multifilament

multifilament line

multifilament

Multifilament line

multifilament line

multifilament line

Multifilament line adalah jenis senar pancing  yang terbuat dari serat  – serat jenis polietilen dengan ketebalan yang amat tipis dan dikepang sehingga membentuk sebuah senar yang sangat tipis namun memiliki kekuatang yang lebih baik dibandingkan dengan senar monofilament. Senar multifilament yang dibuat dari lima helai serat memiliki kekuatan lebih dari serat baja namun dengan flexibilitas yang lebih baik. Senar multifilament memiliki diameter hanya sepertiga senar monofilament namun memiliki kekuatan jauh lebih baik.

Tentu saja dengan kemampuannya yang menakjubkan, serat multifilament merupakan senar yang memiliki harga yang cukup mahal. Harga di toko pancing bisa mencapai 4 kali harga senar monofilamen sehingga anggaran untuk membeli senar ini cukup mahal. penggunaannya pada pemancingan yang menggunakan reel juga memberikan pengaruh harga yang cukup mahal mengingat diameternya yang kecil membuat penggulungan pada spool juga membutuhkan panjang senar yang lebih.

Senar multifilament terbuat dari bahan serat yang juga dipakai sebagai bahan untuk membuat sarung tangan, tali busur untuk memanah, peralatan pendakian, helm, tali – tali pada layar dan alat tali temali yang digunakan para pendaki serta olahrag udara seperti tali parasut dan paraglider. Dalam olahraga memancing, penggunaan senar multifilament menjadi pilihan pada pemancingan berat, dengan target sasaran yang besar dimana senar multifilamen memiliki daya peregangan yang lebih sedikit dibandingkan dengan senar monofilament dan lebih kuat daya tariknya.

Penggunaan multifilament line yang paling baik adalah pada pemancingan dengan sistem bait casting yakni dengan cara melempar umpan sejauh mungkin ke arah air, atau metode pemancingan yang menggunakan reel. Karena peregangannya yang sedikit, senar multifilament tidak mudah untuk membelit dan ruwet saat digunakan, sehingga resiko senar yang membelit reel jarang sekali terjadi.

Penggunaan multifilament pada pemancingan baik dengan reel atau langsung digunakan dengan tangan haruslah berhati – hati, karena sifatnya yang liat pada saat digunakan bisa saja melukai tangan anda. Senar multifilament banyak juga yang dipakai untuk pemancingan laut dengan target sasaran ikan – ikan besar seperti ikan tuna, marlin dan lain – lain. Senar multifilament terbukti mampu menahan kekuatan gigitan ikan yang terkenal cukup tajam. Senar ini bahkan cukup tajam untuk menggores reel anda, apalagi jika reel anda terbuat dari bahan yang bukan stainless steel asli. Kekuatannya yang mengagumkan membuat senar ini menjadi favorit bagi para pemancing yang membutuhkan kekuatan senar untuk memancing ikan – ikan besar.

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes