ikan teri

teri

Ikan Teri

Ikan Teri Sebagai Umpan pemancingan komersial

teri

teri

Ikan teri dalam bahasa Ingris adalah Anchovy merupakan sejenis ikan kecil yang berwarna putih keperakan, ikan ini digolongkan dalam keluarga Engraulidae ikan teri merupakan jenis ikan yang menjadi makanan pokok dari puluhan jenis ikan predator. Ikan teri menjadi ikan yang penting karena ikan ini merupakan makanan ikan lain yang lebih besar seperti ikan tuna, ikan mammalia seperti ikan paus dan lumba – lumba.

Ikan ini mendiami wilayah perairan dangkal sampai ke perairan dalam di tengah lautan. Pada umumnya ikan mampu hidup di daerah tropis dan semi tropis. Karena ikan teri memakan plankton yang menjadi makanan utamanya sehingga ikan ini banyak hidup di daerah yang bersuhu sedang di dekat equator. Ikan teri dapat ditemukan dihampir semua lokasi di seluruh dunia. Di daerah Asia Tenggara ikan biasa diberi nama ikan teri atau ikan bilis sedangkan di luar negeri dikenal dengan nama Anchovy.

Ikan teri biasanya digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan tuna. Caranya adalah dengan melemparkan ikan teri ke sisi perahu untuk menarik ikan tuna agar mau mendekati perahu. Pola pemancingan seperti ini umum dilakukan oleh para pencari ikan yang menemukan gerombolan ikan Tuna di perairan lepas. Ikan teri dibuang ke laut dengan disiram air.

Sebagai umpan pemancingan trolling, umpan ikan teri juga dapat dijadikan pilihan sebagai pengganti lure plastik yang anda pakai. Warna keperakan dari ikan teri akan menyebabkan ikan ini berkilau di permukaan air, sehingga menarik perhatian ikan pemangsa. Untuk pemakaian ikan ini sebagai umpan mancing harus tetap memperhatikan pemasangan mata pancing yang kuat sehingga tidak sampai ikannya terlepas saat terkena ombak.

Ikan teri memang masih menjadi favorit  dalam aneka jenis pemancingan seperti Trolling, Long lining, Deep Fishing dll. Penggunaannya yang cukup luas sebagai umpan pemancingan tak lain karena di alam liar ikan ini memang menjadi makanan alami banyak spesies ikan predator. Dan karena ikan ini mudah didapat dengan jaring, ikan ini dapat dipakai dalam bidang pemancingan komersil dengan harga yang murah. Bisa dibilang ikan teri merupakan pilihan pertama dalam pemancingan komersial.

Sehngga jika anda ingin memancing di laut, sebaiknya anda selalu membawa ikan ini sebagai umpan. Apapun cara pemacingan yang ingin anda lakukan baik memancing di pantai, di tengah laut untuk memancing di perairan dalam, atau sistem trolling sebaiknya anda membawa ikan ini dalam keadaan segar. Penggunaan kotak stereo foam sebagai alat penyimpanan ikan teri yang dicampur dengan es batu akan membuat ikan ini tahan berhari – hari.

Selain dipakai untuk umpan, ikan teri bisa digunakan langsung sebagai bahan konsumsi. Banyak produk makanan yang kita kenal di pasaran menggunakan ikan ini sebagai bahan utamanya misalnya berbagai jenis masakan balado, rempeyek dan berbagai macam masakan. Ikan ini merupakan sumber protein yang cukup tinggi dengan harga yang murah.

No Comments

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes