maron

ngantang

mancing di maron ngantang

Mancing di Maron Ngantang

maron ngantang

maron ngantang

Maron adalah sebuah daerah yang berada di Kabupaten Malang, Jatim. Meski berada di Kabupaten Malang, untuk mencapainya dari kota Malang harus melewati kota Batu terlebih dahulu. Dengan jarak tempuh kira – kira 40 km untuk memancing di daerah ini memerlukan waktu selama 1 jam perjalanan menggunakan transportasi sepeda motor.

Hari minggu kemarin saya berkesempatan mencoba nikmatnya memancing di Maron – Ngantang bersama 3 orang rekan kami. Perjalanan kami mulai di siang hari pukul 11 dengan menggunakan sepeda motor. Tujuan kami adalah memancing ikan Nila di karamba yang disewakan kepada pemancing dalam hitungan hari. Sewa tempatnya selama 1 hari adalah Rp.10 ribu sedangkan kalau kami yang datang siang hari hanya membayar Rp. 5 ribu.

Sebelum memulai mancing kami membeli pakan lumut dulu di daerah pujon. Pakan ini sekarang agak sulit dicari sehingga para pemancing memilih untuk membeli saja. Harganya cukup murah Rp.6000,- kami sudah bisa mendapatkan umpan 1 tas kresek kecil. Cukup untuk memancing sampai sore hari. Setelah adanya umpan, kami langsung berangkat menuju sasaran.

Pemancingan karamba di hari minggu ternyata cukup ramai dipadati warga kota Malang dan Batu untuk menyalurkan hobbynya memancing. Teman kami pak Toyik dan Johan yang minggu sebelumnya memancing di sana mendapati lokasi favoritnya sudah terisi oleh orang lain. Maka kami sedikit berdesakan untuk mendapatkan lokasi memancing terbaik di karamba tersebut.

Setelah memasang rangkaian mata pancing ganda, perburuan ikan dimulai dengan 2 joran sekaligus. Sedikit info kalau joran dalam pemancingan di air tawar sudah kami setting sebelumnya dengan panjang senar yang sesuai dengan panjang jorannya. Ujung senar kami talikan dengan ujung joran dengan tali mati, sedang ujung senar satunya kami berikan kili – kili untuk memasang rangkaian mata pancing yang sudah kami beri snap. Mata pancing kami talikan sejumlah 4 biji di rangkaian tersebut  dan kami mengenalnya sebagai rangkaian lumut. Pemberat kami ukur seperlunya sehingga pelampung dapat sepenuhnya berdiri tegak sebagai indikator dapatnya ikan.

Pemancingan di karamba pada hari itu cukup susah, meski ikan nila yang berada di Karamba cukup besar – besar karena memang dipelihara, namun untuk mendapatkannya agak susah juga, kemungkinan karena panasnya cuaca, atau karena sudah kekenyangan makan umpan para pemancing yang sudah sejak pagi mancing di sana. Hasil hari itu cukup menyedihkan..he3..ternyata saya tidak emndapatkan ikan sama sekali..dan rekan kami pak Toyi bisa mendapatkan 1 saja..yach lumayan.

Memancing memang bukan hanya perkara teknik, kadang faktor alam atau faktor cuaca cukup berpengaruh dengan pola makan ikan. Meski di Karamba yang katanya gampang mendapatkan ikan, hari itu ikan sepertinya tidak mau makan sama sekali. Kegemaran memancing tetap jalan, meski kami kalah hari ini, tetapi kami akan datang lagi untuk menaklukkan Karamba di Maron – Ngantang di lain waktu. Salam strike..

4 Comments

  • By E_theone, July 24, 2010 @ 1:10 am

    salam strike bro.. saya juga mempunyai hoby yg sama dgn anda. dan kebetulan favorit saya adalah mancing ikan nila/mujair, hampir seminggu sekali saya lakoni. karna kebetulan ditempat sy spot mancing nila banyak. sekedar bagi2 tips kusus untuk nila dgn rangkaian lumut yg terpenting adalah setelan pelampung. disini sy menggunakan bulu merak ( biasa di dapat di toko pancing). pasti dijamin strike. dan klo masalah cuaca jagan skali-kali mancing klo posisi mendung nila ogah makan.mending tunggu habis ujan turun.

  • By anthrock, July 25, 2010 @ 10:30 am

    memang asik bro dingantang nakam kiriman mbah ri wenax tenannn

  • By admin, July 30, 2010 @ 3:55 pm

    terimakasih atas saran yang diberikan kepada redaksi, salam strike

  • By anton, May 2, 2011 @ 5:57 pm

    salam mancing mania….saya jg hobby memancing,tiap hari miggu saya msti mnyemptkan prgi memancing…saya jg pemancing d ngantang smua lokasi udh prnh saya coba…dlu saya memancing brangkt dr mlang jam 4 pgi N bru pulg sore hari..kadang da hasilx tp tak jarang jg tanpa hasil..akhrx saya coba memancing malam hari lokasix d gading..trnyta hasilx lmyan stelah itu saya smpi sekarng memancing malam hari meski banyak nyamuk tp hasilx cukup memuaskan..tdk psnah plg dgn tngan kosong…d coba boz memancing malam hari di kalipuru..d jamin mantap

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes