pakan ikan koi

budidaya ikan koi

pakan ikan koi

Pakan ikan koi

Ikan koi merupakan jenis ikan karper, ikan ini terkenal dengan pola makannya yang luar biasa dan ia termasuk ikan omnivore atau pemakan segala, makanan ikan koi di alam liar adalah daun daunaa, serangga, cacing dan ganggang air. Meski demikian ia biasa makan apa saja yang bisa dimakan, seperti pucuk daun, atau berburu cacing di dasar sungai. Maka inilah guna dari sungut yang ada pada mulut ikan.

Pakan ikan koi

Pakan ikan koi

Namun jika anda memelihara ikan koi di kolam buatan pemberian makanan seperti makanan aslinya tentu kurang baik, selain kurang praktis, pasokan protein yang didapat juga tidak bisa diukur. Sebaiknya anda menggunakan umpan buatan yakni pellet. Bentuk pellet yang butiran dan batang merupakan pilihan yang tepat untuk ikan koi. Anda harus memilih bentuk yang sesuai dengan lebar mulutnya.

Pemberian pellet akan membantu pengaturan asupan protein yang tepat untuk ikan anda. Pellet trbuat dari bahan – bahan alami yang komposisinya sudah desesuaikan dengan kebutuhan ikan. Pellet dengan warna coklat terang memiliki kandungan protein lebih sedikit dibandingkan dengan warna coklat tua.

Sebaiknya anda memberikan pellet coklat tua pada kondisi panas, karena ikan membutuhkan lebih banyak gerak dan energi karena suhu air yang hangat disukai ikan, pada saat – saat ini pertumbuhan tubuh ikan akan terjadi Karena metabolisme yang lebih aktif sekaligus ikan mengumpulkan cadangan energi untuk ditimbun di bawah kulit pada saat menghadapi musim dingin. Pada suhu air yang dingin metabolisme ikan akan berkurang dan tidak aktif, ikan lebih suka berdiam dan kurang banyak beraktifitas sehingga anda bisa memberikan makanan pellet yang berwarna coklat muda.

Menurut pengalaman dan penelitian bertahun – tahun, ditemukanlan bahan – bahan aktif yang dapat ditambahkan untuk membuat warna koi lebih cemerlang. Koi yang dipelihara di kolam Lumpur ternyata memiliki kualitas warna yang lebih cemerlang dibandingkan dengan yang dipelihara di kolam tembok. Ternyata ikan loi tersebut banyak menyantap ganggang yang memang  tumbuh di Lumpur. Ganggang yang dimakan koi mengandung banyak zat karoten. Maka kalau anda ingin menambah warna ikan lebih cemerlang beri makan “krill”, paprika, dan daun marigold, semuanya dapat anda campurkan dalam makanannya. Banyak makanan sumber karoten ini sudah dalam bentuk extract sehingga mudah dicampurkan dengan pellet atau roti.

8 Comments

  • By Herry N, July 14, 2009 @ 10:55 am

    Dimana kita dapat menjumpai pakan koi/pellet didaerah Jakarta Timur yang mempunyai kandungan protein sesuai ikan koi, saya baru belajar memelihara 2 th belakangan ini. terima kasih atas jawabannya.

  • By irda , July 15, 2009 @ 11:14 am

    aku irda dari makassar ,, mas hari kapan nech mancing bareng ,, ????

  • By admin, July 16, 2009 @ 4:57 pm

    anda bisa mencarinya di toko – toko pakan ikan di sana khan. biasanya pakan koi disesuaikan dengan besaran ikan sekaligus kebutuhan ikannya. apakah untuk pertumbuhan atau untuk pembesaran badan koi. merk yang cukup terkenal: Hokky, Kin Koi, Sankoi, Takari. pilih pakan yang sesuai dengan kebutuhan ikan anda. semoga membantu

  • By vicky andriyanto, October 10, 2011 @ 2:30 pm

    kenapa ikan koi dirumahku sering mati.. padahal sudah ditaruh dikolam yang sejuk????

  • By Fadli, February 27, 2012 @ 7:30 pm

    UD. NABILA FARM

    Kami petani koi dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit ikan koi berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit koi yang kami hasilkan adalah bibit koi berkualitas tinggi dan telah melalui proses seleksi breding yang ketat. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Corak : Showa, Sanke, Kohaku, Tancho..Dll
    Great : Super dan A
    Pemijahan : Alami ( Jantan impor Jepang, Betina lokal Blitar)
    Pengairan : Mata air tersirkulasi
    Kolam : Fiber dan Semen
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 15 jam.
    Kota tujuan : Kalimantan,Papua,Bali,NTB,NTT,Sulawesi,Maluku,Sumatra,Kepri.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    6 cm : 200 ekor
    12 cm : 60 ekor
    20 cm : 30 ekor
    25-30 cm : 15-20 ekor
    40 cm : 5 ekor
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi teknik budidaya silahkan contak person Fadli 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:07 pm

    kurang oksgen kali…atau airnya udah kena racun atau dari pdam? mengandung kaporit?

Other Links to this Post

  1. pligg.com — February 11, 2010 @ 4:42 pm

  2. pligg.com — February 12, 2010 @ 3:52 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes