monofilament line

monofilament fishing line

monofilament line

Senar Monofilamen ( monofilament line) Merupakan Senar Pancing yang murah harganya


monofilament line

monofilament line

Sesuai dengan namanya, senar monofilamen ( monofilament line) adalah tali pancing atau senar pancing yang menggunakan serat tunggal atau mono. Senar pancing ini merupakan senar yang paling murah yang dijual di pasaran, mengingat biaya pembuatannya yang cukup murah yaitu dibuat dari pencampuran polimer yang dilebur dengan bahan lain dan dikeluarkan melalui lubang – lubang kecil, sesuai dengan ukuran yang diinginkan, semakin tebal diameter senar pancingnya semakin kuat kekuatannya.

Senar monofilamen dapat ditemukan di toko pancing di kota anda dengan warna – warni seperti putih, hijau, biru dan warna terang flourescent yang dapat menyala jika dalam gelap, tentu saja setelah mendapatkan cahaya secukupnya. Jenis Senar monofilamen hanya cocok digunakan pada pemancingan di air tawar, atau pemancingan kolam yang tidak membutuhkan panjang senar yang berlebihan atau lebih umum dikatakan senar ini hanya cocok untuk pemancingan sehari – hari.

Penggunaan senar monofilamen sangat baik pada pemancingan tipe casting dimana umpan berputar – putar di permukaan dan memang karakter senar pancing ini adalah mengapung di permukaan air, sehingga cocok sekali dengan metode pancing casting. Penggunaannya pada peralatan nelayan seperti jaring juga akan membawa efek mengapung sehingga tidak terlalu berat saat di dalam air

Senar monofilamen/ monofilament line memiliki kelemahan jika terlalu lama berada di air laut bahkan  mengurangi sensitifitas saat berada di kedalaman air laut dikarenakan ia bisa menyerap kandungan air, Namun meski demikian senar monofilamen merupakan senar pancing yang favorit karena harganya yang murah dan terjangkau oleh semua kalangan pemancing. Senar ini sering dipakai juga oleh para nelayan untuk membuat jaring atau jala.

Untuk menyimpan Senar monofilamen / monofilament line juga diperlukan trik khusus. Senar monofilamen dalam berjalannya waktu akan mengalami degradasi kelenturannya dikarenakan terkena sinar matahari atau terkena panas, maka sebaiknya jika anda menyimpan senar ini dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya anda sering mengganti gulungannya ke  spool yang lain untuk mengganti posisi atas menjadi yang bawah dan sebaliknya sehingga tingkat kekerasan dan kekuatan senarnya masih dapat terjaga.

Dapatkan info menarik tentang alat pancing lainnya seperti: pelampung, mata kail, joran

1 Comment

  • By lewi mnr, July 6, 2012 @ 11:12 am

    kalo mau pesan senar mono ukuran 40 N 50 yg panjang 1000mtr dan yg lebih panjang lagi apa ada? kalo ada kami mau pesan 500 roll brp total harganya dan ongkos kirimnya brp sampai ke tempat kami di Surabaya.

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes