marlin

ikan marlin

marlin

Ikan marlin merupakan ikan yang menjadi target perburuan pada saat Trolling


ikan marlin

ikan marlin

Trolling merupakan cara memancing yang paling disenangi oleh pemancing di laut mengingat ikan yang ditangkap biasanya merupakan ikan – ikan yang besar contohnya adalah ikan marlin, ikan marlin memiliki ciri – ciri yaitu mulut yang runcing dan tajam seperti pedang. Ikan marlin yang terkenal untuk dipancing adalah ikan marlin biru. Ikan ini dapat mencapai ukuran lebih dari 400 lbs sehingga sangat menantang para pemancing untuk menangkapnya.

Ikan marlin biasanya sangat menyukai umpan permukaan, atau trolling. Karena memang di alam liar ikan ini memangsa ikan – ikan yang berada di dekat permukaan seperti ikan cakalang dan ikan tuna. Ikan marlin yang merupakan predator murni senang sekali menyantap ikan – ikan tersebut sambil mengejarnya. Perilaku ikan ini dapat kita ketahui saat ia tertangkap oleh mata kail kita. Ikan ini akan melompat lompat  ke permukaa air bahkan sampai lebih dari 2 M diatas permukaan air.

Ikan Blue Marlin merupakan ikan yang terdapat di perairan tropis dan berada hampir disetiap benua yang ada di dunia. Dengan suhu yang cukup hangat pertumbuhan plankton yang melimpah, ikan seperti tuna dan cakalang akan dapat berkembangbiak dengan baik dan akan menjadikan perairan tersebut kaya dengan ikan. Ikan marlin yang merupakan predator tentu saja akan menyenangi lokasi perairan tersebut . ikan ini mendiami perairan samudra Atlantik, dan Indo Pasifik serta perairan hangat lain, dan kadang – kadang bermigrasi ke Utara untuk mencari makanan di pertemuan suhu panas dan dingin di Antartika yang kaya dengan ikan- ikan kecil sebagai makanannya.

Memancing  ikan Marlin dapat menggunakan umpan buatan maupun umpan alami berupa ikan tuna kecil atau mackarel. Umpan ini dipasang dengan mata pancing yang berukuran yang cukup besar sesuai dengan besarnya umpan anda. Untuk sistem trolling sebaiknya anda menggunakan kapal dengan kecepatan kira – kira 8 – 9 knot untuk menarik perhatian ikan ini. Dengan kecepatan ini, umpan yang berjajar akan tampak seperti kawanan ikan kecil yang sedang berenang di permukaan air. Umpan  buatan yang baik adalah yang memiliki warna cukup terang atau menggunakan umpan yang berwarna perak dan terang seperti jenis – jenis ikan yang menjadi makanan alami ikan ini seperti ikan Tuna, ikan mackarel dan jenis ikan lainnya.

Jenis ikan marlin yang juga menjadi taget sasaran memancing adalah jenis ikan marlin putih yang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis yang lain. Ikan marlin putih merupakan ikan yang terkenal gigih dalam pemancingan, bahakan biasanya pada saat tertangkap ikan ini bahkan sampai melompat tinggi ke permukaan air. Pemancingan terhadap ikan marlin putih biasanya lebih sulit.

Meski ikan marlin belum dikategorikan sebagai ikan yang hampir punah, namun pemancingan ikan ini sekarang sudah diatur dengan regulasi terutama dari terhadap negara – negara yang memburu ikan ini sebagai ikan yang dikomersilkan. Regulasi ini memberikan ijin kepada pemancing untuk menangkap ikan marlin hanya dengan ukuran tertentu dan setiap orang yang akan memancing di negara tersebut diwajibkan mengurus surat ijin pemancingan yang dikeluarkan oleh suatu negara.

Memancing apapun selain marlin memang seharusnya selalu memperhatikan kelestarian lingkungan demi masa depan anak dan cucu kita. salam

1 Comment

  • By Floost, October 16, 2009 @ 10:12 pm

    I really like your blog and i respect your work. I’ll be a frequent visitor.

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes