rumpon

rumpon ikan

Rumpon sebagai rumah ikan

Rumpon sebagai rumah ikan

rumpon

rumpon

Kondisi terumbu karang di perairan laut di berbagai lokasi di nusantara dilaporkan sudah mengalami kerusakan akibat pencarian ikan yang ilegal dan melanggar hokum seperti bom ikan dan penggunaan pukat. Dimana cara pencarian ikan ini sangat merusak terumbu karang yang notabene habitat ikan di dasar laut. Jenis ikan konsumsi yang memiliki habitat di karang yakni ikan kakap dan kerapu menjadi berkurang jumlahnya secara signifikan. Pembuatan rumpon sebagai rumah tinggal buatan dapat dijadikan salah satu usaha untuk mengembalikan kelestarian hayati di dasar laut.

Rumpon dalam bahasa kelautan adalah karang buatan yang dibuat oleh manusia dengan tujuan sebagai tempat tinggal ikan. Rumpon merupakan rumah buatan bagi ikan di dasar laut yang dibuat secara sengaja dengan menaruh berbagai jenis barang di dasar laut secara kontinyu.

Pembuatan rumpon ikan sebenarnya adalah salah satu cara untuk mengumpulkan ikan, dengan membentuk kondisi dasar laut menjadi mirip dengan kondisi karang – karang alami, rumpon membuat ikan merasa seperti mendapatkan rumah baru. Meski untuk mengetahui keberhasilanya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit sekitar 3- 6 bulan namun usaha pembuatan rumpon ini merupakan solusi terbaik meningkatkan hasil perikanan di laut. Kalau anda ingat beberapa tahun yang lalu pemerintah DKI Jakarta mencemplungkan becak yang dirazia ke laut utara Jakarta, tujuan salah satunya adalah untuk membuat terumbu karang di dasar laut sebagai rumah tinggal ikan.

Rumpon ikan diberbagai lokasi dibuat dengan memasukkan barang – barang seperti ban, dahan dan ranting dengan pohonnya sekaligus kedalam laut. Barang – barang tersebut dimasukkan dengan diberikan pemberat berupa beton, batu – batuan dan lain – lain sehingga posisi dari rumpon tidak bergerak karena arus laut. Barang – barang yang dimasukkan kedalam laut dapat terus ditambah secara kontinyu untuk menambah massa rumpon.

Pembuatan rumpon selain untuk diambil hasil ikannya untuk keperluan sendiri, dapat juga disewakan kepada para pemancing laut yang memang mencari kesenangan mencari ikan di lokasi yang banyak ikannya. Para pemancing yang memang membutuhkan hot spot memancing yang bagus dapat menyewa pemilik rumpon ini sebagai alternatif memancing yang cukup gampang, ikan yang dapat dicari adalah jenis ikan kerapu, ikan kakap merah, talang – talang dan lain – lain. Meski bukan ikan monster namun lumayan sebagai pemuas dahaga mancing..salam strike.

11 Comments

  • By raja mancing, October 11, 2010 @ 6:33 pm

    mantaff infonya nih, cuman sayang rumpun ditempat saya banyak yang rusak akibat trowl kapal-kapal nelayan..

  • By bustami mahyuddin, January 19, 2011 @ 8:02 am

    benar demikian, sebagain perairan laut kita sdh rusak sehingga perlu ada upaya untuk memulihkannya. seperti di BBPPI semarang misalnya akan dicoba membuat rumah ikan pada perairan-perairan yang telah rusak dengan pengelolaan sistem co-management,artinya melibatkan masyarakat nelayan setempat untuk mengelolanya dengan segala kesepakatan-kesepakatan yang dibuat antara pemerintah dan masyarakat setempat.kita yakin dengan adanya upaya ini mudah-mudahan sumberdaya ikan kita bisa pulih kembali. kita punya laut, kita tdk hanya pandai menangkap ikan di laut tetapi juga harus dapat memelihara kelestariannya untuk anak cucu kita (Bustami Mahyuddin)

  • By juki, February 6, 2011 @ 2:12 am

    salam sejahtra…

    lebih kurang 3 tahun saya berencana untuk membuat aktifitas yang bermanfaat. rumpon salah satu nya. jika berkenan, saya sangat membutuhkan bagaimana cara membuat rumpon yang paling sederhana. berkaitan dengan kondisi saya sekarang ini dalam keadaan tidak punya pekerjaan tetap.
    atas kerendahan hati bapak,saya sangat-sangat menunggu jawabannya..
    terima kasih sebelumnya.

    sukses slaluuu…

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:21 am

    saya setuju pemanfaatan hasil laut haruslah selalu menjaga kelestarian lingkungan

  • By iwenk(anak cengkareng), May 15, 2011 @ 4:20 pm

    rumpon tidak hanya dimanfaatkan di laut tetapi bisa juga dimanfaatkan di danau itu sudah terbukti, ikan lebih banyak di rumpon ketimbang ditempat lainnya.!

  • By Bustami Mahyuddin, October 13, 2011 @ 6:53 am

    Rumah ikan berbahan plastik prophylene yg dirancang pertama kali oleh Balai Besar Pengembangan Penangkapan Ikan thn 2010 dibentuk seperti apartemen sehingga resmilah namanya “apartemen ikan”. Tujuan utama aprtemen ikan untuk pemulihan sumberdaya ikan. Dalam pengaturannya tdk boleh adanya penangkapan ikan diareal apartemen ikan yg dikelola oleh kelompok peduli sumberdaya ikan.Bustami Mahyuddin.

  • By adi, February 20, 2012 @ 1:11 am

    gmana keadaan rumpon didaerah sendang biru

  • By adi, February 20, 2012 @ 1:12 am

    q mau tanyakm lok di dano itu ada rumponya gak????????

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:16 pm

    kayaknya sih jarang danau dikasih rumpon ikan mengingat ikan yang makan sudah berpusat di perairan atas dan tengah..ikan dasaran udah mendapatkan cukup makanan dari lumut, ganggang dan lain sbgainya..

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:17 pm

    sendang biru susah tanam rumpon pak..soaln ya arusnya kenceng banget..gak tau lagi kalau emang udah ada sekarang…

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:06 pm

    terimakasih atas masukannya pak Bustami

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes