mancing malam hari

memancing di malam hari

mancing malam hari

Cara memancing malam hari di sungai atau waduk

mancing malam hari

mancing malam hari

Memancing di danau atau waduk pada saat malam hari cukup menyenangkan, namun meski agak susah dilakukan memancing dengan pada saat malam menyenangkan karena jauh dari rasa panas matahari. Selain kerena persaingan lebih kurang karena hampir jarang orang memancing pada malam hari. Pengalaman saya memancing pada saat malam membutuhkan lebih banyak konsentrasi karena suasana yang gelap pada malam hari. Peralatan yang wajib dibawa agar pemancingan sukses yaitu :

-          Chemical Light snap, bentuknya seperti stick kecil yang berisi cairan yang dapat menyala jika dipatahkan dan dapat dipasang di ujung pelampung sehingga kelihatan pada waktu memancing di kegelapan malam. Nyala cairan tersebut dapat mencapai 5 – 7 jam sehingga cukup untuk menemani pemancingan anda di malam hari.

-          Bel kecil alias klinthingan (jawa) , biasanya diletakkan pada ujung joran atau stick yang gunanya sebagai indikator bunyi kalau ikan memakan umpan kita. Cara memancing ini biasanya dikenal dengan cara memancing jegog-an. Umpan pancing yang sudah dikuatkan dengan tepung atau dengan telur dipadatkan serta di beri mata pancing dengan jumlah yang cukup banyak sehingga ikan susah membedakan mana umpan mana pancing. Penggunaan mata pancing yang banyak membuat pemancingan menjadi lebih sukses.

-          Lampu penerang, banyak pemancing menggunakan berbagai macam penerang , lampu teplok, petromaks dan bahkan saya pernah melihat sendiri para pemancing menggunakan genset mini sebagai sumber penerangan lampu di tepi air. Apapun jenis penerangan yang akan dipakai sebaiknya mempertimbangkan ikan yang akan dipancing. Ikan mujair dan nila menyukai terang sehingga penggunaan lampu dengan genset juga akan menarik perhatian mereka. Ikan jenis tombro, dan tawes atau bader kurang menyukai terang dan sebaiknya kita menggunakan cara memancing jegog an.

-          Peralatan kenyamanan diri sendiri seperti jaket, sepatu boot , dan baju hangat mengingat biasanya udara malam hari lebih dingin , dan jika mungkin sebaikya anda membawa juga termos yang berisi kopi panas agar lebih nikmat saat memancing. Dan jangan lupa anda menyiapkan makanan ringan agar terbebas dari kelaparan di malam hari.

Memancing di malam hari memang bisa mengasyikkan jika anda membawa perlengkapan yang lengkap, meskipun lebih repot kemungkinan memancing ikan di malam hari juga menjanjikan. Selamat memancing

7 Comments

  • By pesal RZ, February 27, 2010 @ 8:40 pm

    perna coba tapi sering apeznya

  • By irwanto, March 13, 2010 @ 8:15 am

    mas apik ngunu…… sukses pak!!!!!!!!!

  • By oktora, April 28, 2010 @ 11:13 pm

    wah..seru juga mancing di malam hari..ikan nocturnal pada makan semua..

  • By omenk, September 17, 2010 @ 11:12 am

    asyk banget mancing malam hari,terutama jenis ikan air tawar seperti Baung,lele,lais yg banyak disungai di sumatera selatan….

  • By siput, October 27, 2010 @ 8:42 am

    Kok ga sekalian bawa kelambu, spring bed, selimut plus bantal guling skalian, biar lebih enak mancing malam harinya.. hehehe

  • By klintingan, February 10, 2011 @ 8:37 pm

    selamat

  • By Madong Arizona, June 13, 2011 @ 2:56 pm

    @Siput
    heheh..
    klo bawa kelambu, spring bed, selimut plus bantal guling,.. bukan mancing… tapi Camping mas…

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes