ikan patin

budidaya ikan patin

ikan patin

Ikan Patin Adalah Jenis Ikan Yang Beraksi Malam Hari

Ikan Patin memiliki bahasa latin Pangasius sp. Ikan ini merupakan jenis ikan liar yang banyak terdapat di sungai – sungai besar dan kecil terutama di daerah tropis di  Asia. Di Indonenesia ikan Patin terdapat banyak di sungai – sungai besar seperti sungai Batanghari ( Jambi ), Sungai Kampar ( Riau ) dan sungai Musi ( Palembang ). Ikan ini sangat menyenangi sungai dengan perairan deras meski habitatnya adalah dasar dan pinggir dari perairan tersebut ( demersal ) sampai tengah perairan. Ikan patin di alam liar biasanya bersembunyi di dalam lubang – lubang di tepi sungai.

budidaya ikan patin

budidaya ikan patin

Ikan Patin termasuk ikan yang beraktifitas pada malam hari atau noctural. Ia termasuk ikan demersal atau ikan dasar . Secara fisik memang dari bentuk mulut yang lebar persis seperti ikan demersal lain seperti lele dan ikan gabus. Malam hari ia akan keluar dari lubangnya dan mencari makanan renik yang terdiri dari cacing, serangga, udang sungai, jeni – jenis siput dan biji – bijian juga. Dari sifat makannya ikan ini juga tergolong ikan yang sangat rakus karena jumlah makannya yang besar.

Ikan patin baru saja berhasil dibudidayakan dalam beberapa tahun terakhir, sehingga masih cukup baru di kalangan para konsumen ikan tawar. Namun sekarang jumlah permintaan di pasar sebagai konsumsi dan di kolam pancing sebagai ikan pancingan juga semakin meningkat. Ikan yang dibudi dayakan di kolam pembiakan dapat diberi makanan pengganti seperti pelet . untuk para pemancing yang berburu ikan patin diwajibkan menggunakan senar yang cukup besar, karena tarikan dan tenaga dari ikan ini cukup kuat hampir menyamai tarikan ikan dasar lain seperti ikan lele dan ikan gabus.

Dapatkan aneka artikel menarik tentang :

-         Aneka Jenis Ikan Lele

-         Panduan Memancing Ikan Mas

-         Jenis – Jenis Ikan Nila Favorit

13 Comments

  • By john, August 3, 2010 @ 6:50 pm

    krim dong tentang ikan patin smuanya ke email ku,,aku seorg tenaga perikanan…tx

  • By john paulus, November 22, 2010 @ 7:01 am

    Mohon bantuan ikan patin yg saya pelihara di kolam saya, selama 3 (tiga) minggu ini mati terus apa lagi seiring dengan seringnya turun hujan. kira2 apa penyebabnya. Atas perhatian dan bantuannya di ucapkan terima kasih.

  • By admin, November 29, 2010 @ 4:26 am

    kondisi air hujan memiliki kadar asam yang tinggi pak, coba check kondisi keasaman air anda ( ph ) atau mungkin patin anda kena penyakit..?

  • By uus kusaei, November 29, 2010 @ 1:24 pm

    kalou pengalaman pakan/pele di aduk pakai air untuk patn ukuran 1 s/d 2 in. saya selalu pakai obat tradisinal seperti daun kenikir yg bunga nya seperti buna matahari, carannya daun taroh di seluruh kolam, ingsya Alloh bisa mencegah dan mengobati in resep warisan leluhur saya kebetulan di kab sukabumi jabar termasuk petani ikan darat terbesar. trima kasih

  • By Likawahyuni, February 9, 2011 @ 12:12 pm

    Mohon bantuannya.saya pelihara ikan patin usia hampir 5 bulan.ada sebagian yang mati mendadak dan siripnya berwarna.sakit apa dan obatnya apa?

  • By Sibondut Labang, February 10, 2011 @ 1:37 am

    sayang sekali, ikan Pangasius yg dapat di beli di Jerman hanya asal dari Vietnam.

  • By lucas tejo, February 10, 2011 @ 11:05 pm

    kirimin ke email ku donk tentang budidaya ikan patin,karena aku orang baru di dunia perikanan,,,thanks

  • By nomo, April 25, 2011 @ 7:18 am

    mas admin,
    saya mw izin copy artikel buat pengetahuan mancing boleh yahh.thanks

  • By rizki, June 17, 2011 @ 9:02 am

    gan mo nanya cara bedain patin jantan ma betina gmn yah??
    reply lewat email yah gan.

  • By tita aje, December 23, 2011 @ 3:07 pm

    ehm…tolgkirimin donk info ttg sistem pencernaan ikan patin

    butuh bgt nih

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:54 pm

    gak pengalaman..soalnya pinter mancingnya aja..he3

  • By Yoedhie Widjaja, April 2, 2012 @ 8:39 am

    Gan…mw nanya masalh makann ikan patin dan pemeliharaannya soalnya q bru bljr memelihara ikan patin…
    q punya ikan patin umur 2bln dan ukuran peletnya brp kilo perhari ikan q skitar 9rb soalnya udh ada yg mati…..klw bisa dr bln ke bln ukurn mknnny gimna…..itu aja trima kasih ats infonya

  • By Cak.Harun, July 27, 2012 @ 9:24 pm

    saya sebagai pemula di dunia ikan air tawar, tetapi saya melakukan uji coba budidaya ikan patin dengan BIO ( SOC )tanpa air mengalir tidak menuimbulkan BAU .untuk uk.kolam 6x 10 x1.5 saya beri 3/4 botol SOC dan untuk fermentasi pakan setiap 15 liter saya beri satu tutup botol di tambah satu sendok makan gula pasir.

    bagi teman 2 yang ingin sering silahkan datang ke kolam saya di Gajah Kuning, Plalangan, Pandowohardjo, Sleman,Jogyakarta.

    karena BIOSOC di uji coba pada ayam petelur dan Gemak(Puyuh )
    Harga perbotol Rp.100.000,-

    salam

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes