senar

senar pancing

Senar

Aneka peralatan pancing : Senar atau Kenur

Senar atau kenur dalam bahasa Inggris disebut line adalah peralatan wajib pemancing. Pemilihan senar yang baik sesuai dengan target sasaran akan memperoleh hasil pancingan yang sangat memuaskan. Kekuatan senar yang tepat dapat membantu pemancing untuk beradu kuat dengan ikan.

senar pancing

senar pancing

Senar modern dibuat dari bahan sintetis yang di sebut polyamide atau serat nilon. Secara bentuk, senar pancing terbagi dalam 3 bentuk yakni :

-         Monofilamen ( tunggal )

-         Multifilamen ( Ganda )

-         Multifilamen dengan inti. Merupakan jenis senar dengan kekuatan paling baik dimana terdapat beberapa serabut inti di dalam senar.

Jenis senar yang banyak beredar di pasaran Indonesia adalah yang jenis monofilament. Selain harganya cukup terjangkau kualitasnya tak kalah dengan multifilament. Senar multi filament dikenal dan banyak dipakai para pemancing di luar negri. Cirinya yang kelihatan yakni senar multifilament tidak akan mudah kusut atau keriting jika ditarik – tarik atau di gulung.

Untuk mengetahui kelas senar anda sebaiknya anda mempelajari kekuatan dari senar anda yang ditulis atau diterakan di bungkusnya. Ukuran disana biasanya dituliskan dalam symbol kgf atau lbs ( 1 lbs=0,450kg ) artinya kekuatan senar tersebut akan mampu menahan beban sampai berapa kgf atau berapa lbs tarikan sebelum putus.

Berdasarkan pengalaman ukuran yang tertera dalam label senar atau kenur bukan berarti berdasarkan kelas atau bobot ikan. Ikan dengan bobot 10 kg pun bisa ditangkap dengan senar kelas 4 – 6 kg atau kelas 8 – 14 lbs. Karena ukurannya adalah tarikan ikan bukan bobotnya. Dibutuhkan kepandaian dan kecerdikan pemancing untuk memperoleh ikan dengan bobot yang lebih besar.

Baca juga artikel kami tentang :

Pakan Ikan mas 1, Umpan Ikan 2, Umpan Ikan 3

26 Comments

  • By Ngebruk City, April 30, 2009 @ 11:01 am

    Lek hubungin ayas nang uqiz_z0n3@yahoo.co.id

  • By agus, July 18, 2009 @ 2:18 am

    alo.saya butuh bantuan dan informasi tentang alat pancing yang lengkap untuk mancing d laut dengan ikan ukuran besar(15kg lebih),informasi alat yang saya butuhkan seperti joran/stik,line/senar,reel/rool,saya butuh informasi,atas bantuannya,trims

  • By admin, July 27, 2009 @ 2:30 pm

    untuk memancing di laut, ada baiknyaanda lihat alamat ini alat pancing

  • By Qiu, January 11, 2010 @ 3:47 pm

    artikel ini akhirnya bisa menjawab tanya², kenapa bisa kusut ma keriting senar. thx

  • By studio desain, January 31, 2010 @ 11:46 am

    punya jenis dan ukuran senar yang baik untuk mancing waduk…….thx

  • By wawan suwandi, May 7, 2010 @ 8:30 pm

    sy beli kenur merk fugitshu dgn hrg 110rb, disitu tertera 0,28, 8,17kg utk lbs’y gada. kenur ini sd sy coba galatama di kujang enak banget & sensitif.
    yg ingin sy tanyakan;1. kuat ga kenur ini bwt galatama patin yg berukuran 1kg s/d 7kg?
    2. utk ukuran berat,tenaga ikan mas & patin sm aja atau tdk?
    mohon komentar dr tmn2 pemancing.trms

  • By admin, May 10, 2010 @ 9:35 am

    setahu saya pak, kriteria senar yang bapak pilih sudah cukup untuk mengatasi tarikan ikan patin tersebut, daya tarik ikan tawar biasanya tidak akan terlalu berbeda dengan beratnya. untuk lebih aman, saat ikan sudah dekat di pinggir kolam gunakan seser aja pak biar tidak lepas. semoga membantu

  • By Martin, June 14, 2010 @ 9:44 pm

    di Yogya sungai Progo adalah gudangnya ikan, tapi umpan dan tehnik merangkai pancing spt apa yg paling jitu??? help me!!

  • By admin, June 21, 2010 @ 9:47 am

    ikannya apa dulu mas? kalau mancing di sungai sih biasanya cukup dengan mata pancing yang ditalikan pada senar dan menggunakan pelampung..gampang khan? umpannya menyesuaikan dengan ikan sasaran..

  • By andre, July 5, 2010 @ 10:42 pm

    buat mas Martin…ok saya akan mencoba menjawab.saya juga pengemar mancing di kali progo setahu saya yg paling banyak di terapkan teman teman pemancing kali progo, musim apa dulu mas Martin mancing di kali progo. klo musim penghujan biasanya umpan yg di pergunakan usus ayam atau hati ayam… klo musim kemarau umpan yg di gunakan cukup lumut yg menempel di batu, cara pasang kail berurutan 3 s/d 4 mata kail dalam satu tali senar.. demikian yg saya tau nuwun…

  • By andre, July 5, 2010 @ 10:53 pm

    oo ya ada yg kelupaan, jenis ikan yg sering kena pancing pada musim kemarau… bader,tawes,nila,grascap,umpan yg sering di pake hanya lumut batu atau lumut gimbal,atau udang hidup.sedangkan musim penghujan target ikan jenis sogo/beyong(magelang) sidat dan udang galah…umpan nya cukup usus ayam dan hati ayam, khusus udang menggunakan cacing merah gedebok pisang…. selamat mencoba mas martin

  • By gw_ruh, September 29, 2010 @ 8:58 am

    umpan jitu buat pancing lele galatama apaan yah?

  • By admin, October 10, 2010 @ 9:51 pm

    ulat bambu dan cacing merah..

  • By Kang Iwan, October 23, 2010 @ 11:32 am

    saya belum menemukan merk senar pancing untuk ikan mas yang tdk mudah kusut.tolong bantu dong dimana toko yang menjual di wilayah Indramayu atau Cirebon ?

  • By hadi, January 14, 2011 @ 8:41 pm

    teman2 saya butuh senar merk ABULON, tapi dikota saya jember jawa timur gak satupun toko yang jual,mohon infonya bila ada.tks.

  • By Farid, January 19, 2011 @ 2:42 pm

    Tanya sajah ke toko pancing di cirebon yang di jalan bahagia nama tokonya Winner klo kust mah relatif tergantung pakenya :D

  • By fendik, April 17, 2011 @ 6:22 am

    dimana mencari senr monofilament di wil kediri jatim

  • By eko, August 4, 2011 @ 10:20 am

    klo senar ukuran 0,20 yg lbs nya besar min 15 lbs, yg bagus merek nya apa ya?

  • By eko, August 4, 2011 @ 10:46 am

    bos..kita sering mancing di Sungai/aliran Bengawan solo di daerah cepu, ikan nya macem2 ada bawal,kremes,bader,patin dll..cara n umpan yg benar apa ? ket. lokasi cukup dalam k.l 10-20 meter.

  • By wahyu, October 25, 2011 @ 1:55 pm

    bos,mau nawarin PE izorline spectra made in USA 100LB 1000yards murah aja,warna putih dan hijau.. makasih 085228224666

  • By ridwan, December 9, 2011 @ 1:40 pm

    merk snar yg bagus apa,sy pake kamikaze,utk uk.3 kg setelah di pake ternyata keriting,tlg minta info merk yg bagus dan harga terjangkau masbro,klo di bogor dimana?thank’s

  • By vian, July 1, 2012 @ 8:48 am

    mas kalau senar pancing multifilamen yang murah di bawah 100 ada gak mas

  • By mei, August 22, 2012 @ 9:11 pm

    kalau memancing ikan pasti tergantung ikannya ya? kalau mau mancing ikan ayam pake umpan apa donk?

  • By Rangga, December 1, 2012 @ 9:00 am

    mau nanya mas bro…mas bro kenur ukuran 0,28 lbs 24 bt ngangkat ikan lele brt 7Kg kira2 mampu g ya?

Other Links to this Post

  1. Memancing Sistem Galatama : Cara Mencari Uang dari Hobby Memancing « Totokyudhiantowicaksono's Blog — January 10, 2010 @ 9:30 pm

  2. masalembu » Blog Archive » tehnik memancing — July 29, 2010 @ 12:26 am

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes