mancing

memancing

mancing

Apakah Mancing Dapat Menjadi Obat Stress?

Jawabannya ialah iya. Stress adalah salah satu penyakit yang menyerang pikiran, syaraf – syaraf tubuh menjadi tegang dan penat karena beban pikiran yang jenuh dan berakhir pada kelelahan pikiran..betul?  banyak orang stress meluangkan waktunya dengan berbagai macam hobby yang menyenangkan, jalan – jalan, rekreasi, olahraga , shopping dan lain lain yang intinya mengobati kelelahan pikiran dengan kegembiraan yang sesuai dengan keinginannya  Hobby mancing adalah salah satunya.. moga – moga thesis filsafat saya benar.

mancing ikan

mancing ikan

Nah mancing sendiri  adalah salah satu hobby yang mengasikkan , mancing melatih pikiran untuk focus, hobby ini bisa mengajarkan orang untuk bersabar dan bersabar. Meski kalau sepintas dilihat cuma diam dan menunggu ( banyak orang bilang ini adalah pekerjaan yang membuang waktu ) tapi..untuk bisa mendapatkan ikan juga dibutuhkan konsentrasi lho…sedikit anda hilang konsentrasi pada pelampung yang bergerak, kemungkinan pakan yang ada di mata kail hilang.

Kesabaran pemancing pun kadang juga bisa dilihat saat ia menarik joran yang  sudah di tarik ikan. Teknik yang bagus akan memberikan hasil ikan dapat diangkat..kalau anda terburu- buru menarik senarnya mungkin saja ikannya malah lolos apalagi kalau ikannya yang besar. Ternyata orang memancing masih butuh pengetahuan juga ya..? lha iya dong…butuh kejelian juga lho

Banyak pemancing bilang bahwa kadang – kadang setelah mereka memancing seharian, mereka pulang ke rumah tanpa hasil apa – apa. Ikan kecil pun tidak..tetapi masih bisa tersenyum..padahal kalau diitung -itung biaya untuk beli pakan, pancing, biaya perjalanan kalau dibelikan ikan di pasar udah bisa buat makan sekeluarga..

Namanya juga hobby…kata orang bijak, hobby itu tak kenal harga…yang namanya kesenangan itu tak bisa dinilai dengan uang…asal stress ilang, perasaan plong tubuh bugar… selesai tak habis pikir mau habis berapa duit…bukan begitu teman?

Baca juga artikel kami tentang:

-         Pemancing

-         Ikan

-         Hobby shops

55 Comments

  • By raindz, May 29, 2009 @ 5:35 am

    sy se7 dengan apa yang bozz katakan…hobby sehh..:) saya sendiri sering bilang pada temen yang ga trlalu suka memancing kalau ….harga pancing ,umpan ,senar, ikan masih bisa dibeli…tapi tarikan ikan saat memakan umpan dan usaha untuk mendaratkan ikan…itulah yang tidak ada ternilai hargaya..sukses buat pemacing mania..
    salam.. raindz

  • By ahonk, July 9, 2009 @ 9:55 pm

    kalo bulan bulan juli agustus, inikan musimnya angin timuran.yg ingin saya tanyakan: kapan biasanya ikan kakap mau makan pada saat musim angin timuran?terus untuk ikan kakap sungai biasanya berada di muara atau malah pindah ke sungai yang airnya tidak terlalu asin atau payau?trimakasih

  • By admin, July 10, 2009 @ 11:23 pm

    dari informasi yang saya dapatkan, ikan kakap putih masih bisa bertahan dalam kondisi yang extrim dengan air yang payau, namun ia tidak bisa hidup dalam air yang tawar.

  • By stainless tanks, October 8, 2009 @ 11:09 am

    Bener bos klo sudah hoby apapun dilakuin walaupun tidak dapet ikan sama sekali.
    Pulang tetep tersenyum….

  • By irawan, October 21, 2009 @ 2:18 am

    Semoga Pemancing.com tetap exis

  • By admin, October 21, 2009 @ 2:43 pm

    terimakasih, salam kenal

  • By WASPODO, October 22, 2009 @ 1:00 pm

    MANCING BIKIN OTAK BENING

  • By laurenz, October 22, 2009 @ 6:25 pm

    each your article very nice and add my knowledge.
    by the way, would you please promote my new online store with website address is given above?
    thank you.

  • By admin, October 23, 2009 @ 7:35 am

    thank you for your comment, for further information of the promotion please contact us by email. I will love to hear what kind of promotion we can help. regards

  • By Kang didin, October 23, 2009 @ 8:03 pm

    Mancing
    suatu metode menggabungkan pengontrolan emosi pikiran
    komunikasi dengan lingkungan serta ikan(yg dipancing) merupakan kepuasan tersendiri

    AYO MANCING

  • By dunk, October 29, 2009 @ 7:19 am

    kalo mau mancing ikan patin di waduk saguling bisa hub aku…di jamin puas…

  • By wahyu, November 1, 2009 @ 3:03 pm

    buat para pejabat/yang berwenang, mancing mania yang punya wewenang tolong dong buat situ lembang agar bisa di buka buat mancing terus terang tiap aku kesana kadang dibuka kadang tutup jadi bikin kecewa kalo udah jauh-jauh datang eh gak boleh masuk kita kan gak merusak alam hanya mancing.hai mancing mania cobain deh mancing kesana dijamin ketagihan ikannya jinak-jinak gak harus pake umpan macam-macam loh.dijamin.

  • By Hendra Hermawan, November 9, 2009 @ 10:53 am

    saya adalah seorang yang kecanduan mancing, awalnya sih suka mengolok2 kawan dan tetangga yang suka mancing di dermaga Batubalai,. mereka berangkat dan pulang tidak kenal waktu. saya sering berkomentar buat apa susah2 mancing sering juga tidak dapat atau kalau dapat hanya 1 atau paling banyak 5 ekor.
    awal saya ketagihan mancing ketika saya pulang dari rumah mertua kebetulan satu arah dengan dermaga tersebut, iseng2 aku sih mampir disana sudah banyak teman2 dan tetangga yang standby dengan alat pancing masing2.
    iseng pula saya pinjam pancingan ke tetanggaku Bpk Sukur. eh baru 1 menit pancing saya tabur langsung dapat ikan gerapu yang cukup besar,. wah seneng banget tuh. bahkan yang empunya pancing udah 2 jam disitu belum dapat ikan. kemudian pancing kembali saya tebar, tak disangka baru 5 menit seperti ada yang mengejut, kaget juga sih,. ternyata seekor ikan simba seberat +/- 1 Kg waaahhh bangga sekali apa lagi sebagai seorang pemula dan yang lain hanya manyun karena belum dapat. sementara saya hanya kurang dari 10 menit sudah mendapat 2 ekor ikan yang kurasa cukup untuk lauk sekeluarga. setelah itu sayapun pulang. mulai dari sana kemudian esok harinya saya langsung beli peralatan pancing. sampai saat ini 09 November 2009 kurang lebih sudah 14 bulan aku dibilang hampir tak pernah absen untuk mancing di dermaga. saat ini saya paling senang menggunakan pancing jenis rawe dengan mata kail 7 buah sampai dengan 12 buah dalam 1 rangkaian. dengan menggunakan umpan bulu sintetic.

    pancingan jenis ini hanya cocok untuk jenis ikan ukuran kecil, seperti selar, bentong, kuniran, simba ukuran max 4 ons tanjan, tamban atau cekong

    bila sedang musim ikan tersebut, dalam waktu kurang dari 1 jam kita sudah bisa mendapatkan 3 Kg ikan bahkan lebih.

    bayangkan dengan 12 mata kail hanya 1 kali gerakan kurang dari 2 menit mata kail tersebut telah terisi minimal 7 ekor ikan.

    wahhh seneng banget tuh,.

    malah kadang2 justru istri dirumah yang kualahan ngurusin ikan hasil pancingan kita. mending kalo ada pembantu.

    pernah suatu ketika saya dapat ikan selar dan cekong sangat banyak. waktu itu menjelang lebaran haji tahun lalu, saya lupa tanggalnya masalahnya waktu ngetik commen ini saya gak liat tanggalan. tapi saya ingat waktu itu 1 hari menjelang malam takbir idul adha,

    sepulang dari kantor jam 14.30 saya langsung berangkat dengan peralatan pancing saya menuju pangkalan (Dermaga Batu balai)
    sekedar informasi, ini adalah dermaga baru di daerah pedalaman kotaagung, sehingga tidak ada kegiatan sandar kapal atau perahu nelayan. yang rencananya akan digunakan oleh pemda Tanggamus Lampung untuk pelabuhan kapalcepat.

    kembali ke cerita.
    setibannya di dermaga sudah banyak orang yang mancing. namun masih terlihat sepi yang dapat hanya sesekali aja ada yang strike,. setelah kupasang rangkaian rawe pada joran / stick akupun mulai beraksi. 15 menit berlalu aku hanya mendapat 1 ekor ekan bentong, lemas rasannya, sementara tangan sudah pegal memainkan joran.

    tak disangka saat jam 15.45 saya merasakan getaran yang dahsyat pada joran, kaget sih, abis sudah dari tadi ga ada yang narik, sekali narik langsung berat.

    ketika aku angkat dirangkaian mata kailku yang waktu itu hanya 9 mata kail sudah menggantung 6 ekor ikan selar. wahhh senang sekali. dari saat itu sampai jam 18.30 tak henti2 kwalahan juga sih. untung ada kawan yang tidak memiliki pancing jenis rawe sehingga dia hanya membantu saya untuk melepaskan ikan dari rangkaian kail saya.

    ketika hari sudah mulai gelap (maklum didermaga ini tidak ada listrik) akhirnya saya berhenti karena kecapean. sementara yang lain masih bertempur dengan kelompok ikan selar yang menggulung bagai gelombang yang tak henti.

    begitu aku lihat hasilnya, sempat ga percaya sih,. abis dari tadi gak perhatikan hasil hanya senang nariknya saja.

    ternyata oleh temanku itu namanya joko ikan hasil tangkapanku itu tidak dimasukan wadah tetapi hanya dihamburkan di atas dermaga. (tidak sempat dan wadah yang saya bawa tidak cukup) akhirnya saya pergi ke warung biasa saya makan mie rebus dan pinjam karung plastik ukuran 25 kg.
    ikan 2 itu kami masukan karung tersebut dan terisi 3/4nya setelah kami timbang dapat 20 kg ikan selar. pemecah rekor waktu itu adalah kawan yang bernama pak tarmin karena dia menggunakan rangkaian 15 mata kail sehingga tangkapannya pun lebih banyak dan dia dibantu 2 orang kawannya. pak tarmin mendapat lebih dari 35 Kg ikan hanyua dengan pancingan rawe mungkin kalau diitung lebih dari 1000 ekor. dalam waktu kurang dari 4 jam.

    ikan2 tersebut akhirnya kami bagikan ke tetangga dan saudara2 saya.

    itulah pengalaman paling seru sepanjang sejarah saya mancing.

    namun pada setiap harinya sekurang-kurangnya saya dapat minimal 1 s/d 3 Kg ikan campuran.
    dengan waktu mancing rata2 3 jam

    pulang kantor jam 15.30 langsung berangkat mancing tanpa salin/ganti pakaian (masih pakaian kerja) tiba di dermaga jam 16.00 pulang mancing jam 18.00. WIB
    DEMIKIAN SEMOGA MENJADI BAHAN IDE BAGI KAWAN2 UNTUK MENJADI PEMANCING TANGGUH

    saya memang jarang memancing ikan besar karena saya orangnya paling tidak sabar menunggu.
    sementara kalo rawe kita tidak perlu duduk menunggu ikan, tetapi kita sambil olahraga jalan kesana kemari mencari kumpulan ikan yang tampak dari atas dermaga, kalo diitung2 jalan kaki selama 3 jam itu kira2 berapa km ya? itung sendiri deh,.
    bagi kawan2 mancing mania saya harap kita bisa berbagi tips memancing. agar bisa semakin baik
    email / fb ku whonglhinglhung@yahoo.com

  • By Qiu, January 11, 2010 @ 4:13 pm

    se7 bangeeeeeeeet! hahaha… kena banget nih artikel, semua yg saya alami ada di artikel ini dan beberapa comment dari rekan² disini.

    Tapi tetep saat yang paling indah dan menyenangkan di saat STRIKE! betul? ^_^

  • By ardian, February 19, 2010 @ 2:12 pm

    tolong informasinya dong, dimanakah saya bisa mendapatkan alat alat mancing yang bagus? saya tinggal di madiun, selama ini memancing dengan peralatan standar, sekali sekali saya pengen mancing dengan teknik lain tapi gak tau tempat yang jual peralatannya…
    terus, ada yang tau trik mancing malam di waduk gak? tapi yang dari tepi..karena yang ada di internet kebanyakan mancing di perahu…terima kasih

  • By admin, February 20, 2010 @ 8:10 am

    salam kenal, saya pernah memancing di waduk pada waktu malam, saya akan coba buatkan tulisannya sebentar lagi. untuk daerah Madiun kebetulan saya belum tahu pak, siapa dari teman – teman yang bisa membantu?

  • By Kojek, March 15, 2010 @ 2:55 pm

    Saya tinggal di Kota Pontianak, namun belum sekalipun saya melakukan aktifitas memancing seperti yang sering saya lakukan sewaktu masih tinggal di Kabupaten Sanggau. Kangen juga kadang-kadang, karena waktu dan kesempatan yang terbatas. kalau liburan atau sedang cuti, saya pasti menyempatkan diri untuk memancing di sungai Kapuas, namun sekarang sudah jarang mendapat ikan di atas 1 kg, karena aktifitas segelintir orang yang menggunakan jalan pintas untuk menangkap ikan dengan menggunakan SETRUM dan Tuba.
    Konon menurut salaha satu temanku yang tinggal di Kecamatan Tayan Kab, Sanggau, di Tayan masih mudah untuk.memancing ikan bahkan Udang Galah

  • By jacky ng, April 27, 2010 @ 6:41 am

    selamat buat yg hobby mancing pk mau nanya ni umpan apa? yg bagus untuk mancing ikan kakap merah trim.s pk jacky ng

  • By admin, April 30, 2010 @ 8:36 am

    kami sering menggunakan umpan udang hidup pak, bukan kupas lho ya… dengan gerakan umpan ini di dalam air akan menarik ikan dasar spt ikan kakap dan kerapu

  • By Einna, May 31, 2010 @ 3:44 pm

    mo tanya, bener gak sih klo ada pancing kepegang ama cewe (pemancingnya cowo ya), pancingnya bakal rusak?? ga tau becanda or iya, gw dibilangin gitu waktu pancing temen patah (sebelum berangkat pancingnya gw pegang2 soalnya).. jadi penasaran

  • By face, June 3, 2010 @ 11:17 am

    tp bakalan stress juga kalau umpan g dimakan2 ma ikannya

  • By jacko, September 11, 2010 @ 5:56 pm

    kalo mancing galatama kok ikannya susah banget makannya

  • By Badroez, September 15, 2010 @ 1:50 pm

    EINA ngomong apaan sih, jd pngen ktawa……

  • By admin, September 16, 2010 @ 8:25 pm

    terkadang faktor umpan sangat berpengaruh dengan hasil lomba..coba dengan beraneka ragam umpan pak..

  • By Jeffry, January 18, 2011 @ 10:30 am

    betul…. betul…. betul…. ( kata upin – ipin ) wkwkwkw… peace

  • By agus sudrajat, January 25, 2011 @ 7:49 pm

    mas sekarang kan musim mangga..katanya nih kalau musim mangga tiba maka artinya musim ikan ikan juga dilaut..tul ga ya?? keliatannya sih mungkin juga sebab aku minggu kemaren panen tenggiri pake troling rapala redhead
    sekalian aku mau nawarin tukeran link yu mas..

  • By didot, March 9, 2011 @ 7:24 pm

    mas di tempat saya itu banyk skli ikan nila tapi ikannya jarang mau makan umpan buatan, cuma mau makan umpan lumut sama udang,sya hoby mancing tapi sekarang muaaales…coz g pernah dapet sih..heheheheh…

  • By Rizal, March 22, 2011 @ 5:53 pm

    Mancing mania MANTAP
    Salam buat para pemancing sejati,,
    Kunci dalam memancing adalah “KESABARAN”.

  • By Pancing | Jual Pancing | Madiun, April 8, 2011 @ 10:44 pm

    Buat teman-teman yang suka pancing, aku punya toko pancing online. lengkap dan murah, dijamin MANTAB JAYA.

  • By gatot sugiarto, April 27, 2011 @ 12:00 pm

    bagi yang suka mancing ikan nila, bagi-bagi tehniknya donk, atau umpan yang jitu buat nila babon, thank’s

  • By Ade Fr, June 15, 2011 @ 8:10 pm

    Memang benar mancing adalah obat stress. Makanya saya hobi mancing. Walaupun banyak keluar duit untuk biaya tiap kali mancing tapi biarin saja namanya juga sudah hobi.

  • By dede zemmy, June 21, 2011 @ 11:12 am

    Bos ane tukang mancing nih, tapi kalo mancingnya ngk dapet pusing dongkol juga,, kasih tau dong biar mancingnya bener bener ngilangin stres…

  • By siafain kain raaj, August 27, 2011 @ 8:27 pm

    saya mau mencoba mancing di alar alar swewe
    alar alar swewe adalah nama tempat yang air nya jernih tempatnya di medan
    dan di sana juga ikannya paling ringan itu 3kg jadi saya selalu mancing di situ tapi saya bosen dapatnya ikan itu….. aja
    saya pengen coba mancing pake umpan yang lebih ngejreng mungkin di website ini saya bisa dapat ikan yang lebih besar
    ikan paling ringa di sana=3kg
    paling berat=30 kg
    tapi saya dapat ikan yang 5 kg terus dan dagingnya rasanya saya udah bosen
    jadi tolong ya…
    bagi yang ingin membantu
    balas ya….
    bye

  • By Kenny Becket, October 5, 2011 @ 3:04 am

    I just want to tell you that I’m very new to weblog and seriously loved your web site. Almost certainly I’m planning to bookmark your site . You absolutely have incredible writings. Cheers for sharing your blog site.

  • By Harga Pancing, October 22, 2011 @ 9:31 am

    mancing oh mancing…tiada hari tanpa mancing :D

  • By Restsindo-hty, November 2, 2011 @ 7:55 am

    Betul sekali memancing adalah sarana mengalihkan rutinitas kita, Kita sering jenuh oleh rutinitas yang monoton. Dengan kegiatan memancing maka kejenuhan itu sedikit terobati, itu karena kita memproleh penyegaran dan suasana baru. Ketika segala sesuatunya kita lakukan di balik meja dan kursi dan berhadapan dengan komputer maka dengan memancing kita akan melihat pemandangan dan segarnya tiupan angin. Walau tidak dapat ikan tetapi fresh sudah dapat.

  • By jangkung, November 28, 2011 @ 2:48 pm

    minta informasi tempat mancing yang bagus di kep. seribu…… mohon info dari temen2 mancing mania..

  • By glewo..., January 23, 2012 @ 1:39 pm

    seroooookkk…mantaff,,

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:53 pm

    namanya juga mancing bisa dapat ikan bisa nggak..kalau mau gampang dapat ke kolam aja…cepet…dapat..he3

  • By by Ayie, June 27, 2012 @ 8:04 am

    salam persaudaraan untuk smua pmancing -pmancing mania di sluruh nusantara…

  • By martin, July 20, 2012 @ 9:43 pm

    Saya kelahiran kota pontianak 35 thn silam, tapi sudah 12 tahun merantau ke kalimantan tengah. hobi saya satu2nya adalah memancing, tiada aktivitas lain yg bisa membuat saya senang bahkan tergila gila. hampir semua teknik sudah saya geluti, dan bahkan hampir semua kepulauan di indonesia, bahkan yg terjauh(papua)saya kunjungi 3x dalam kurun waktu setahun. ada 1 hal yang membuat saya terobsesi, yaitu memancing di kota kelahiran saya sendiri. cuma saya tidak tahu harus mulai darimana, karena saya tidak punya teman dan spot yg saya kenal. mohon bantuannya. terima kasih.

  • By tio, October 29, 2012 @ 1:46 pm

    Asyik pokonamah…………………..

Other Links to this Post

  1. Kolam Pancing Grup-1 Kopassus « INSPIRASI DAN INFORMASI — August 28, 2009 @ 2:43 pm

  2. Pemancing.com » Blog Archive » Bendungan Lahor Malang — September 6, 2009 @ 3:22 pm

  3. Pemancing.com » Penggunaan Mata Pancing Yang Sesuai Dengan Jenis Ikan — September 28, 2009 @ 6:10 am

  4. Memancing di Bendungan Selorejo Ngantang – Malang « Totokyudhiantowicaksono's Blog — January 10, 2010 @ 9:08 pm

  5. senar : Warta Warga — February 26, 2010 @ 7:54 am

  6. kail pancing « Dedy Hermawan — December 9, 2010 @ 7:02 am

  7. Budidaya Ikan Nila « azizan05 — March 5, 2011 @ 5:38 pm

  8. jenis ikan yang populer untuk para pemancing « mrblackdhinartabrushes — May 15, 2011 @ 6:46 pm

  9. jenis ikan yang butuh keahlian untuk pemancing « mrblackdhinartabrushes — May 15, 2011 @ 7:14 pm

  10. Casting | Our Community — June 16, 2011 @ 6:09 pm

  11. memancing | mak luwe — September 22, 2011 @ 7:15 pm

  12. dapatkan ikan besar dengan teknik jigging | Blog — May 21, 2012 @ 10:00 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes