ikan nila

ikan nila merah

ikan nila

Ikan Nila Adalah Salah Satu Ikan Favorit Pemancing

Ikan Nila memiliki nama latin Oreochomis Niloticus, ikan ini merupakan favorit baru untuk pemancingan di kolam air tawar. Meski memiliki daging kulit yang tidak terlalu tebal, ikan ini tetap menjadi pilihan pemancing. Terutama di kolam atau waduk dan bendungan dengan pola hidup yang sangat toleran dengan alam, ikan ini mampu berkembang biak di habitat alam yang cukup extreme, dengan keadaan air yang payau dan setengah asin sampai di perairan yang berada di pegunungan yang suhunya dingin.

ikan nila merah

ikan nila merah

Ikan nila termasuk ikan omnivore yaitu pemakan segala, Untuk menarik ikan nila para pemancing dapat menggunakan umpan alami seperti cacing, laron atau umpan tumbuh – tumbuhan yaitu lumut. Lumut yang baik adalah lumut yang masih segar dan kalau anda susah mencari, dapat membelinya di penjual lumut di pinggir jalan. Pekerjaan ini cukup baru sebenarnya, mengingat dulu lumut tentu saja dapat dengan mudah anda cari di sawah – sawah dan pematang dengan tanpa bayar.

Ikan nila memiliki beberapa varietas, yang banyak di kembang biakkan adalah Nila lokal, Nila gift, Nila nifi atau nila merah. Pada saat di budidayakan, nila dapat diberi makanan pengganti seperti pelet. Nila yang dipelihara di kolam biasanya ditujukan untuk konsumsi dan untuk melayani pesanan kolam – kolam pancing yang sekarang banyak menjamur. Untuk pemancingan jenis ikan nila yang merupakan hasil pembenihan di kolam, biasanya pemancing menggunakan umpan buatan juga sebagai selingan selain lumut sebagai umpan utama.

Dapatkan artikel lain tentang :

-         Aneka Jenis Pelampung untuk Memancing

-         Jenis – jenis Senar Untuk Memancing

-         Macam – macam ukuran Kail

30 Comments

  • By hendra, January 19, 2010 @ 1:04 pm

    saya maniak mancing, apalagi ikan nila, tolong di bagi ilmunya mas, apakah ada kondisi-kondisi tertentu yang bagus untuk memancing ikan nila? terima kasih sebelumnya.

  • By admin, January 21, 2010 @ 12:30 pm

    air yang terlalu jernih atau terlalu keruh karena lumpur ikan jarang mau makan, ikan ini termasuk ikan siang dan biasanya makan di pagi hari sampai kira2 jam 10 dan sore hari setelah jam 3. saat panas terik ikan ini jarang mau makan karena kondisi air yang hangat..namun ini tips untuk memancing di waduk atau danau lho…kalau kolam gak ngaruh…asal umpan cocok dengan makanan yang diberikan sama pemilik kolam…oke aja. salam

  • By eko, February 25, 2010 @ 10:07 am

    kalo dominan nila kecil2,pake lumut gabus alias lumut sawah aja bos,kalo agak babon pake yang alus aja,kalo siang kayaknya gak masalah bos,asal udah nyamber trus hajar aja umpan nya,biasanya kalo siang gitu yang imut2 yang rakus.. :}

  • By admin, February 25, 2010 @ 9:45 pm

    benar pak, biasanya ikan yang besar mancingnya pagi hari atau sore sekalian. salam strike..

  • By asnaw, March 16, 2010 @ 5:42 pm

    numpang info nie ya…
    Mungkin ada yng butuh bibit ikan bawal dan patin…

    bisa Hub:085719405570
    Lokasi Bogor…

  • By timbul simamora, May 24, 2010 @ 1:26 pm

    buat sobat2 yang butuh bibit2,ikan nila merah, gurame, bawal, lele, bisa kontak ke 0816704720, lokasi daerah bogor

  • By Monggi Fish Farm, July 26, 2010 @ 10:33 am

    dear fishing,,
    kami pambudidaya ikan air tawar di daerah Bogor,, menkyediakan ikan air tawar berbagai jenis dan ukuran,, cocok untuk kolam pamancingan,,
    hub. 021-68166886

  • By Monggi Fish Farm, July 26, 2010 @ 10:36 am

    juga menyediakan ikan lele ukuran 3 kg up,,

  • By David Solihin, August 20, 2010 @ 8:20 pm

    Kalo ada, jenis ikan nila yg berwarna merah yg bagus ( bisa tumbuh lebih dr 1 kg/ekor ) jenis yg mana n beli di mana ?

  • By danu andyawan, October 5, 2010 @ 3:43 am

    umpan apa sih paling jitu buat mancing di waduk selain lumut.soale gue ampe lumuten mancing ndak dapet2 juga.tlng bagi ilmunya ya.thanks

  • By admin, October 10, 2010 @ 9:39 pm

    ikan sasarannya apa? pakai cacing merah juga lumayan manjut kok pak, cuma biasanya dapatnya ikan kecil – kecil. kalau mau mancing tombro coba gunakan aci atau pelet. kadang kami pakai jagung muda juga…tapi mancing itu masalah rejeki pak..he3 kadang2 kami juga gak dapat ikan kok..namanya juga nasib,,he

  • By ade, October 26, 2010 @ 2:08 am

    sya pemancing yunior,tp Alhmdulilah sring juga juara,,!! apa bisa lumuty dcampur jadi 1 dgn pelet,n klo bisa apakan pake minyak ikan lg.
    thanks…..bos n all.

  • By Affan Aljailani, January 16, 2011 @ 11:14 am

    bila bersedia kita bekerjasama dalam usaha ikan ! sya belum bisa membuka paradigma ayah saya ia petani ikan yang telah menjalankan usahanya kurang lebih 12 tahun tapi belum bisa mengembangkan usahanya itu dan saya tidak bisa membuka paradigmanya karena sya belu bisa fokus coz masih studi di UIN sgd bandung cp:085723592504 sang pemikir kedepan

  • By Yuli saputra, February 4, 2011 @ 8:21 pm

    umpan nila yang paling manjur selain lumut
    apa????????

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:23 am

    apa yang bisa saya bantu..untuk pemasaran saya bisa mungkin mas…

  • By pray, April 21, 2011 @ 4:01 pm

    di tempat saya mancing ikan nila bisa pakek daun kangkung yang masih mudah

  • By mr x, May 11, 2011 @ 7:15 am

    coba pakai lontong aja bagi yg maniak mancing ikan nila,trus pancingnya pakai model dlosor aja,habis itu pakai mata kail yg no 8 daichi

  • By sutrisno, July 2, 2011 @ 9:00 am

    aku punya kolam bgmn caranya spy bs u dijadukan bisnis pemancingan

  • By xsoboy, July 2, 2011 @ 10:01 pm

    mau nanya ikan nila ini termasuk ikan yg suka di dasar kolam atau di tengah2 kolam ? apakah kedalaman umpan berpengaruh ? terima kasih…

  • By hadi, August 6, 2011 @ 8:40 am

    numpang iklan bagi saudara2 semua yang membutuhkan ikan nila merah dan ikan mas dalam jumlah besar bisa menghub.082140244774
    dijatim

  • By ardiyanzah14, February 2, 2012 @ 2:40 pm

    halo agang2 gw masi fomula mau mmbudidayakn ikan nila.gw pux empang ukuran 7×7 tinggi air 50 cm suhu udara 14-22 drjt isi ikan 15ekor.apakah cocok tidak untuk membudidayakn ikan nila danapa kah induk ikan tidak memangsa ank ikan lain(bibit nila)….?trims sebelumnya.salam.

  • By purnomo, February 4, 2012 @ 1:23 am

    di kali brantas ikan nila malam juga makan,malah yang besar2,bisa di buktikan d kediri jawa timur,

  • By kolam pancing ulam gesang,malang, February 20, 2012 @ 2:05 pm

    resep umpan nila yang manjur, bom bandul ditambahkan esen jagung,esen gurih,esen pandan sedikit esen tengiri. campurkan saat umpan masih kering tambahkan air sedikit,taburkan sedikit agar ikan mau datang terus pakannya tambah kan air sampai agak lunak. cara masang umpan pada kolam air tenang, umpan jangan terlalu di rekatkan cukup dipenyet pa
    da
    mata kail. kalo bisa pelampung jangan terlalu besar. selamat mencoba…….(face book ulamgesang)

  • By admin, March 30, 2012 @ 11:00 pm

    termasuk ikan tengah dan dasar..kedalaman tentu berpengaruh..kalau air panas ia akan di dasar kalau dingin ia ada di permukaan..tapi susah makan..

  • By arief, April 19, 2012 @ 7:30 pm

    mancing nila paling mudah pakek sethek(kail di renteng banyak)

  • By arief, April 19, 2012 @ 7:32 pm

    kelupak’an..diatas rentengan kail di kasih pelet…selamat mencoba….

  • By Seminyak villas, May 31, 2012 @ 11:35 am

    thx info nya gan ..:)

  • By dayat pera, June 19, 2012 @ 4:37 am

    admin numpang nanya….
    Apa sih bom ikan nila liar supaya pada ngumpul ikannya, klo saya sih biasanya lumutnya aja saya kasih duluan,
    juga apa essen yang cocok untuk nila liar.
    Trim’s……

Other Links to this Post

  1. Pemancing.com » Blog Archive » ikan mujair — September 9, 2009 @ 11:35 pm

  2. Memancing di Bendungan Selorejo Ngantang – Malang « Totokyudhiantowicaksono's Blog — January 10, 2010 @ 9:09 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes