pemancing

pemancing ikan

pemancing

Jika anda seorang pemancing, anda akan tahu nikmatnya

Mancing sekarang bukanlah pekerjaan bagi sebagian orang. Pemancing jaman sekarang selain untuk mencari hiburan, bisa untuk tempat melatih kesabaran buat sebagian orang. Hoby mancing yang relatif murah bahkan membuat banyak orang tertarik untuk menikmatinya. Di waktu – waktu liburan seperti hari minggu banyak kita lihat para pemancing dadakan yang mencoba peruntungannya dalam mencari ikan..

Memancing, jaman dahulu sebenarnya adalah sebuah pekerjaan yang dilakoni seseorang untuk mencari penghidupan, ikan yang mereka dapat digunakan untuk keperluan sehari- hari abahkan jika ada sisa mereka menjualnya sebagai tambahan untuk biaya hidup. Seoarang pemancing pada saat itu bukan melakukannya atas dasar hobby namun karena kebutuhan. Mereka melakukannya setelah melaksanakan kegiatan di sawah atau di kebun. Bahkan aktivitas memancing bagi nelayan di laut adalh murni debagai mata pencarian hidup. Selain menjala ikan di tengah laut.

mancing

pemancing

Tak pelak kehidupan modern menyebabkan tingkat stress yang tinggi memberikan kebutuhan baru yakni rekreasi.kebutuhan rekreasi dapat dilakukan dengan berbagai cara; bepergian, melakukan travelling atau melakukan hobbynya , yang salah satunya memancing.

Banyak orang berpendapat  dengan memancing seseorang menemukan keasyikan tersendiri. Sambil menunggu umpan dimakan ikan, para pemancing biasanya berkonsentrasi dan bersenda gurau dengan sesamanya. Dan pengalaman paling mahal adalah jika umpan yang di tebarkan disambar ikan, bagaimana dengan teknik yang baik ikan tersebut harus dapat diangkat dari air. Nah.. inailah kepuasannya seorang pemancing. Anda juga seorang pemancing?….silahkan kirim komentar anda di situs kami…

60 Comments

  • By jurex_katro, June 23, 2009 @ 9:16 am

    Iya…iya betul kang.
    Bisa melepas penat dan memuji kebesaran Pencipta-Nya

  • By P. Nyambik, July 1, 2009 @ 12:45 pm

    Saya sekedar cerita yang mungkin bisa untuk referensi lokasi memancing, Setiap tahun saya selalu menyempatkan waktu 1 s/d 2 bln untuk memancing di lokasi memancing ter-enjoy (menurut saya) di bendungan Selorejo tepatnya di Desa Ngantang Kec. Ngantang Kab. Malang. Lokasinya indah, ikannya istimewa banyaknya (Nila & Tombro), peralatan yang digunakan adalah stik antena 2.12m, 2.4m, 2.7m, atau 3.6m dan terkadang 4.5m juga efektif untuk mencari Tombro. Waktu terbaik mancing di Ngantang adalah dimulai awal musim kemarau / Agustus s/d Nopember. Umpan yang digunakan Lumut untuk ikan Nila dan Pelet untuk Tombro, Nila juga mau pada pelet. Ditempat tersebut pemancing bebas memancing, selamanya. Artinya mau menginappun tidak akan kesulitan, karena ada warung makan yang pengelolanya juga mengelola perahu yang digunakan untuk menyeberangkan para pemancing menuju lokasi pemancingan yang disukai/dituju. Mau makan atau butuh umpan tinggal pesan pada pemilik perahu/warung, maka pesanan akan diantar. Begitu juga berangkat maupun pulang menyeberang ketengah bendungan bisa kapan saja/setiap saat. Di Ngantang ada 2 orang pengelola perahu yang biasa mengantarkan dan memenuhi semua kebutuhan para pemancing yaitu P. SUKARI dan P. ANDIK. Lebih jelasnya silahkan sdr2 jika berminat berangkatlah ke Ngantang. Apabila jodoh, maka setiap tahun dalam bulan Agustus s/d Nopember, anda akan ketemu dengan fishing maniak P. NYAMBIK. Saya akan bantu tips mancing di Ngantang. Gratissssss….Sampai jumpa di Ngantang.

  • By admin, July 2, 2009 @ 12:45 am

    saya juga arema lho pak..siap tempur kapan – kapan ya..

  • By andry, July 6, 2009 @ 12:18 pm

    saya dr jember??kepengen tahu lebih banyak ttg memancing n saya kepengen membeli peralatan memancing yg lgkap tp jgn jauh2 belinya,,,please ksh th tempatnya cz di jember kurang lengkap.Hub saya di no hp;081336859860 or FS [www.andryanto77@yahoo.Co.id,,,,THANKS

  • By frans, July 24, 2009 @ 12:17 pm

    oh ya,mau tanya…daerah jogja,daerah mana yang asyik buat memqancing???makasih

  • By admin, July 27, 2009 @ 1:13 pm

    saya sering ke jogja tapi bukan buat memancing…buat dolan..ayo..teman teman jogja mau promosi kolamnya..monggo…

  • By Bemo, August 19, 2009 @ 1:01 pm

    Tolong bantu ? untuk memancing di danau alami, ikan Tauman, ikan Karandang, dll, bagusnya menggunakan senar dan mata kail nomor berapa ? kalo’ bisa tolong sebutkan merknya agar mudah mencarinya ditoko.
    Kalo’ untuk disungai apakah beda mata kail dan ukuran senar yang digunakan ?

  • By admin, August 19, 2009 @ 11:29 pm

    Ikan tauman dan ikan kerandang adalah ikan air rawa, biasanya disenangi para pemancing di sebagian kalimantan dan termasuk sabah di Malaysia..anda dari Malaysia? … kalau benar sungguh bangga sekali saya. ikan yang anda sebutkan merupakan jenis ikan kepala ular atau snake head, kalau di Indonesia hampir sama dengan ikan gabus. cuman ukuran dan bentuk tubuh dan warnanya jauh berbeda. jenis ikan ini mampu menyantap makanan dengan ukuran yang besar karena ukuran mulutnya yang flexible. anda bisa memilih paning dengan ukuran yang sedang no 4 sampai 6 dengan menyesuaikan besar umpan anda merk Gamakatsu, Owner atau Carbon dapat menjadi pilihan. namun untuk ikan tersebut diatas anda bisa menggunakan crankbait juga. salam kenal

  • By Nono Roseno, September 11, 2009 @ 2:30 pm

    sulit mancing ikan patin, apa to umpannya ?

  • By admin, September 11, 2009 @ 11:47 pm

    ikan patin termasuk ikan yang sebangsa dengan ikan lele dan ikan gabus. di daerah asalnya di sungai besar di Kalimantan dan Riau ikan ini mendiami perairan bebas. makanan ikan patin di alam liar adalah cacing, , serangga , udang sungai, siput. namun jika anda memancing di kolam biasanya menggunakan pelet. karena sejak ikan dipijahkan ia dibiasakan makan makanan buatan seperti itu. semoga sukses memancingnya.
    salam

  • By johannes anwar, September 20, 2009 @ 7:29 pm

    minta tolong informasi-nya dong kalau ada lokasi mancing (yang bukan pemancingan bayaran)…yang banyak ikan betok, gabus, lele, atau sepat siam….

  • By admin, September 23, 2009 @ 9:00 pm

    di daerah mana bos? kota apa?

  • By stainless tanks, October 8, 2009 @ 10:56 am

    Tau lokasi pemancingan yang bagus ga di daerah tangereang?
    Klo ada yang tau tonlong kasih tau yah lokasi’y dimana?

  • By admin, October 11, 2009 @ 10:49 pm

    mohon maaf belum bisa membantu, saya menunggu informasi teman – teman di daerah Tangerang dan sekitarnya, trimakasih

  • By thiyow, November 9, 2009 @ 3:59 pm

    untuk para yg hobby mancing di area jogja dan sekitarnya ada info yg mungkin sekiranya dpt menyalurkan hobby temen2 semua. klo diantara kalian ada yg minat dtg aja tuh di Bedog Asri. tepatnya di jl. ringroad utara deket selokan mataram. dstu ada areal mancing yg asyik dan dijamin passti dpt ikan!besar2 lagee… ada mas, bawal & gurameh yg berat rata2nya sktr 8ons. asyik jg bwat refreshing bersama keluarga & relasi. penasaran…??? segera datengin aja! ato bwat info lebih lanjut bsa kirim email ke calysta_com@yahoo.co.id ( member )

  • By jurex_katro, November 23, 2009 @ 12:15 pm

    Paling gampang mancing di PASAR.
    Siapa setuju HAYOOO…?

    Salam cuz.

  • By tiar2106, January 31, 2010 @ 1:44 pm

    Tolong di bagi info kalau ada teman-teman yg tinggal di jakarta n mau pergi mancing bersama. ikutan donk

  • By endri, March 1, 2010 @ 9:33 am

    saya pemancing pemula jadi perlu banyak masukan, dan saya mulai memancing di daerah pantai,pas pancing saya terasa ditarik trus saya tarik lagi knapa lepas ya, gimana triknya supaya dapat ikan

  • By rival, March 22, 2010 @ 7:51 pm

    saya pemancing lama ,, tapi mancing ikan puyu ,, waktu plampung saya ditarik oleh ikan saya langsung melawan nya,,,dan akhir nya saya pun menang ,, mau tau baca-baca mancing nya tapi harus penuhi syarat-syarat nya yaitu anak gadis 2 orang , rokok sampurna seloep…itu lah syarat nya …
    Hub 085266532801

  • By Agam Bosanova, June 10, 2010 @ 2:58 pm

    Mancing sama anak-anak dan Istri adalah suasana yang sangat menyenangkan … apa lagi kita bisa berlomba untuk mendapatkan ikan yang paling banyak …. indah sekali bisa membuat mereka tertawa bahagia ketika umpan pancingnya di makan ikan …..

  • By Hendra, July 2, 2010 @ 6:17 pm

    Kalo di pulau Lombok, di mana ya tempat mancing kolam, waduk atau pantai yang banyak ikannya?

  • By dodik, July 11, 2010 @ 10:35 pm

    memang mangcing di ngantanag tak ada duanya semua ada dari umpan lumut,pelet, sampai umpan sipemancing …tinggal tlpn pak Sukari (0341521581)..

  • By Kojek, September 2, 2010 @ 9:56 am

    Mang benar gan, gak perduli lagi musim apa tidak, cuaca cerah apa lagi badai, mau dapat apa ngga… kalo lagi kepengen mancing… pasti deh nekad mancing, kebetulan saya pemancing pemula, mancingpun di sungai Kapuas aja, lumayan bro, buat ngilangin stress..

  • By admin, September 3, 2010 @ 10:08 pm

    salam kenal pak…memang memancing di manapun sebenarnya kenikmatannya sama saja…tarikannya itu lho

  • By Anggi Purnama, September 6, 2010 @ 10:08 am

    seniors……
    mohon info untuk lokasi mancing SIDAT di daerah jogja mana yang masih memungkinkan, mengingat sudah susah skrg mancing ikan tersebut.

  • By admin, September 9, 2010 @ 10:07 am

    mohon pemancing jogja untuk membantu… saya khan agak jauh..

  • By adie, September 16, 2010 @ 6:00 pm

    salam kenal pak…..
    aq baru gabung nih
    aq paling suka yang namanya mancing apalagi di laut.
    tapi aq mau nanya nih pak,umpan palsu jenis apa yang bisa untuk memancing ikan bara kuda dan ikan kaci…???

  • By admin, September 16, 2010 @ 8:22 pm

    pakai popper yang memiliki ciri mengapung pak, atau gunakan jigging untuk umpan di tengah perairan..

  • By arief mahardian, October 12, 2010 @ 9:03 pm

    saya ada pengalaman untuk mancing ikan di sungai Brantas, karena lokasi saya ada di mojokerto tepat sebelah selatan sungai, jadi hampir tiap hari saya memancing, beberapa jenis dari ikan yang ada di sungai ini cukup bikin spot jantung, antara lain ikan rengkik, jendhil, patin, bader, dll, karena ikan-ikan ini hidup liar jadi umpan yang digunakan pun cukup liar juga. Bagi rekan-rekan yang ingin memancing di daerah liar seperti ini harus tahan dan betah dengan umpan yang digunakan, contoh umpan yang saya gunakan adalah:
    1. gatotkaca (maaf) kotoran manusia yang dicampur dengan terigu untuk membuat lebih awet di air saat deras ato tenang
    2. usus ayam yang di bacem ato dibiarkan lebih kurang semalam (2 hari lebih bagus)
    3. tempe bacem
    4. ini umpan yang sedikit bersih dan tidak membuat jijik pemancing yaitu ote-ote, cemilan gorengan dari terigu yang berisi kecambah dan wortel
    5. pisang porem, hanya jenis pisang ini yang dapat digunakan di sungai brantas selama saya mencoba memancing, umpan ini sangat digemari oleh ikan jambal ato patin dengan kisaran bobot rata-rata diatas 3 kg
    keempat umpan di atas yang selama ini saya gunakan untuk memancing di sungai brantas.
    jenis kail yang saya gunakan adalah nomor 10 (besar)untuk ikan rengkik dan terbuat dari bahan karbon demi menjaga stabilitas kekuatan saat menghajar ikan monster ini, line yang saya gunakan ukuran 0,55 dengan kapasitas berat 18,5 kg.
    demikin sekilas pengalaman memancing saya di sungai brantas, silahkan bagi rekan-rekan menghubungi saya apabila berkeinginan untuk mencoba tantangan di sungai brantas, kirimkan email anda di arif_jambrong@yahoo.com

  • By admin, October 16, 2010 @ 10:51 pm

    terimakasih atas saran2nya yang luar biasa

  • By Yusmai, October 27, 2010 @ 10:23 pm

    salam, mancing paling enak ya mancing laut, apalagi mancing dari tebing karang, karena di bengkulu lautnya langsung samudera hindia makanya ikannya macam2 dan besar2.

  • By Simbah tea, January 24, 2011 @ 3:27 pm

    Sebagai bayi yg baru berumur 2 bulan dlm dunia pancing memancing, kami sungguh sangat menikmati liburan minggu dg cara memancing bersama istri tercinta. Bangun subuh, sementara istri menyiapkan bekal, saya meracik umpan yg bahan bahan dan cara meraciknya saya nyontek di internet.Sekitar jam 10 pagi kami sampai di kolam kiloan, yg jaraknya sekitar 8 km dari rumah.Setelah selesai persiapan,kami mulai mancing dg joran masing masing. Istri saya ajari cara pasang umpan dan lempar umpan, meski saya sendiri belum bisa lempar umpan secara baik ( blm bisa lempar jauh )….he..he..he. Tak jarang, saat lempar umpan, saya lupa buka kawat pengunci di reel, jadinya umpan cuma putar putar di ujung joran, meski malu, saya biarkan teman kanan kiri pada ketawa, termasuk istri saya.Pada 5 menit pertama, pelampung mulai digoyang ikan. Mata kupelototin dan rokok saya buang. Begitu pelampung menyelam, joran saya sentak dan terasa ada yg menahan dan menarik narik senar psncingku di air sana. Teman teman bersorak, istriku tepuk tangan sambil liatin senar pancingku yg mondar mandir diseret ikan. Dapat ikan mas pertama sebesar telapak tangan. Sungguh sensasi yg luar biasa saat lihat pelampung mulai goyang, sampai hilang tenggelam diseret ikan, menyentak joran dan menarik ikan sampai ke korang. Kalau pancing istriku diseret ikan, maka aku yg menyentakan jorannya, selanjutnya istriku yg menarik ikan sampai dekat korang, keddy ambil alih kerjaan tangkap dan masukin ikan ke korang. Mengasyikan sekali. Ikan demi ikan masuk korang, yg akhirnya pada jam 15 kami udahan dan dapat ikan emas 21 ekor. Lumayan buat dibagi bagikan ke tetangga. Liburan minggu yg menyenangkan dan murah meriah.

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:18 am

    hebat…kapan lagi kalau ada pengalaman mancing boleh dishare di situs ini …bagaimana?

  • By furkon, March 14, 2011 @ 4:58 am

    sy tggl di tasik,klo ada rekan yg hoby mancing di laut ajak2 donk klo ada event lagi biar bisa gabung…sy kerja ditengai laut tp krn ada police pershn yg melarang aktivitas memancing jd hoby mancing br bisa disalurkan klo sdg off duty…minimal ke pangandaran,majingklak atw cipatujah.soalnya klo mancing di empang sy kurang seneng…thx y

  • By furkon, March 14, 2011 @ 5:01 am

    ada yg kelewat…salam kenal smuanya.

    thx

  • By yanto, April 25, 2011 @ 11:19 pm

    umpan yg bikin selera ikan jk mancing laut tu ap y yg siip??kalau cacing laut yg sedia ada dimana kl dkota jogja???…

  • By edi, May 23, 2011 @ 10:53 pm

    minta info kalo mancing diwaduk jatiluhur, pengen dapat patin, jambal, atau betutu. umpan yg tepat apa ya?? mohon dibantu,,,,

  • By semarandhana, June 3, 2011 @ 10:01 pm

    salam mancing, saya punya pengalaman mancing di danau buyan BALI, umpan yang sy gunakan waktu itu ketela rambat rebus dipotong persegi,tali senar yang saya gunakan ukurannya sangat kecil 0.2, pancing carbon ukuran 8, star mancing jam 8 pagi rata2 ikan yang naik jenis karper, tawes, dengan ukuran lima jari paling besar, ikan yang didapat sudah cukup banyak didapat, namun menjelang akan cabut pulang, joran saya ditarik dengan sangat cepat tidak seperti biasanya joran melengkung dengan kuat , bisa ditebak tali putus tanpa ada perlawanan sedikitpun, kenapa putus tanpa perlawanan? , disinilah keteledoran saya , sedari awal mestinya kerek sy speling spy pada saat umpan disambar dan dilarikan ikan yang cukup besar tali tidak langsung putus tanpa perlawanan, dan mestinya tali yang digunakan mancing di alam bebas ukurannya lbh besar, menyesal kesempatan hilang begitu saja ……ok sekian pengalaman mancing saya …..ini pengalaman 18th yang lalu ….

  • By argoes, August 22, 2011 @ 11:17 am

    salam kenal.. newbee
    saya tinggal di banyuwangi. klo temen2 pengen mancing ikan mujaer gratis n ampek puas bisa main ketempat q. ikannya masih liar n banyak banget. tempatnya juga nyaman bagi pemula… klo lagi beruntung 1 jam dah ga habis untuk dimakan.. hehe…

  • By raden, October 5, 2011 @ 12:13 am

    losari tempatnya ikan kakap putih/barramundi khususnya disungai cisanggarung perbatasan jawa barat sama jawa tengah ikannya gede gede kemarin keangkat 1 ikan 25kg lumayan besar kan bagi semua yg mau mancing dilosari jangan lupa ke cisanggarung surganya ikan kakap putih salam strike

  • By sujarno, October 8, 2011 @ 2:34 pm

    Bagi para pemancing Tombro Mania Mojokerto, ayo coba mancing nang deso Tarik ono kolam Tombro TEGUH JAYA Khusus iwak Tombro Master kolam lomba and Galatama rutin tiap rebo lan sabtu malam mulai jam 20’00 sampai 24’00.

    pokok-e Strike manteb banget soal iawake babon kabe.

  • By murandi, November 24, 2011 @ 6:49 pm

    salam mancing mania….umpan buat ikan lele,mujair,emas,bawal yg paling bagus biar ikan pada cpt makan apa saja yaaa….

  • By Joko Toman githu lho, December 15, 2011 @ 9:33 am

    Buat : para pemancing yang senang mancing ikan toman, datang dan saksikan keasyikan memancing pada waktu kemarau karena danau2 di kalimantan pada surut disitu waktu kita memancing ikan toman, kalo beratnya 8 kg itu sudah biasa,datang aja ke kalteng,pasti kita bareng mancing sama teman2 komunitas pemancing ikan toman. anda mau minat kirim e-mail ke … warsitoj89@yahoo.com …..
    trim.buat admin

  • By Joko Toman githu lho, December 15, 2011 @ 10:09 am

    Peralatan Mancing Ikan Toman :
    1. Joran Uk 2,10 m yang kuat tidak bentuk antene
    2. Mata Kail Morigen No. 07
    3. senar baja/ sleng ukr 7×7 60 lbs
    4. senar spketrum uk diameter 0,70 mm

    umpan :
    1. anak ikan lele
    2. dada daging ayam ras yang masih segar …

    selamat mencoba. dapatkan sensasi tarikan ikan toman liar dan ganas, jangan lupa siapkan stamina anda. …salam…

  • By herry, February 17, 2012 @ 10:00 am

    salam kenal pakk .,.,saya herry tgl dijkt barat biasa mancing di muara baru/kapuk pinggir tol….saya mau tanya umpan untuk ikan gabus apa ya pak?
    saya sudah coba kodok,casting tdk ada hasil,tapi ada orang yg menggunakan kerang langsung tarikk dalam satu jam dpt 5 ekor…terimakasih pak sebelumnya.,.,,,.

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:21 pm

    ikan gabus makan apa aja yang hidup..saya pakai cacing tanah trus didiemin aja di dasar..apalagi kalau ada lubangnya ikan gabus…bentar aja pasti kena sambar..biasanya ia menelan umpan dan pancingnya sampai kedalam perut..agak susah ngeluarinnya…

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:29 pm

    mau dong ikutan..tempatnya di mana?

  • By alien, December 28, 2012 @ 12:21 pm

    kalu mau mancing muara di sangatta tempatnya,disungai kenyamukan baramundi 30an kg cos,nda percaya datang aj kaltim,kutai timur sangatta

  • By sujarno, April 15, 2013 @ 10:31 am

    Woro-woro Kolam Pancing Teguh Jaya Sekarang buka Minggu Pagi Jam 10’00 sampai Jam 14’00 ticket lomba Rp.100000 dan Rp.2500000 di ambil 10 Nominasi. Ikan Full Master.

    Selamat Berkunjung ” Salam Strike ”

    Thanks
    Sujarno

  • By sujarno, November 5, 2013 @ 7:50 am

    Berita Gembira Bagi PEMANCING Pemula atau belajar Mancing SAAT Kolam Teguh Jaya Mengadakan Lomba Rutin Rabu dan Sabtu Malam Dengan Ticket RP.60000/Stick dan Hadiah Utama RP.1000000, Diambil sepuluh Nominasi Juara. Ikan Tombro Full Master.Isi Ikan Di KOLAM 5 Ton Ikan Tombro jadi untuk Gondolan lumayan rame.

    Selamat Berkunjung dan berlomba mancijng

    Salam Strike MANCING MANEH……..ah

Other Links to this Post

  1. Kolam Pancing Grup-1 Kopassus « INSPIRASI DAN INFORMASI — August 28, 2009 @ 2:39 pm

  2. Memancing di Bendungan Selorejo Ngantang – Malang « Totokyudhiantowicaksono's Blog — January 10, 2010 @ 9:08 pm

  3. Memancing Sistem Galatama : Cara Mencari Uang dari Hobby Memancing « Totokyudhiantowicaksono's Blog — January 10, 2010 @ 9:30 pm

  4. senar : Warta Warga — February 26, 2010 @ 7:53 am

  5. IKAN GURAMI NO 1 IKAN TAWAR « valen2000 — November 12, 2010 @ 10:47 am

  6. mancing mania | erwan — February 12, 2011 @ 12:12 pm

  7. jenis ikan yang butuh keahlian untuk pemancing « mrblackdhinartabrushes — May 15, 2011 @ 7:17 pm

  8. IKAN – IKAN Favorit PEMANCING EMPANG, RAWA, SUNGAI | PuangRate — June 15, 2011 @ 10:10 pm

  9. Jig lures « Tim Pancing UBT — March 7, 2012 @ 4:35 pm

  10. Ikan mas | teknologibiologi — June 19, 2012 @ 9:38 am

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes