penyakit ikan gurame

penyakit ikan gurami

Penyakit ikan gurami

Penyakit – penyakit yang menyerang ikan Gurami:

penyakit ikan gurame

penyakit ikan gurame

-          Penyakit Argulus Indicus atau kutu ikan, Penyakit ini disebabkan oleh parasit Argulus Indicus yang sumber penularannya adalah udang renik. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama fish lae atau kutu ikan. Kutu ini akan menempel dan menggigit mangsa sehingga berdarah. Penularannya adalah melalui air dan melalui kontak langsung dengan ikan lain, biasanya penyakit ini sering muncul pada kolam ikan yang kualitas airnya buruk. Cara penyembuhannya adalah dengan merendam ikan yang sakit ke dalam air garam 10 -15 g/liter selama 15 menit. Sebaiknya untuk menghindari ikan tertular kembali, anda menambahkan larutan garam 10 – 15 g/m2 untuk membunuh kutu air

-          Penyakit Dactylogyrus dan gryodactylus, dua nama ini adalah sejenis cacing parasit yang tumbuh berkembang dikarenakan kualitas air yang buruk, pakan ikan yang kurang atau kepadatan kolam yang terlalu penuh. Jenis Dactylogyrus menyerang insang ikan, gejalanya adalah menurunnya nafsu makan dan ikan gurami sering terlihat berbaring dengan dengan posisi insang yang terbuka, sedang jenis Gyrodactylus menyerang bagian sirip ikan. Cara perawatannya adalah dengan memperbaiki kualitas air yang berada di kolam dengan menggantinya dengan air yang baru, dan menambahkan garam sebanyak kira2 40 gram/m2. Jika penyakit sudah sangat parah anda bisa merendam ikan dalam larutan garam selama 1 malam.

-          Mata Belo, Gejala awal serangan penyakit ini adalah ikan menjadi kurang aktif, malas, nafsu makan berkurang dan ikan sering ke atas permukaan air. Disusul dengan bola mata yang membengkak dan akhirnya ikan ini menjadi buta dan mati. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis cacing. Cara pengobatannya adalah dengan menghentikan pasokan air selama 24 jam, lalu masukkan garam sebanyak 1kg/m2 , besok harinya air dikuras dan diganti dengan air yang baru.

-          Jamur, pada tubuh ikan gurami yang terinfeksi jamur akan muncul benang – benang berwarna krem seperti kapas, biasanya pada kulit tubuh yang terluka. Jenis jamur yang menyerang ikan gurami adalah Saprolegnia dan Achyla. Jamur ini akan menyebabkan ikan menjadi lemah karena kurang makan, sehingga bisa memicu penyakit lain muncul. Cara penyembuhannya adalah dengan memberikan garam ke dalam kolam dengan jumlah 400g/m2 selama 24 jam untuk kemudian diganti besok harinya, selain garam bisa juga dipakai malachyte oxalate sebanyak 1 mg/l air selama 12 jam. Bisa juga menggunakan larutan formalin 200 ppm selama 2 jam.

-          Bakteri,  jenis bakteri yang menyerang ikan gurami adalah bakteri Aeromonas sp, dan Pseudomonas sp. Gejala yang muncul yaitu terdapat luka berdarah tubuh, perut membesar, lendir mencair , sisik mengelupas dan muncul borok ditubuhnya. Dalam jangka waktu dekat ikan akan melemah, mengambang di permukaan air dan akhirnya mati. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan merendam ikan dalam larutan oxytetracycline 2 – 5 mg/l selama 24 jam, dan tindakan ini dilakukan berulang 3 kali. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan merendam ikan yang terinfeksi bateri dengan larutan matachite green oxalat 0,5mg/l selama satu jam , selang 1 jam kemudian deberi umpan makanan yang lebih dahulu diberi kandungan oxcytetracycline 60mg/kg pakan, dan diulang selama 7 hari berturut – turut.

-          Bercak Putih ( White Spot ), jenis penyaki ini desebabkan oleh parasit yang bernama Ichthyophtbyrius. Ciri – ciri ikan yang terkena penyakit white spot yakni munculnya bercak – bercak putih pada bagian kulit. Biasanya ikan yang terkena serangan white spot akan menggosokkan badannya pada lingkungan di sekitarnya, serta mulut ikan gurami tampak kembang kempis seperti kekurangan oksigen. Cara perawatan dari penyakit ini adalah dengan merendam ikan gurami dengan ke dalam air yang diberi larutan formalin sebanyak 25 mg/l. dan di tambahkan malachine green oxalat sebanyak 0,2 mg/l selama 24 jam.

diambil dari buku : Budidaya Gurami, pengarang Tim Agromedia Pustaka

44 Comments

  • By perwira aria, November 26, 2009 @ 12:13 pm

    selamat siang,
    artikel yang sangat menarik.
    bagaimana kalau kita bertukar link di blogroll

  • By herdis, August 11, 2010 @ 3:24 pm

    hallo boss…gurame saya tetap sukar diatasi penyakitnya..meskipun sudah memekai garam dan larutan PK…ada obat praktis yang bisa di celupkan ke kolam dan bisa instan menyembuhkan penyakit gurame tersebut atau tidak? tolong solusinya

  • By admin, August 19, 2010 @ 8:42 am

    sebenarnya kualitas air sangat berpengaruh terhadap penyakit gurami..kalau obat jenis lain saya gak tahu..teman lain mungkin bisa bantu..?

  • By Lhia, September 26, 2010 @ 11:29 am

    Gurami saya matanya ketutup putih2 spt buta,, kira2 terkena penyakit apa ?? apa itu jamur ?? Bagaimana cara penangangannya ?? Tks

  • By admin, September 27, 2010 @ 6:07 pm

    kemungkinan adanya jamur pak, kondisi air sangat menentukan penyakit gurami. ikan yang sudah terkena penyakit ini langsung saja di karantina terlebih dahulu

  • By suryaningsih, November 2, 2010 @ 12:08 pm

    gurami saya sakit ciri-cirinya seperti makan berkurang,bahkan tidak mau makan, sering bahkan selalu berada di permukaan. Ikan yang mati bila diperhatikan tidak ada luka, insang segar. Bagaimana cara mengobatinya ? Obat yang paling mudah didapat di lingkungan apa?

  • By adhi, December 10, 2010 @ 10:35 am

    pengalaman menarik tapi cukup meyakinkan, 2 periode gurami milik saya terkena penyakit, jamuran sampai luka menganga. atas saran tetangga dan temen pakai kotoran sapi basah/kering. taburkan ke kolam. alhamdulillah borok yang menganga di pundak ikan, berangsur pulih….percaya/tidak? buktikan.

  • By admin, December 10, 2010 @ 2:15 pm

    Wah ini ilmu baru nih..terimakasih pak..

  • By heri, January 28, 2011 @ 2:33 pm

    gurami saya nafsu makan kurang dan 2 hari ini adayang mati (mata ketutup selaput putih. bagaimana mengatasinya? makasih…

  • By Willi patria, February 11, 2011 @ 3:09 pm

    Permisi agan..pengen tanya..untuk pencegahan kutu dan jamur..misalkan kolam setiap 1 bulan sekali diberikan obat bagaimana..???dan jika setiap minggu dilalukan penggantian air dengan jumlah 40% bagaimana..???terimakasih sebelumnya..

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:08 am

    kemungkinan besar terkena jamur, coba ganti airnya dulu. pengobatan dengan cairan anti jamur dapat dilakukan dengan takaran.

  • By irvan januarko, March 22, 2011 @ 9:20 pm

    klo terdapat lendir yg banyk dan gumpalan darah pada insang ikan gurame tu namanya pnyakit apa y??

  • By h.masdar, April 3, 2011 @ 7:14 pm

    Mohon bantuannnya gurame saya setiap minggu 2 – 3 ekor mati dengan diciri2 matinya perut membesar dan di dalammnya ada seperti telur keong tapi warna putih,ada yang mata belo dan meletus dan ada yang badannya luka merah mengagah jadi ada tiga ciri kematiannya.Sudah di atasi dengan garam,makanan di campur super tetra dan obat pabrik tapi masih saja ada yang mati walaupun sudah menurun trims solusinya.

  • By barroh, April 8, 2011 @ 9:27 am

    bos,mau nanya. saya usaha gurami mulai dengan benih ukuran korek gas. dalam 2minggu ikan saya sudah mati 10ekor secara bertahap. tidak ada tanda luka kecuali mata yg berwarna kuning. beberapa hari ikan kurang bernafsu makan. apakah itu juga pertanda? penyakit apa itu? pengobatannya gmana? air kolam setinggi 60cm, dg luas 36m2 saya isi 600ekor gurame dan 50ekor koi.

  • By cholex, May 8, 2011 @ 8:10 pm

    gurami saya waktu musim pancaroba.dan slalu ke permukaan air.tiap hari mati antara 10-15 biji,apakah panyakit ikan gurami saya dan bagaimana cara penanggulanganya?terima kasih….

  • By Milo, May 18, 2011 @ 1:09 pm

    ada bercak putih di bawah mulut gurami saya dan tidak nafsu makan. insangnya agak rusak. usianya sudah 30 thn. penyebabnya knp ya? bgm cara pengobatannya? mohon pencerahnnya. tks

  • By crystal x, May 26, 2011 @ 7:16 am

    Selain dengan menggunakan garam, apakah ada obat khusus yang dibuat oleh pabrik? lalu apakah jika diberi garam, ikan dapat bertahan hidup, karena mengingat gurame ikan air tawar. tq

  • By diana, May 27, 2011 @ 10:56 am

    Mohon informasi, pak.
    Febr 2011 ini saya baru budidaya ikan gurami kolam semen 3×3m.ikan gurami 3 jari warna merah kondisinya sehat selama 3 bln terakhir, tp sejak dimasuki ikan gurami lain yg sy beli dipasar uk 2 jari warna hitam, kondisinya satu persatu ikan baru yg naik ke permukaan badannya memutih dan mati,dari 250 ekor tinggal 10 ekor,
    dan ikan gurami merah pun mengalami hal yg sama,badan memutih mata bengkak warna kuning,
    saya coba kasih tetracylicne n garam masih juga mati, air sudah sy ganti 40 % seminggu sekali,
    apa yg harus sy lakukan utk mengatasi masalah penyakit ikan2 ini mohon bantuanya dg segera?? terima kasih. diana surabaya
    bolehkan sy minta no. telp/hp yg bs sy hubungi ?

  • By agus, July 12, 2011 @ 12:10 am

    ikan gurami q kena white spot..
    kira2 ada gak alternatif lain

  • By dadang, August 27, 2011 @ 8:09 pm

    di musim kemarau cuaca dingin sesingga kolam jd dingin. kemudian ikan cepet menjadi hitam, dan sering mengambang di permukaan air, kemudian ikan tersebut menjadi cepat mati. tidak ada bekas luka. ikan “ngaberekbek” yang menjadi pertanya bagaimana cara solusinya? tapi kalau di pindahkan ke kolam yayng laing kematian menjadi meningkat.

  • By Audy Marsa, September 26, 2011 @ 10:04 am

    Wah apa boleh tuh penambahan malachite green sebagai treatment mengobati penyakit parasit seperti itu..?

  • By nocturno, November 29, 2011 @ 10:37 am

    Siang om,
    Gurami sy sptnya terserang pnyakit mata belo (berdasarkan ciri2 fisik dlm atikel diatas.
    Gurami ukuran silet, kolam semen 12x3x1, ikan 500ekor.

    Kl mo menabur dgn garam, apakah ikan2nya hrs dipindahin dl om….ato bs lgs ditabur ke kolam?
    Maap om kl pertanyaannya konyol, maklum br pertama kali budidaya gurami :)
    Maksih om…

  • By sofian ali, December 28, 2011 @ 8:12 am

    ikan gurameh saya pada ngambang kemudian mati ciri2 kulit pada mengelupas keluar gelembung bagaimana cara pengobatannya

  • By aji, February 5, 2012 @ 10:13 pm

    mau nanya bos… kolam saya, ku isi ikan nilan dan gurame,,, kiran kira bagus gak untuk perkembangan guramenya…? thx

  • By soimin, February 19, 2012 @ 12:27 pm

    d mana sya bisa mendapatkan obat cacar untuk gurami yang paling manjur dan apa namanya

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:27 pm

    kurang bagus…soalnya ikan nila termasuk ikan yang paling rakus makannya..padahal jenis pakan kedua ikan ini hampir sama..jadi bisa saja perkembangan ikan nilanya lebih cepat dibandingkan dengan ikan guramenya…

  • By Indra, April 15, 2012 @ 9:35 pm

    ini ikan saya belakangan tiap hari banyak yg mati, padahal air sudah ada sirkulasi masuk dan kluar. Mata ikan banyak yang begkak, ada juga ikan yg posisi terbalik/ bukan menyamping. Mohon bantuan saran? ini pertama kalinya saya ternak gurami.

  • By Mutya, April 24, 2012 @ 10:18 am

    Gurame saya matanya seperti mau keluar dan ditutupi sesuatu berwarna putih, bibir bawah mengelupas, kulit badannya sedikit demi sedikit mengelupas. Ujung sirip dan ekor juga mengelupas. Termasuk penyakit apa ini? Bagaimana pengobatannya?

  • By Mutya, April 24, 2012 @ 10:30 am

    Gurame saya matanya seperti mau keluar dan ditutupi sesuatu berwarna putih. Bibir bawah mengelupas. Kulit badannya sedikit demi sedikit mengelupas. Sirip dan ekornya juga tidak sehat seperti mengelupas. Termasuk penyakit apa ini? Bagaimana pengobatannya?

  • By lina, May 25, 2012 @ 2:50 pm

    mau nanya.. penyakit pada ikan gurami yang belum ditemukan obatnya penyakit apa ya? trims

  • By bayu, July 12, 2012 @ 11:54 am

    sya bternk gurame d kolam dgn luas kolam 140m2 dgn kdlmn air 1m,kapasitas ikan 2500 ekor.ikan sya trkna pnykit bintik putih,mhon ptunjuk obat yg co2k yg dprgunkan????

  • By bayu, July 12, 2012 @ 11:55 am

    tmpat pnjualan obat ikan gurame d daerah bdg dmn y….???

  • By bayu, July 12, 2012 @ 12:02 pm

    lanjutan yg td,ikan gurame sy brukuran 3 jari orang dewasa…

  • By bito, August 23, 2012 @ 11:20 pm

    mkasi info na,,, sy coba terapkan dolo yah klo g brhasil tobat dah mlihara gurame.. ahahhaha

  • By rofiq, October 10, 2012 @ 5:28 pm

    Bos bagai mana ya? Caranya mengobati ikan gurami saya? Ikan gurami saya terkena penyakit siripnya? Bagai mana cara mengobatinya?

  • By agus, November 26, 2012 @ 8:21 pm

    gan,ni mau tanya.ikan ku ber ukuran sekitar 4 ons.sebanyak 1000 ekor,tp sudah 2 minggu ini mogok makan,g ada ciri ciri kena penyakit sich,tp makan nya 25% dari biasanya.padahal tiap hari ganti air25% dari tinggi air.tolong solusinya gan terimakasih….!!!

  • By Danil ham, December 4, 2012 @ 6:54 pm

    Minta info dong seputar buda daya gurami … trims

  • By widodo trinugraha, February 17, 2013 @ 11:50 pm

    mau tnya gan , penyakit gurame mulutnya busuk ato rusak tu knapa ya,ma obatnya apa,,makasih….

  • By admin, March 26, 2013 @ 7:18 pm

    setahu saya karena pengaruh sejenis jamur pak, kemungkina besar kolam anda sudah terinfeksi banyak jamur dan bakteri, coba dibersihkan dahulu dan dipilah ikan yang sakit dan sehat. baru diobati.

  • By makmun, April 6, 2013 @ 8:16 am

    kasih daun johar pada kolam,patek bablassss mari insya allah

  • By Martyn, May 30, 2013 @ 3:46 am

    Untuk Gurame yg terkena Saprolegnia :Ciri2 Tumbuh di bagian Luka pada ikan,terlihat menumbuh bulu2/benang2 putih yg banyak….
    Kemarin baru coba ngobatin Gurami Ukuran 4 jari / Rokok…sebanyak 30 ekor.
    Saya karantina di bak mandi dengan air Layu/di endapkan selama 4hari,saya campur dengan Methylene Blue / yg sering dijumpai pada ikan Cupang waktu kita kecil….
    sebelum di karantina ikan tidak mau makan sama sekali,setelah di karantina alhamdulillah makan dengan lahap semua.thx share nya

  • By Diki, May 30, 2013 @ 11:57 am

    Mau nanya gan? Kalo dibadan ikan banyak putih2 seperti kapas dan timbul luka obatnya apa ya gan?

  • By bagus, July 6, 2013 @ 12:48 pm

    siang om..mo nanya cara mengatasi ikan gurami pada waktu suhu dingin/cuaca dingin kok jadi ada yg mati ya..mhn solusinya..?

  • By gito suryanto, July 23, 2013 @ 10:32 pm

    numpang nanya Gan.,kalau luas kolam saya cuma 4×6 m (kolam semen).,kapasitas bibit ikan gurame yang ideal kira2 berapa ekor ya Gan???
    trus kalau udah besar.,perlu dipisah atau g”???
    taakutnya berantem. :p
    canda Gan.

    trim’s kalau dijawab.
    hhahhha

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes