mancing kolam

pancing kolam

mancing kolam

Sistem Mancing Kolam Yang Umum Ada

Kalau anda pernah memancing di kolam pancing tentu anda akan mengetahui system mancing kolam yang sekarang cukup marak. System pemancingan ini memang di buat untuk menarik minat dari para pemancing, selain juga sebagai sebuah aturan khusus untuk mengatur pola pancingan yang harus dilaksanakan. Sistem pemancingan biasanya merupakan kesepakatan antara pemancing dan pemilik kolam, atau kadang pemilik kolam sendiri yang menentukan sistemnya. Sistem pemancingan yang umum dan paling banyak digunakan adalah:

mancing-kolam

pancing kolam

-         Sistem Tiket : Sistem ini menetapkan harga sewa dengan memberi tiket masuk kepada para konsumennya. Tiket masuk yang diberikan pada pemancing bisa dihitung berdasarkan jam, berdasarkan jumlah joran, dengan system ini setiap pemancing bebas menentukan tempat memancing, ataupun bebas membawa pulang ikan yang di dapatkannya dengan jumlah berapapun. Kekurangan kolam yang menggunakan system ini memiliki jenis ikan yang tidak terlalu mahal harganya, atau kadang jumlah ikannya tidak terlalu banyak

-         Sistem Timbangan : system ini memberikan harga ikan sesuai dengan jumlah yang di dapatkannya dengan menimbangnya sesuai harga yang sudah tercantum. Setiap jenis ikan memiliki harganya sendiri. Buat anda yang masih baru dalam hobby memancing dan tidak ingin habis biaya banyak, kolam jenis ini bisa dijadikan pilihan. Kekurangannya adalah kita membayar sejumlah ikan yang kita dapatkan, sehingga banyak orang menganggap memancing di kolam ini lebih menyerupai membeli ikan dengan cara lain.

-         Sistem Lapak biasa : para pemancing diberikan tempat atau lokasi tertentu dengan memberi nomor lapaknya. Kemudian sesuai kesepakatan yang sudah tertulis lapak tersebut dibayarkan sesuai dengan jamnya, 1 jam, 2 jam atau berapapun sesuai dengan kesepakatan. Kerugian pemilik kolam jika pemancing mendapatkan banyak ikan.

-         Sistem Lapak berhadiah : kolam system ini menjual lapak bernomer dengan harga tertentu serta waktu tertentu, namun pemilik mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah – hadiah menarik. Bahkan ada yang memberikan hadiah motor baru. Biasanya pemenangnya ditentukan jikan pemancing mendapatkan ikan maskot yang biasanya paling berat tubuhnya.

-         Sistem Borong Kolam : memancing dengan system ini memang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Biasanya digunakan oleh perusahaan atau instansi yang ingin mengadakan lomba memancing bagi karyawannya. Seluruh kolam disewa dengan memasukkan ikan sejumlah kesepakatan dengan pemiliknya. Jika lomba sudah selesai ikan yang tersisa semua diambil pemilik dengan menguras kolam.

-         Sistem Gaple : sistem ini sebenarnya dibuat diantara beberapa pemancing sendiri tanpa melibatkan pemilik kolam pancing. Beberapa pemancing memancing berbarengan dengan perjanjian pada saat mendapatkan ikan hasilnya semua ditimbang bareng – bareng dan dibagi rata antara pemancing yang ikut.

-         System Galatama : system ini mungkin yang paling digemari para pemancing kolam kawakan. System galatama diselenggarakan oleh pemilik kolam dengan iming – iming hadiah yang beraneka ragam mulai dari tape, mesin cuci, motor, bahkan mobil. Pemenang dari hadiah tersebut ditentukan oleh bobot ikan utama, bobot ikan akumulatif, jumlah ikan tanpa melihat bobotnya, jenis ikan tertentu, tergantung dari panitia penyelenggara alias pemilik kolam yang tentu saja berkoordinasi juga dengan pihak sponsor. Hadiah yang besar akan merangsang animo para pemancing. Semakin banyak peserta, semaikin besar juga keuntungan pemilik kolam. Namun terkadang terdapat juga permainan judi antar pemancing yang memanfaatkan momen tersebut. Biasanya dilakukan oleh sesama pemancing degan cara bertanding siapa yang mendapatkan ikan yang paling banyak, atau nomer lapak berapa yang akan mendapat maskot, genap atau ganjil dll dengan tentu saja tetap memberikan sebagian uang tersebut kepada pemilik kolam.

9 Comments

  • By ngaheng, July 1, 2009 @ 10:55 am

    mau ikut ga nyoba mancing d jatiluhur

  • By admin, July 2, 2009 @ 12:48 am

    Senang banget akang…he..he.. kita ada di Jawa Timur..jadi mungkin agak susah…silahkan maen ke jatim, nanti mancing bareng…gmn?

  • By Effi B Emor, July 14, 2009 @ 10:48 am

    Saya tinggal di Perumahan Unitex daerah Tajur Bogor ditempat saya ada pemancingan baru dengan sumber air dari mata air sehingga cukup jernih dan bersih disamping itu viewnya lumayan bagus karena bersebelahan dengan sungai katulampa, terdiri dari 40 lapak yang mancing masih belum banyak karena jarang bikin event besar, bila ada yang berminat silahkan datang saja akses masuk mobil dari jalan raya tajur masuk jalan pabrik unitex pas sblm gerbang belok kiri nanti jalan itu masuk ke perumahan diperumahan tinggal tanya warga aja tempat pemancingan unitex trims

  • By masdar, July 15, 2009 @ 11:12 am

    hai………….aku masdar dari anag makassar slam buat mas hary wibowo…..mas hary kapan2 ke makassar mancing yang so udah lama nh

  • By admin, July 16, 2009 @ 4:35 pm

    mancing ikan lho..bukan mancing kerusuhan..he3..teman – teman makassar ditunggu ya..

  • By ngaheng, August 17, 2009 @ 5:56 am

    aku ad d jawa barat nie…. d jatiluhur air lagi surut bagus banget buat mancing so ikan ngumpul d tengah2 ayo main sini dong…. kita mancing bareng jg…. klo aku ke jatim mmmm.. gimana ya… tapi pengen jg mancing ke daerah sana

  • By admin, August 17, 2009 @ 9:42 am

    mas ngaheng bisa contact kita to..nanti tak informasikan tempat memancing di jatim yang cukup terkenal…di Malang, Surabaya. Ok salam kenal

  • By slamet supriyadi, January 30, 2010 @ 6:47 pm

    Buat teman-2 mancing mania, saya punya kolam pemancingan yang biasanya dipakai untuk lomba, lokasinya di banjarnegara-Jawa tengah. Kolam yang ada adalah kolam Lele dan kolam Bawal. masing -2 kolam berisi 24 lapak. Pada tanggal 12 Februari 2010 akan mengadakan lomba dengan hadiap HP, dengan tiket sebesar Rp. 100.000. Masalah yang saya hadapi kadang ikan-2 tersebut tidak mau makan ketika dipancing. mohon info, bagaimana caranya agar ikan tetap sehat dan tetap mau makan ketika dipancing, Thanks.

  • By winarto, February 8, 2010 @ 2:31 pm

    design alat pancing Kolam dgn Motif yg bisa dipilih call : 087839451941

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes