu lembek tambahkan pengeras, gunakan sisa kroto sebagai taburan, selamat mencoba.
    nb.: ikan salem bisa diganti ikan lain sesuai selera.

  • By ally, February 16, 2010 @ 6:05 pm

    boss tolong beri saya resep umpan mancing ikan mas yang handal . thank,s

  • By admin, February 17, 2010 @ 6:08 am

    saya memiliki 3 resep mancing ikan mas di postingan saya..mungkin yang lain mau menambahkan?

  • By ardian, February 19, 2010 @ 2:15 pm

    di dekat daerah madiun sekitarnya ada gak yang jual lure kayak gambar diatas??

  • By agus sulistyawan, February 22, 2010 @ 10:38 am

    Mas, di danau tempat saya kerja tepatnya di Kariango, Kab. Maros banyak sekali ikan Mas yang besarnya kayak tanki motor. Tapi yang saya bingungkan, dipancing pakai umpan apa ya supaya bisa ketangkap??? Tolong bantu saya Mas..!

  • By admin, February 22, 2010 @ 11:15 am

    jenis ikan apa pak? ikan gabus? ikan Lele? dengan menentukan jenis ikannya maka bisa ditentukan umpannya pak

  • By fian, March 17, 2010 @ 10:07 pm

    Salam kenal utk semua tim. saya orang yg bru2 saja suka dgn hobby memancing terus terang sy blm pnyk pengalaman dlm hal memancing, dr sni jujur saya ingin skli bnyk mendapatkan pengalaman. sbnrnya sy ign ikut pd acara tgl 20 maret 2010 di karenakan ada kepentingan jd saya tdk bsa ikt dn bergabung dlm acara tersebut. saya ign bertanyak : berapa bulan sekali acara sprti ini diadakan krna utk acara berikutnya saya ign ikut dn bergabung. saya mohon kpd smua tim membalas atas pertnyaan saya. SALAM KENAL : FIAN

  • By erik, March 18, 2010 @ 1:33 pm

    Slam knl… sy mulai menyukai / hobi dng mancing… tp ada beberapa kendala karna sy baru mencobanya… seandainya berkenan…bisa minta bantuannya mengenai umpan ikan mas yg bagus../ cara bikin umpan ikan mas daerah jawa barat, biasanya tiap daerah beda beda… kami mhon info nya.. karna ikan ikan yg biasa sy mancing di kolam susah didapat.,. apalagi cuaca hujan / dingin terutama di bandung dan sekitarnya.. mohon info juga saran2 nya.,., seandainya sempat.. sy berharap kirim ke email sy.. trmksh sblm nya…

  • By admin, March 19, 2010 @ 9:34 am

    udara dingin terkadang menyebabkan ikan menjadi hiber atau istilahnya tertidur demi menghemat energi. biasanya dengan udara yang dingin ikan susah makan. penggunaan umpan yang tepat memang agak susah..campurannya. sebaiknya anda bertanya pada pemancing yang pakar di daerah situ atau tanya langsung pada pemilik kolam makanan apa yang diberikan pada ikannya. salam strike

  • By Aldy, April 20, 2010 @ 1:09 pm

    Salam kenal… bagi-bagi resep umpan galatama.. tks.

  • By agust, April 25, 2010 @ 8:28 am

    Oom numpang tanya. Musim kerapu biasanya pada bulan apa ya ?. Terima kasih banyak sebelumnya.

  • By admin, April 25, 2010 @ 12:03 pm

    asal bukan bulan purnama, ikan selalu ada mas. biasanya kalau purnama pasang laut tinggi dan ikan jarang makan.

  • By sembret, April 28, 2010 @ 7:05 pm

    mt kenal ,,,,aku mau tanya apa sja umpan ikan bader yang manjur,klo mancing biar dapat banyak,

  • By admin, April 30, 2010 @ 8:27 am

    saya pernah menggunakan umpan pelet yang saya campurkan dengan sedikit terasi. dan lumayan berhasil menangkap ikan bader.

  • By bobokmalam, June 1, 2010 @ 3:08 am

    mas, tolong saya mas, ditambak saya ada ikan kakap suka makan udang yg saya pelihara, jadi saya bingung untuk memancing nya, kalau lebih lama lagi saya biarkan, akan habis udang saya di panen ama ikan kakap, jenisnya KAKAP PUTIH, please,,,

  • By bobokmalam, June 1, 2010 @ 3:08 am

    mas, tolong saya mas, ditambak saya ada ikan kakap suka makan udang yg saya pelihara, jadi saya bingung untuk memancing nya, kalau lebih lama lagi saya biarkan, akan habis udang saya di panen ama ikan kakap, jenisnya KAKAP PUTIH, please dong mas sarannya,,,

  • By admin, June 1, 2010 @ 8:39 am

    wah..kalau yang ini membutuhkan saran dari para pakar nih..mohon bantuan siapa yang membantu…

  • By teddy kurniawan, June 10, 2010 @ 1:39 pm

    siang para produsen dan grosir alat2pancing dan umpan.kami mencari pemasok barang2yg berhubungan dng mancing di kolam baik itu alat pancing,umpan,pelet dll.kami memncari merk2 yg belum ada dipasaran di bandung,krn selama ini merk hanya itu2sj,,u/keterangan lbh jelas silahkan hub.no.081395381233..hatur nuhun.

  • By julius, June 17, 2010 @ 1:59 am

    bos2…yg jago dlam hal umpan..saya suka mancing klo gebrus..banyak temen saya yg suka mancing pake essen..nah pertanyaannya..gmna cara menetralisir bekas lapak yg d tinggalkan orang yg make essen..

  • By julius, June 17, 2010 @ 2:05 am

    bos minta resep umpan dong…saya domisili bandung…umpan ikan mas yah..hhehhehheh../.thanks…cayoo mancing mania..

  • By admin, June 21, 2010 @ 9:48 am

    air kolamnya harus diganti…

  • By nugroho, July 10, 2010 @ 11:21 pm

    intinya apa umpan manjur itu mas…apa dari bahan dasarnya…aroma ikannya…atau perangsangnya..

  • By BDL, July 11, 2010 @ 2:25 pm

    untuk rekan2 yg punya hobi mancing galatama ikan mas yang ingin mencoba formula umpan essence pakai aci akan saya kirimkan informasinya lwt email anda. gratis. Berdasarkan pengalaman di PIK, tlg arwana dan kolam pancing di bdg. contact: asepdenidarmawan@yahoo.co.id

  • By admin, July 12, 2010 @ 6:34 pm

    umpan khan dibuat dari berbagai sumber, pengalaman teman – teman pemancing di setiap tempat pemancingan biasanya umpannya bisa bermacam – macam

  • By BDL, July 14, 2010 @ 8:03 pm

    Betul sekali bos. Biasanya saya buat umpan ( khusus ) aci/essence 3 macam untuk sekali mancing. Itupun disesuaikan dengan kondisi air, cuaca ( panas, sejuk/adem, hujan ).

  • By dendi, July 15, 2010 @ 8:19 pm

    bos di telaga deket rumah saya banyak ikan nilanya, tapi susah bgt d pancing, kira2 doyanya pake umpan apa ya, boleh bagi resep umpanya gx ?

  • By admin, July 17, 2010 @ 8:41 pm

    coba makanan alaminya saja..misalnya cacing atau lumut. biasanya ikan nila yang di telaga jarang mendapatkan makanan tambahan sehingga lebih menyukai makanan alami yang tersedia di alam.

  • By ari, July 17, 2010 @ 9:25 pm

    mas, saya pernah membaca tentang umpan yang ada campuran wisman ataupun paikin, yang mau saya tanyakan wisman dan paikin itu apa? dimana saya bisa mendapatkannya? saya berdomisili di purwokerto, terima kasih mas

  • By admin, July 20, 2010 @ 12:15 am

    setahu saya wisman adalah perangsang nafsu makan ikan, bentuknya seperti margarine dapat dibeli di toko pancing besar di kota anda

  • By dhe, July 25, 2010 @ 9:40 pm

    mas tolong pencerahanya ya..tentang umpan nila dari daun talas..itu mksdx diapakan..alx dt4 saya buat cari lumut sangat sulit..
    mksh sebelumnya..

  • By Gevi, July 31, 2010 @ 1:39 am

    Mas, saya mau tanya klo mau mancing disungai biasanya pake umpan apa??
    Saya tinggal dpalembang jadi mau mancing disungai MUSI.
    Thanks

  • By admin, August 2, 2010 @ 7:08 am

    ikannya apa mas? kalau umpan pastinya tinggal menyesuaikan ikan sasaran saja.

  • By Gusti, August 2, 2010 @ 9:04 pm

    Slm knl.. Tlg dong umpan ikan mas galatama tuk kolam yg sirkulasi airnya hanya masuk trus air kolamnya keruh. Tkx

  • By admin, August 3, 2010 @ 10:26 am

    kalau yang ini membutuhkan jawaban dari pemancing ahli nih..mohon bantuan pemancing lain dong..resep saya udah umum nih. menggunakan umpan aci dengan rasa buah – buahan dan bom nya menggunakan pelet udang…mungkin ada yang mau menambahkan?

  • By BDL, August 16, 2010 @ 3:21 pm

    utk kawan gusti, utk kolam galatama yg sirkulasi airnya kurang baik, biasanya memerlukan aroma essence yg pekat/kuat. coba 4 macam essences dibawah ini diracik Khusus pakai aci: – choya, strawberry, cocopandan, garlic. waktu mancing siang tonjolkan strawbery. utk malam/apalagi hujan tonjolkan garlic. sengaja banyaknya essences tdk saya sampaikan, biar anda berinovasi sendiri, kebanggaan pemancing adalah…umpan buatan sendiri. saya tdk pernah ketinggalan 4 macam essence ini karena menurut pengalaman saya bisa dipakai pd kondisi air jelek sekalipun.jgn lupa prinsip galatama adalah berburu ikan paling besar. selamat berburu induk kawan…

  • By Usia, August 19, 2010 @ 4:56 pm

    Mas mancing ikan mujair klo lumut dicampur ama terasi bisa ga untuk rawa kedalaman 1-2 meter klo ad usul lumut dicampur apa ya biar tokcer krn saya baru belajar mancing nih

  • By yonna, August 20, 2010 @ 11:42 am

    salam kenal… mau minta pendapat untuk umpan kolam galatama dengan sirkulasi air cukup baik, ada blower dan kincir di tengah2 kolam…saya biasanya menggunakan campuran essen durian, butter cookies, sereh, seafood, nangka. trims infonya

  • By Asep Dian Setiawan, August 20, 2010 @ 8:40 pm

    Slm knal… Tolong siapa saja yang tau, saya ingin resep umpan untuk ikan yang berada di rawa-rawa yang airnya dingin,karena susah sekali mendapatkan ikannya. Kalau bisa krim lewat email saya. Trima kasih.

  • By idran, August 20, 2010 @ 10:25 pm

    sekeda info..buat kawan yng suka mncng patin,misalkan umpan yang lain sulit dimakan coba pake buah keres.tapi yang udah bener2 mateng/merah kalo ada yng udh jatuh sendiri,tapi jangan lupa kalo dapet banyak kirimin dong pepes patinnya..hehe

  • By admin, August 21, 2010 @ 11:28 pm

    saya sih gak pakai apa – apa mas..yang penting lumutnya segar ikan pasti suka..tapi saya sekarang mencoba lumut gombal yang agak kriwul…ikan Nila paling suka ini…

  • By sahrul, August 22, 2010 @ 8:19 pm

    Met knall smua ,,,,,

    bleh tanya ndak ?..

    resep umpan ikan mas apa ya mas …?(sesuai cuaca … nya juga )

  • By bdl, August 30, 2010 @ 3:27 pm

    utk kawan yonna, coba serehnya diganti garlic ( jgn terlalu banyak cukup hawar2 )dan tambahkan lg kerupuk.

  • By dendi, August 31, 2010 @ 11:42 am

    tolong di publikasikan daftar harga umpan buatan untuk laut, sungai, danau. soalnya saya belum tahu harganya

  • By pak eko, September 16, 2010 @ 7:06 pm

    umpan ikan baderbang dibrantas coba ini,tempebosok dihaluskan campur dgn peletlele perekatnya tepung ketela.aq dah sering coba pasti dpat

  • By uki, September 27, 2010 @ 9:56 pm

    salam..
    saya kalah terus dlm tanding memancing ikan mas..
    saya sudah coba umpan2 yang ada di internet hasilnya kurang.. ada ga ya yang masih dirahasiakan.. yang punya umpan hebat bagi ilmunya dong.. di email aja.. thanks

  • By admin, October 10, 2010 @ 9:55 pm

    hal memancing utamanya adalah umpan, namun terkadang hal itu menjadi rahasia juga bagi para pemancing lomba karena menyangkut rejeki juga mas..semakin banyak mencoba ramuan baru niscaya bisa menemukan sendiri umpan yang tok cer

  • By sonny tasik, October 10, 2010 @ 10:08 pm

    hallo semua mancing mania…
    Berdasarkan pengalaman yang saya alami bahwa sebenarnya ikan itu hanya makan yang berbau wangi dan anyir..jadi berikut adalah umpan jitu,murah untuk IKAN MAS:
    1.SINGKONG 1 BUAH UKURAN 2.5 ONS
    2.JAGUNG MANIS LOKAL 1 BUAH
    3.TUNA DALAM MINYA 1 KALENG
    (DEHO)
    4.TEPUNG KETAN ROSE BRAND
    5.KROTO BERAS MIN 1 ONS
    6.BUTER ORCHID
    7.SUSU DANCOW 1 SHET
    8.KARA
    cara penyajiannya
    1.PARUT SINGKONG DAN AMBIL KIRA2 5 SENDOK MAKAN
    2.BLENDER JAGUNG MANIS (SETELAH DIAMBIL BIJINYA SAJA) BESERTA DENGAN SINGKONG DAN TUNA
    3.TUANGKAN LALU CAMPUR DENGAN TEPUNG KETAN KIRA2 5 SENDOK MAKAN, SUSU 1 BUNGKUS, KARA SATU BUNGKUS ADUK HINGGA ADONAN KALIS
    4.REBUS DENGAN LAMA WAKTU 15 MENIT DENGAN ITUNGAN 7.5 MENIT DIBALIK.
    5.BIARKAN HINGGA DINGIN LALU CAMPURKAN KROTO DAN ORCHID BUTER TADI PADA SAAT MAU MEMULAI..
    6.TAMBAHAN APABILA TERASA BENYEK PAKE KOYA 2 BUTIR (KOYA CAP DUREN KALO ADA)

    SELAMAT MENCOBA DIJAMIN SIBUK…SEBAIKNYA ANDA MEMAKAI JOKI UNTUK MENCOBA UMPAN INI KARENA SAYA YAKIN KALO ANDA SENDIRI ANDA AKAN KETETERAN MEMASUKAN IKAN KE KOJA..

  • By admin, October 16, 2010 @ 10:54 pm

    terimakasih atas informasi yang sangat berharga..salam kenal

  • By hery, November 10, 2010 @ 2:49 am

    saya sering mancing kilo gebrus,sudah coba beberapa umpan baik yang sudah jadi ataupun buat sendiri tp hasilnya selalu nihil, tolong dong kirim umpan kilo gebrus yang jitu, ane di daerah subang, tepatnya di daerah purwadadi

  • By che ping, November 10, 2010 @ 10:10 am

    bpk saya biasa mancing dilaut jadi barusan saya ada beli umpan palsu merek yo-zuri crystal minnow magnum (F) apakah umpan palsu ini bagus,sering dipakai orang dak? buat cassting dilaut apa bedahnya dgn rapala thank’s

  • By admin, November 17, 2010 @ 5:51 am

    Minnow digunakan sebagi umpan saat trolling maupun casting, meski warnanya terdapat banyak corak dari pengalaman para pemancing warna tidak terlalu berpengaruh saat mendapatkan ikan. dengan plat besi yang berada di ujung umpan ini ia dapat bergerak ke kanan dan kiri seperti ikan berenang. rapala adalah salah satu merk minnow.

  • By admin, November 17, 2010 @ 5:59 am

    salam kenal, mancing kiloan memang membutuhkan umpan yang jitu dan setiap pemancing memiliki resep – resep yang sering kali dirahasiakan. di daerah kami umpan untuk itu biasa menggunakan aci yang setiap kali harus berubah ubah pak. tidak bisa selalu sama. umpan campurnya juga sering berganti. kami ada 3 macam umpan pak coba di cari artkelnya http://pemancing.com/umpan-ikan-part2, http://pemancing.com/umpan-ikan-part-3

  • By jabir hafidz, November 21, 2010 @ 11:53 am

    bagai mana cara membuat umpan untuk ikan lele yang hidupnya di rawa ??? selain cacing ya !!!

  • By admin, November 29, 2010 @ 4:28 am

    kalau ikan liar begitu emang makanannya juga binatang liar pak…jangkrik, orong – orong, cicak, laron. itu yang mereka suka…

  • By probo, December 8, 2010 @ 4:02 am

    salam kenal semua,aku mo nanya temen2 yg dijogja,klu umpan nila n tombro didaerah embung tambak boyo apa tpya yg manjur??trims infonya..

  • By admin, December 10, 2010 @ 2:24 pm

    mohon bantuan teman – teman Jogjakarta. trims

  • By Rifqiful, December 10, 2010 @ 7:39 pm

    Mohon bantuannya kepada teman – teman pemancing GALATAMA untuk bisa berbagi resep umpan pancing galatama….
    Di Harapan Indah maupun di telaga tongyang Bekasi.
    Terima kasih sebelumnya

  • By probo, December 13, 2010 @ 2:08 pm

    sekedar info aja,saya sdh nyoba pakai pelet+telor+susu+keju+kroto.tp ikannya ga mo mkn…pakai lumut ampe aq kasih vanilli jua nila ga mau..ada yg pakai tepung panir,tp dptnya kecil2…ne di kali opak jogja lagi bnyak bawal,kolam2 pada jebol..kolam

  • By gepeng, December 31, 2010 @ 6:21 pm

    Salam kenal agan-agan….,
    mau nanya ne gan, kalo untuk beli bahan umpan ikan mas yang jenisnya keringan di mana ya di daerah Jogja?? bahan umpan keringan seperti kinoi,excel susu madu, katulampa, tepung deho, dan kawan2….terima kasih gan sebelumnya..

  • By josua, January 4, 2011 @ 5:27 pm

    betul…
    kakaku pernah lomba mancing ikan mas….busyet….
    75% ketangkap ama kakaku.!
    aku iseng tanya umpannya >>>>>
    emang ada kotoran manusianya!!!!!

  • By bakissh, January 18, 2011 @ 11:55 am

    saya dr kecil suka mancing,,umpanya macem2 1000 resep udah d coba tp ada yang paling bagus buat ikan galatama/ikan harian umpan pling bagus,,,,resepnya cuma 1 yang jitu,,,bahannya mie apa aja bikin kinoy,,,tambah kepiting sungai lalu d rebus,,,aduk dngan kinoy,,kubur dalam tanah 1 hari,,,udah d kubur,,kemudian kukus,,ikan yang ada d kolam masuk koja semua,,,

  • By anton, January 29, 2011 @ 7:06 pm

    mas,tlng bantuanny dunk…umpn mujarab buat ikn baung ma patin ap y…..????

  • By Aan Zaman, February 8, 2011 @ 7:37 pm

    Bos…Bisa ngga saya dikirim resep umpan untuk ikan Lalawak (Ikan Sungai) yang pakai essence? Kasih tau yach!

  • By admin, February 12, 2011 @ 10:57 am

    bentuk ikannya bagaimana tuh?..kok belum tahu modelnya..tuh..

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:04 am

    kalau ikannya liar sebaiknya pakai makanan alami seperti orong – orong atau jangkrik..kalau ikannya pernah hidup di kolam sebaikya menggunakan umpan buatan seperti pelet atau pakai aci..

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:20 am

    trims resep jitunya..saya akan coba juga pak…

  • By probo, February 16, 2011 @ 9:34 am

    @gepeng,coba ja di timur ISI JALAN PARANG TRITIS,OR timur jembatan sayidan gondomaanan.

  • By mangku, February 21, 2011 @ 1:23 pm

    ada gak ya yang tau umpan untuk ikan sapil atau tembakang, disini banyak ikannya tapi gak bisa di pancing.tolong bantuanya bila ada yang tau. Trims!!!!

  • By pa'e @j€ñ9, March 2, 2011 @ 8:48 pm

    lam knal boz…
    Da sdikit info,mgkin brguna wat mancinger
    umpan ikan maz d air kruh ndax zah pke plet ptih,ckup plet 48 or sjenisnya yg d to”lin ke kroto

    agar lmut nggax cpet bzux n lbih lmbut cba tmbahin sdikit garam,d campur ezen melon lbih muantab

    lam strike wat mancinger smua

  • By aax yan, March 2, 2011 @ 9:14 pm

    wat mancinger smua ni da sdikit info yg mgkin brguna

    tux ngangkat ikan maz d klam air kruh cba aza plet 48 or sjenisnya dan di totolin kroto

    agar lmut lbih awet dan hlus cba kzih sdikit garam, cba jg dtmbahin ezen melon psti lbih dsukai nila d wadux

    slamat berexperimen n slam STRIKE wat smua mancinger

  • By Mancingos Manios Manchos, March 17, 2011 @ 6:45 pm

    mancing tawes / bader paling jitu pake eek (kotoran manusia)
    temenku pernah nyoba, hasilnya 1 ember penuh, bener2 terbukti !
    tapi aku belum pernah nyoba sendiri, jijik deh… hehehehehe….

    STRIKE !!!

  • By hasnul, March 28, 2011 @ 7:18 pm

    ada yang pernah mancng d waduk jangari?umpan apa yg jitu buat ikan nila

  • By solikhun, April 7, 2011 @ 11:54 pm

    Saya mau tanya,untuk umpan ikan bawal tiruan sebaiknya yang seperti apa bos? soalnya aku mau ikut lomba mancing ikan bawal.

  • By ipul, April 25, 2011 @ 10:28 pm

    nanya banggg
    buat gila manciding maniak umpan ngontrek apaan dongg

  • By try, May 14, 2011 @ 10:37 am

    mas umpan ikan patin yang bagus tu apa sih?

  • By lunaxxxx, June 6, 2011 @ 1:12 pm

    tapi klu umpan tuk ikan laut biasanya apa? cacing ke ,ikan ke,ataau pon cengkerik? lagipon nak pancing kat baganlalang je.siapa yang tau apa umpannya silalah jawab

  • By Sophie, June 14, 2011 @ 2:35 am

    Salam kenal Bro….
    Tiap minggu cetiaw Gan di Empang Lembah Gunung Kujang Subang boncos juga….Help….help pls, kondisi air mengalir dan blower ditengah perfect, bro….umpan paling jitu apa ya…??? Thanks sebelumnya.

  • By BOY, July 3, 2011 @ 8:50 am

    UMpan jitu untuk ikan MAS harian di pemancingan :
    Udang Batu/Laut 1/4, Dancow 1 Sachet, Tepung Rose Brand 1 Sendok, MInyak Udang dan Minyak Nangka, Ikan Nila 1 Ekor. Telur Asin 2 Butir dan Halco merah.

    Cara membuat :
    Udang Batu dan Nila di Kukus, setelah di kukus diangkat, ambil Daging Udang + Nila lalu ditumbuk/blender.

    Hasil blender/tumbukan daging dicampur dengan Halco Merah + telur asin + susu + Dancow dan Rose Brand. Bila kurang kenyal bisa ditambahkan dengan kinoy.

    Semoga bisa bermanfaat buat rekan-rekan yg hobby mancing. by Mr. BOY Sukabumi – JAwa Barat.

  • By bazor, July 7, 2011 @ 10:30 pm

    bos..cara membuat umpan getuk dari singkong campurannya apa saja dan bagaimana? mau mancing ikan sempadi nih…(ikan mas juga mncul terus tpi g mau makan,umpan apa ya yg jitu lampung)

  • By mas, July 22, 2011 @ 4:29 am

    Ada resep jitu umpan mancing ikan mas gak?

  • By Bintang Kelip Kelip, July 27, 2011 @ 9:10 pm

    Bintang Kelip Kelip pernah mengikuti lomba memancing ikan lele. saya meraih juara kedua dengan berat hasil pancingan ikan lele 11,5kg dalam waktu 90menit. Saya menggunakan umpan cacing merah yang ada disekitar rumah saya. Untuk umpan ikan wader saya biasa menggunakan umpan biji kapuk atau randu dengan mata kail yang sangat kecil. jangan lupa pelampung yang agak berat. bertujuan begitu umpan dimakan, pelampung yang secara otomatis akan menarik mata pancing tersebut.
    GOOOD LUCKY…SELAMAT MENCOBA !!!
    Salam Bintang Kelip Kelip buat “MANCING MANIAAAX”

  • By pj hawari, August 8, 2011 @ 9:21 pm

    umpan bisa apa aja.pemancing yg sering jd juara pasti ga polos,percaya ma sy….ni sy kasih resep khusus buat pemancing,asli…klo org sunda pasti tau arti nya.SUR SANGUT SURYA JAYA,MEMEH NYANGUT TEANG HEULA INDUNG BUYUT SIA,BULU ITIL SING ALACIR,BULU KACANG SING ARULANG,ARELOT JALAN KA JAMI,CIT DACRIT SURYA MAKAN SIRIT,NGAIT KANU ANAKAN,CLOM GIRIWIL-CLOM GIRIWIL.setelah itu klo org muslim baca BISSMILLAHIRROHMAANIRROHIIM.. ALAMTARO KAIFA FA’ALA ROBB (lempar dulu pancing yg ada umpan nya)lalu lanjutkan BUKABI ASHAABIL FIIL,’ALAM YAZ’AL QAIDAHUM FII TADLIIL,TARMIIHIM BIHIZAAROTIMMIN SIDZIILING FADZA’ALAHUM KA’ASFIM MA’KUUL.bisa dipake dmn aja,kolam,sungai,danau,cirata,jatiluhur dsb…Ingsya Alloh dulur…kasian bagi yg suka dapat sedikit trs…jgn lupa bawa kenek ato keddy+siapkan koja super jumbo/gede biar gak repot sendiri.HATUR NUHUN

  • By richard, August 26, 2011 @ 3:16 am

    ♠Þ♠ umpan ikan patin yg paling siiiipppppppp di buat lomba?berat ikan mencapai 12kg….♠Þ♠ tuh umpannya?

  • By suruk, September 6, 2011 @ 5:08 pm

    umpan yang manteb buat patin thailand apaan ya

  • By roy seraf suryanto, September 11, 2011 @ 2:38 pm

    umpan paling ampuh untuk lele,selain cacing,jangkrik,cicak dan orong2,thank buat jawabannya

  • By iink, September 18, 2011 @ 5:15 am

    Maaf mas mo nanya…
    Umpan yang paling bagus untuk ikan lele apa ya..???

  • By andi, October 16, 2011 @ 2:15 pm

    umnpan cendil buat galatama dnk nh

  • By yaya, October 24, 2011 @ 3:26 pm

    admin , tlng resep umoan untuk ikan tembakang

  • By yaya, October 24, 2011 @ 3:30 pm

    admin , ikan tembakang makanan nya apa ya ???? n g mana cara mancing nya ,, trimksh ats info nyo … yaya d palembang

  • By Mbah Jambrong, December 16, 2011 @ 2:12 pm

    Info utk pemancing galatama Bawal ,racikan udang dbersihkan ± 1/4 kg lalu dblender kasih pengeras dari indomie dblender dulu , lalu Aduk sampai mngental siap utk mmancing ,slamat mncoba smg berhasil…salam ssama penggemar mancing mania

  • By ridwan, January 9, 2012 @ 11:09 am

    dimana saya dapat beli pelet bom untuk galatama cap wayang? terima kasih

  • By Tri Hartoko, February 6, 2012 @ 4:36 pm

    umpam murah meriah

    umpan ini sudah saya pakai sejak tahun 1900an
    untuk kolam air warna hijau atau warna bajigur
    dua-duanya mantab

    bahan-bahan :
    1. Pelet telor penyu kering 1 sachet
    2. Telor Bebek 3 butir
    3. Deho 1 kaleng
    4. Paikin merah 1 bks
    5. Kroto 1 ons

    Caranya :
    bahan no.1 sampai 5 dicampur sampai halur
    masukkan ke dalam plastik ditambah 2 lembar
    daun pandan. jangan lupa dibawah ikatan pastik
    ditusuk-tusuk pakai peniti lalu kukus -+ 40 menit
    kalau lumer ditambah kinoy kristal yang tidak beraroma. selamat mencoba

    5.

  • By muda, February 14, 2012 @ 11:04 am

    panggil ikan pake suara cicak 3 cm dari permukaan air tunggu ikan ngumpul 10 menit baru pancing . ok

  • By Deon, February 19, 2012 @ 5:41 pm

    Umpan apa sih untuk mancing ikan bawal putih?

  • By Sigit, February 24, 2012 @ 7:48 am

    mas sya sring mncing ikan Nila dan Mujair dn d tmpat kolam yg bening tp udh sya coba umpan cacing dn lumut tp ttp saja g mau d makan, mhon bntuannya maksih. . .

  • By sazongxo, February 25, 2012 @ 12:14 pm

    wah salam kenal ya semuanya..saya di Sukoharjo,umpan yg paling jitu untuk ikan dimana saja pastinya..maaf T4-1 jelas manjur :D pengalaman senior :s

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:14 pm

    kalau ikannya kelihatan berarti dangkal banget ya? ikan emang susah makan tuh dikarenakan matanya jelas sekali melihat anda yang ingin mancing..ikan juga punya penglihatan yang baik lho..

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:18 pm

    aku biasa menggunkaan daging atau jerohan dari ikan2 kecil atau yang dibuang di pasar ikan..baunya yang amis dan anyir sungguh sangat menggoda ikan bawal untuk makan..silahkan baca artikel saya tentang ikan bawal di pemancing.com

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:26 pm

    trimakasih udah berbagi bersama kami…

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:57 pm

    he3..maaf belum pernah tahu model ikan ini kaya apa..maaf2..gak bisa bantu..

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:18 pm

    cacing merah gak ada yang lain..

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:21 pm

    gak tahu..udah anda sebutin semua…

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:32 pm

    amin

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:35 pm

    trimakasih buat sarannya..mantabs

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:59 pm

    ikan sempadi itu ikan apa sih?

  • By pak mitra, April 16, 2012 @ 3:31 pm

    halo semua pemancing mania,saya pak mitra yg menjual umpan ikan lele di bandung.Jl mustang no 32,Jika ingin tny-tny resep bsa dtang ke tempat saya.Bnyk jenisnya,kleper,bronis,tiren,lemak,ulat hongkong,cacing laut ditambah dengan resep rahasia.

  • By franz, May 4, 2012 @ 9:57 am

    buat BDL n admin:sya mau tanya, Assence Garlic gak ada di jual di daerah saya di P.Siantar.Apa ada yg lain selain Garlic?n Garlic itu aroma apa?n jenis lainnya apa?thnks

  • By asep, June 21, 2012 @ 2:37 am

    alhamdulillah,terimakasih yang sedalam dalamnya kepada anda yang berbuat pencerahan.tararenkyu shobat.

  • By sultan zahran, September 15, 2012 @ 7:24 am

    DARI SEMUA ARTIKEL YG SAYA BACA PERTANYAAN SAYA ACI TUH APA AMA KROTO BERAS ITU APA

  • By info harga, October 16, 2012 @ 4:19 am

    ada yang tau harganya ga untuk umpan pancing palsu

  • By @adzies_coy, December 27, 2012 @ 9:26 pm

    bagaimana boss umpan ikan mas yg sderhana mmkai eseian/aroma

  • By avad, January 7, 2013 @ 9:09 pm

    ada yang tau, pakan untuk ikan bandeng yang mantap untuk galatama ga? tolong share yah :), trims infonya =)

  • By admin, March 26, 2013 @ 7:22 pm

    pakai saja kukusan ubi plus aneka essence, aman..

  • By admin, March 26, 2013 @ 7:50 pm

    aci itu adalah umpan buatan untuk ikan mas yang sudah jadi lengkap dengan aroma dan essence, tinggal pakai. kroto beras itu jenis telur semut yang masih berbentuk kepompong dan warnanya masih seperti beras.

  • By Sandy, April 17, 2013 @ 11:31 am

    Minta tolong umpan tiruan apa ya yg cocok untu patin/baung.plees kiieimin gambar umpan palsunya

  • By reza, May 21, 2013 @ 5:40 pm

    umpan yang baik untuk ikan yang arusnya deras itu apa gan…???

  • By maz panjalu, July 13, 2013 @ 7:56 pm

    Umpan apha yg cocok bwat mncing ikan maz d kolam pancing kharizzma juanda boozz,..??

Other Links to this Post

  1. Budidaya Ikan Nila « azizan05 — March 5, 2011 @ 5:39 pm

  2. Mengenal Penyakit Ikan Gurame (1) | salindia — August 1, 2011 @ 3:23 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes