mujair

ikan mujair

ikan mujair

Ikan Mujair ikan yang paling banyak menjadi obyek pemancingan alam

ikan mujair

mujair

Kalau anda suka memancing di perairan alam, seperti danau dan waduk, maka pastil anda sering mendapatkan ikan ini. Namanya ikan mujair, memiliki nama latin ( Oreochromis Mosambicus ) . ikan ini memang jarang di budidayakan di kolam karena memiliki tingkat ekonomis yang rendah, meski terdapat banyak penjual ikan biasanya mereka lebih memilih untuk membeli ikan nila yang lebih besar.

Ikan mujair memang tidak terlalu enak dimakan, karena ikan ini memiliki duri yang sangat banyak. Jika dijualpun harganya tidak mahal, sehingga para pemilik kolam pembenihan lebih menyukai memelihara ikan lain sebagai komoditi nya.

Di lokasi pemancingan  alam seperti waduk dan danau ikan ini memang paling gampang untuk hidup. Karena sifatnya yang gampang menyesuaikan diri dengan perairan tawar, sehingga ikan ini mampu hidup bahkan de perairan yang payau. Ikan mujair termasuk ikan pemakan segala atau herbivore, makanan utamanya adalah lumut, tumbuhan air , serangga dan cacing. Ikan mujair termasuk ikan yang cukup rakus dengan makanan yang ada, sehingga dalam pemancingan ikan ini lebih mudah untuk ditangkap.

Umpan untuk memancing ikan mujair adalah lumut, pelet, laron, cacing merah. Umpan di atas merupakan umpan utama dalam pemancingan ikan mujair. Memancing dengan lumut biasanya menjadi pilihan mancing ikan ini, karena ikan yang lama di alam akan menyantap makanan yang biasa ada di sana.

Teknik memancing dengan umpan lumut agak berbeda dengan umpan lain. Kami biasanya membuat tali pancing dari benang nilon, dimana tali tersebut diberi paling tidak 3 mata pancing, dengan panjang tali yang tidak sama. Tujuannya adalah supaya pancing yang dipasang tidak sampai membelit satu dengan yang lain.

Ujung dari tali nilon ditambah perpanjangan pegangan yakni batang dari cotton bud kira – kira 3 cm saja, gunanya ketika akan mengambil lumut yang sudah direndam air pemancing tidak akan basah tangannya. Sambungan dari tali senar dan batang cotton bud di hubungkan dengan kili – kili sehingga lebih praktis saat memasang mata kail di senar.

Memancing mujair biasanya dimulai dengan teknik mengumpulkan ikan yang paling efektif yaitu melempar lumut ke lokasi pemancingan. Ikan yang sudah berkumpul akan mempermudah saat anda memancing ikan ini. Selamat Memancing

27 Comments

  • By suparmo, September 13, 2009 @ 2:15 pm

    terima kasih artikel mancing mujairnya sangat membantu, saya hampir setiap hari mancing mujair di danau / waduk dengan umpan lumut, kalau ada gambar cara memasang mata kail, ukuran mata kail ataupun besarnya nylon untuk memancing mujair tersebut tentunya lebih bagus lagi.

    salam kenal.

  • By admin, September 13, 2009 @ 10:01 pm

    wah anda termasuk pemancing yang rajin ya pak..setiap hari memancing..kami akan buatkan segera, mohon ditunggu. trimakasih banyak

  • By heri, September 25, 2009 @ 11:29 am

    bila mancing di waduk/ telaga, selain umpan alami lumut dan umpan yg kita kenal pd umumnya, adakah racikan umpan lain yg mungkin ampuh buat mancing ikan di perairan tsat…1

  • By admin, September 26, 2009 @ 4:01 pm

    ramuan pelet, ramuan umpan ikan mas, jagung manis untuk tombro? laron untuk mujair? atau ada rekan lain yang mau menambahkan..monggo

  • By Aga, November 9, 2009 @ 10:22 pm

    salam knal,
    Langsung aja ea, tolong d taruh gmbr cara pemasangan lumut ny, soalnya gw blum prnah coba pke lmut.
    Thanks…

  • By admin, November 9, 2009 @ 11:52 pm

    baik, kami akan upload segera. trimakasih

  • By parsaulian, November 16, 2009 @ 1:28 pm

    apakah ada racikan lain yang bisa di campur kan dengan lumut?

  • By admin, November 16, 2009 @ 2:35 pm

    biasanya saya merendamnya dalam air rebusan bekicot, sehingga bisa lebih amis. ada beberapa pemancing yang menggunakan essence buah – buahan untuk aroma. selamat memancing

  • By Dani Sunarya, December 15, 2009 @ 11:05 am

    terimakasih informasinya tentang cara memancing ika n mujair dengan menggunakan lumut,dan saya mau tanya kalau pakai racikan laron campuran untuk lengketnya nempel di kail pkai apa dan berapa takaran antara pelengket umpan dengan laron yang harus ditambahkan, terimakasih

  • By admin, December 15, 2009 @ 10:31 pm

    coba gunakan telur sebagai perekat, biasanya sih untuk umpan ikan mas, kalau ikan mujair jarang saya pakai umpan buatan. tapi siapa tahu..

  • By widodo, May 22, 2010 @ 8:55 am

    Mas, saya maniak mancing di Rawa Pening Ambarawa, sebagian besar banyak ikan mujaher, memang sebagian besar menggunakan umpan lumut, tapi tolong diberikan gambar cara mengikat dan memasang umpan yang benar. Thanks…

  • By teddy pooh, June 17, 2010 @ 7:07 pm

    mas,saya pemancing baru didunia lumut,mohon infonya lumut yang bagus untuk mancing ikan nila adalah yang bagaimana,baik dari segi warna atau tu or mudanya lumut tersebut.trims

  • By admin, June 21, 2010 @ 9:54 am

    mancing lumut sebenarnya gampang,..toh lumutnya tinggal beli disepanjang jalan menuju pemancingan. di Ngantang ataupun di Karang kates banyak tempat menjual lumut untuk memancing. ikan nila suka dengan lumut yang segar cirinya tidak berwarna gelap dan baunya segar. kadang ada yang sudah agak gelap dan anyir..tandanya lumut sudah membusuk

  • By budi, July 3, 2010 @ 12:51 pm

    Mas tips untuk mancing di rawa pening yang paling cocok pake umpan Apa?
    kalo lumut di jual ndak di sekitar rawa, kalo lewat jembatan saya sering lihat banyak orang mancing disana.

  • By agus, August 16, 2010 @ 12:07 pm

    mancing di sepanjang jalan mau menuju rawa banyak yang jual lumut…klo gk tahu tanya warga sekitar?cari lumut yang baunya harum dan panjang2…

  • By agus, August 16, 2010 @ 12:11 pm

    kalo beli pelampung plastik untuk dewasa yang bisa ditiup belinya dimana ya?rumah saya salatiga,jateng.klo mancing dirawa sy gk bsa renang,pernah kecbur sekali naik perahu sampan.mhon infonya ….sy dengar ada alat elektrik untuk memanggil ikan air twar..barangkali ada yang punya info?

  • By firman ridho, August 31, 2010 @ 1:05 pm

    aswrwb…..langsung aja, saya sangat suka memancing nila di waduk jatiluhur purwakarta,umpan yg sering dpakai adalah lumut sawah, yg panjang dan tidak kasar,teknik memasang lumut sangat sederhana,begini kita kondisikan saja lumut yang panjangnya skitar 8 s/d 10cm ditelapak tangan kiri,lalu kita arahkan mata kail ke lumut sambil diperintil dengan cara memutar searah jarum jam kebawah lalu keatas sampai lumut dipastikan benar-benar terikat dengan rapat dan kuat… ( disarankan latihan sesering mungkin di rumah ) sangat sederhana bukan…demikian info dari saya,selamat mencoba..

  • By ozan, September 2, 2010 @ 2:57 pm

    aduuuuuuuuch ko w cari klasifikasi ikan ni ko g ada c ………..??????

  • By admin, September 3, 2010 @ 10:14 pm

    terimakasih sarannya pak, kami juga menggunakan lumut untuk memancing dengan menggunakan lumut yang kami cantolkan dengan menggunakan 3 mata pancing yang kami susun berurutan ke bawah dengan jarak sekitar 1 cm, jadi kemungkinan mendapatkan ikan bisa lebih besar. semoga bisa membantu

  • By alfino, March 24, 2011 @ 12:22 pm

    makasih om

  • By iwan sabang, March 26, 2011 @ 11:15 am

    Salam kenl buat semuanya,trima kasih bisa buat pengalaman memancing,selama ini setiap libur kerja saya jg emancing didanau tp menggunakan umpan udang yg hidup disekitar danau,keliatanya lebih mujarap.untuk lunut memang blm dicoba kalau bisa tehnik memasang disertai gambar pak, mohon bantuan,trims salam kenal

  • By toni, April 1, 2011 @ 3:09 pm

    aswrwb…..langsung aja.
    bener ga ikan mujair tidak mau dipancing kalo malam (jam 19 keatas)kata teman tidak mau dipancing, jadi penasaran…
    trimakasih sebelumnya

  • By Bakri, May 14, 2011 @ 9:30 am

    terima kasih atas infox para pemancing ,maniak

  • By reddy, September 16, 2011 @ 7:00 pm

    klo di rawa pening pake 3 mata pancing sekaligus dlm satu senar agak susah,mesti tersangkut ganggang.paling ideal ya pasang 3 joran ae…

  • By dian, January 19, 2012 @ 12:12 am

    salam kenal ya suka mancing ikan mujair di waduk daerah malang (ngantang) saya pengen tanya
    -apakah ikan mujair kalo kena trus lepas lagi ikan itu sudah tidak mau makan umpan kita lagi ?

    - jam jam berapa ikan mujair mulai aktif makan ?

    tolong di jawab
    terimakasih…………..

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:31 pm

    ya jelas ikannya gak mau makan lagi..abis mulutnya sakit to…kalau udah sembuh makan lagi..saat aktif ikan makan adalah di pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari…sebelum mulai tenggelam…salam satu jiwa..

  • By kenny, April 17, 2012 @ 9:22 pm

    Om admin.., mw ralat sedikit..pemakan segala tu namany omnivore..bukan herbivore..herbivore tu pemakan tumbuhan..

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes