ikan kakap

ikan kakap merah

ikan kakap

Bagaimana Cara Menangkap Ikan Kakap ?

Ikan kakap merah adalah jenis ikan laut yang sangat popular di kalangan pemancing. Dengan besar ikannya yang bisa mencapai 2 – 3 kg bahkan lebih, memancing ikan kakap merah merupakan tantangan tersendiri. Dengan teknik memancing yang memadai disertai kesabaran dan kejelian yang tinggi, kakap merah akan sukses dibawa pulang…Selain itu juga kakap merah merupakan bahan masakan yang sudah terkenal sejak tempo dulu, terutama masakan china, nama masakannya adalah Ang Shio he…Alias kakap asam manis…nyam ..nyam..aduh..moga2 benar namanya…he3

ikan kakap merah

ikan kakap merah

Untuk bisa memancing ikan kakap merah sungguh diperlukan teknik yang tepat, supaya mendapatkan hasil yang melimpah, nah cara – cara disamping ini mungkin bisa dijadikan beberapa acuan untuk memancing :

-         Tempat : Ikan kakap termasuk ikan dasar perairan laut. Ikan ini akan bertempat tinggal dan berembunyi di karang – karang dan di dasar perairan. Carilah lokasi yang banyak terdapat karang – karangnya. Kebanyakan adalah rumpon – rumpon baik alami atau buatan, serta dekat kapal – kapal yang karam. Sehingga merupakan tempat persembunyian terbaik untuk berbagai jenis ikan. Jadi pemasangan mata pancing harus disesuaikan dengan target sasaran anda. Buatlah cabang dari senar utama sebanyak 3 sampai 4 mata kail dengan pemberat utama yang beratnya cukup sehingga tidak terombang – ambing arus dasar lautan. Dan beri jarak antara dasar pemberat sampai cabang pertama kail sepanjang kurang lebih 1 M sehingga tidak sampai mata kail tersangkut batu karang.

-         Umpan : Sebagai ikan dasar, ikan kakap merah memiliki pola hidup paling banyak di dasar laut, dengan makanan pokoknya adalah ikan kecil, udang, cumi kecil dan siput dll yang tentu saja ada di dasar laut. Untuk mengecoh ikan tersebut gunakan pula umpan alami seperti makanannya seperti udang dan cumi, bahkan ada juga yang memberi makanan umpan dari ikan kecil yang lain seperti ikan kue, ikan meniran yang di potong – potong kecil. Dengan menggunakan pakan alami dalam keadaan segar kemungkinan besar ikan kakap akan dapat mudah ditangkap.

-         Teknik : Teknik memancing ikan dasar juga harus anda praktekkan, gunakan senar yang cukup panjang dengan panjang minimal 30 m – 100 m sesuaikan dengan kedalaman laut. Gunakan kualitas senar pancing yang baik dengan kekuatan minimal 5 lbs, sehingga jika anda mendapat ikan dengan berat yang besar anda mampu menariknya. Pasanglah mata pancing atau kail yang sesuai dengan target sasaran anda pilih yang cukup besar . Buatlah cabang dari senar utama sebanyak 3 sampai 4 mata kail dengan pemberat utama yang beratnya cukup sehingga tidak terombang – ambing arus dasar lautan. Dan beri jarak antara dasar pemberat sampai cabang pertama kail sepanjang kurang lebih 1 M sehingga tidak sampai mata kail tersangkut batu karang.

Dapatkan aneka informasi tentang :

-         Jenis – jenis Ikan Patin dan pola makannya

-         Cara memancing Ikan Tawes

-         Asal Muasal Ikan Bawal

49 Comments

  • By gambreng, June 22, 2009 @ 12:39 pm

    Bisakah saya mancing kakap merah menggunakan lure ? dan mancing kakap kalau dari pantai apa bisa?
    matur suwun . salam buni arema

  • By admin, June 22, 2009 @ 4:17 pm

    yang saya tahu, memancing kakap merah biasanya dengan kedalaman yang cukup, mengingat kakap merah memiliki habitat di perairan dalam..pemakaian lure biasanya pada siang hari, dengan menggunakan warna yang cerah..untuk pemancingan malam hari lebih baik menggunakan umpan yang segar..karena kakap merah menggunakan indera penciumannya untuk mendeteksi keberadaan umpan…

  • By ragiel, June 24, 2009 @ 5:06 pm

    tolong kasih contoh gambar umpan n fungsinya…
    spinnerbait,minnow,crankbait,popper,metjig….

  • By admin, June 24, 2009 @ 7:15 pm

    siap bos menunggu posting selanjutnya…trims sarannya

  • By ahonk, July 9, 2009 @ 9:47 pm

    bagaimana cara memancing ikan kakap sungai?soalnya saya lebih sering mancing ikan kakap sungai.apa umpan yang paling tepat buat mancing ikan kakap sungai.trimakasih

  • By admin, July 10, 2009 @ 11:16 pm

    ikan kakap sungai adalah ikan kakap yang merupakan satu spesies dengan ikan kakap yang ada di laut. namun ikan ini mampu bertahan dalam kondisi yang cukup drastis, dari air yang asin menuju air yang payau sehingga pakan ikan yang dibutuhkan adalah sama dengan yang anda pakai di laut yakni bermacam – macam udang, ikan belanak, atau potongan cumi – cumi. demikian penjelasannya, semoga bisa membantu..

  • By huri_daman arema, July 14, 2009 @ 11:27 pm

    saya mao tanya???? mata kail no brapa biasax?? trus kalau pemberatx jarakx 1mter apa g’ kjauhan sama mata kail??? kalau qta mancingx dnan ikan2an apadia mau makan??

  • By admin, July 16, 2009 @ 4:43 pm

    biasanya saya memakai yang cukup besar, yakni yang ukuran 4 atau 5 , jarak 1 meter sebenarnya sudah cukup, ukuran jarak sangat berhubungan dengan tinggi rendahnya gugusan karang. kalau ternyata dasar lautannya berpasir jarak sedemikian sudah cukup. asal posisi pemberat ada di bawah.

  • By Arief Sadono, March 17, 2010 @ 8:25 am

    kalau mancing ikan kakap di kali bagaimana Yah….

  • By YOUNG, April 4, 2010 @ 1:14 pm

    Selain di dasar laut yg ada karang apa ada di tempat lainnya……..???

  • By admin, April 5, 2010 @ 11:49 pm

    mungkin ada pak, karena habitatnya adalah di daerah berkarang..tapi ia bisa mencari makan di daerah berpasir pula..

  • By ronny, April 9, 2010 @ 1:58 am

    kakap biasanya di daerah karang2 atau rumpon
    saat ini lg rame2nya kakap di pecaron pasir putih
    pjln dari naik perahu ke lokasi +-3 jam
    lokasinya di karang nyonya…
    kalau rumpon di daerah p,linggo

  • By ronny, April 9, 2010 @ 2:01 am

    umpan paling bagus buat kakap adl udang kupas dng pancing ukuran 7-8-9
    skdr info mcg kakap jgn sampe lepas krn ikan ini bergerombol dlm jumlh besar skli terlepas maka gerombolan akan mengikuti ikan yg terlepas

  • By admin, April 9, 2010 @ 9:34 am

    banyak teman mancing juga menyarankan kami menggunakan umpan udang hidup pak, katanya biar lebih joss..dibandingkan dengan udang kupas.

  • By admin, April 9, 2010 @ 9:36 am

    kami jg merencanakan tujuan pemancingan kami ke Pecaron juga pak, kira – kira bulan depan..mencari hari yang longgar

  • By edigunawan, August 26, 2010 @ 12:36 pm

    Ikan kakap putih lagi ramai di brebes, daerahnya di kali sigempol dan kali pemali (pilar) ikan beratnya 1 s/d 12 kg, kalau pemancing ingin mencoba silakan datang, selamat memancing.

  • By admin, August 27, 2010 @ 1:25 pm

    pak boleh minta telp njenengan pak biar kami simpan sebagai database mancing kami gitu…

  • By edigunawan, August 30, 2010 @ 11:44 am

    no hp saya 081391934665

  • By asenk, September 3, 2010 @ 4:31 am

    pak, kami biasa mancing kakap di bebatuan daerah pantai. kalau jarak 1M dari pemberat apa tidak kejauhan…??? karena kedalamannya sekitar 3-4M saja…
    atau apa ciri2 lokasi potensial untuk jenis kakap ini,,
    mohon petunjuknya…!!!

  • By admin, September 3, 2010 @ 10:06 pm

    justru kalau terlalu dekat dengan pemberat dikhawatirkan setelah mendapat ikan kemungkinan bisa nyangkut di karang…

  • By regaldi, October 9, 2010 @ 9:29 pm

    tolong donk kasi specifikasi alat pancing yg bgs buat mancing dasar laut… klo bs hrg gak lbh sejuta. thnx…

  • By admin, October 10, 2010 @ 9:30 pm

    pak, untuk alat pancing dasar, yang penting adalah senar aja yang bagus. untuk mendapatkan kulaitas terbaik sebaiknya anda mengunjungi toko pancing kesayangan anda..

  • By HERI, November 12, 2010 @ 1:43 am

    tolong beritahu saya denah atau ancar-ancar untuk menuju ke pilar di brebes dan ranggon randusanga, saya ingin sekali mencoba sensasi memancing kakap di sana. terimakasih.

  • By admin, November 17, 2010 @ 5:37 am

    kami ada di jatim pak, mohon maaf mungkin teman – teman di kota Brebes bisa menbantu ?

  • By Liangfish, November 24, 2010 @ 1:53 am

    di muara air sungai dekat pantai, air keruh dan jernih apa juga dapat berpengaruh ya?
    tolong bantua an nya…

  • By admin, November 29, 2010 @ 4:24 am

    biasanya kalau air keruh, ikan jarang mau makan karena kondisi oksigen dan makanan juga berkurang. air yang bagus adalah yang jernih tapi ber arus sehingga banyak mengandung makanan

  • By rohmat harjanto, January 14, 2011 @ 11:17 am

    pak..untuk umpan udang yang dipakai mana yang lebih bagus antara udang tambak (putih) atau udang laut (merah)? trims atas jawabannya.

  • By ferry, January 18, 2011 @ 11:00 am

    pak apa ikan kakap puth mau mkan umpan ikan pelastik….

  • By emotca, February 9, 2011 @ 4:54 pm

    thnks ya…dah dapat pelajaran ni

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:22 am

    nggak mau..udang hidup lebih jitu…

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:24 am

    maaf belum pernah coba..mohon bantuan rekan lain…

  • By iskandar syah, February 17, 2011 @ 11:15 pm

    bln mart bagus ngga mancing dipantai?terutama daerah pantai selatan/tasik

  • By abdi, February 20, 2011 @ 11:57 pm

    Jorang jenis apa yg biasa nya digunakan?

  • By admin, February 28, 2011 @ 9:32 pm

    apa saja pak..yang medium taper yang saya suka, karena tidak terlalu keras..

  • By admin, February 28, 2011 @ 9:34 pm

    daerah selatan terkenal dengan ombaknya yang tidak bisa diprediksi..sebaiknya ambil waktu2 ombak gak tinggi aja..cari yang arusnya deras..biasanya banyak ikannya

  • By novisha angella, March 2, 2011 @ 12:04 pm

    aq mau nanya nih kenapa ada ikan kakp yang berada di dasar perairan dan di perairan dangkal dan apa perbedaannyA?

  • By novisha angellaa, March 2, 2011 @ 7:14 pm

    apa species yang menembus perairan air tawar…?

  • By novisha angellaa, March 2, 2011 @ 7:15 pm

    kenapa ada ikan kakap yang di dasar perairan dan di perairan dangkal dan apa [erbedaan dari keduanya….?

  • By Nurul Hidayat, May 8, 2011 @ 3:17 pm

    Kalo di Nunukan, Kaltim biasanya kami pake umpan pumpun (cacing laut). Alternatif pake udang hidup. Lokasi di sela-sela tanaman budidaya rumput laut. Tokcer bro….!!!

  • By ghozall, May 28, 2011 @ 11:23 pm

    di laut eretan indramayu ikan kakap monster lg nyerang,,, barang kali mau pd mencoba silahkan datang ke lokasi…
    skali mendapatkan ikan’y di jamin ketagihan….

  • By ahmad, June 20, 2011 @ 12:28 pm

    pak, apakah bisa mancing kakap merah dengan umpan campuran antara esen pancing dan pelet. ato ada cara lain mohon dibantu.

  • By Alle, August 21, 2011 @ 8:59 pm

    apa benar kakap makan cumi juga? soalnya saya dijepang kesulitan untuk mendapatkan udang hidup, namun ada juga orang jepang yg mancing dengan kepiting kecil (YUYU). cumi yg dipotong maksudnya gimana pak? apakah dipotong lembaran?

  • By bintang, January 13, 2012 @ 8:15 pm

    bisa gak mancing kakap pake pancing no. 11 trus reel no. 200

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:35 pm

    ikan kakapnya kecil banget kali…he3 rellnya juga mini…hem..gak bisa casting di kedalaman laut dong..coba jawab sendiri

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:46 pm

    cumi dipotong lembaran..fungsinya jelas..kalau di malam hari daging cumi bisa berpendar bercahaya..menarik ikan predator

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:53 pm

    gak pernah dengar..cara begituan…

  • By tikha, June 2, 2012 @ 6:23 pm

    reaksi ikan kakap terhadap umpan alami, gimana??

  • By Ipung, June 8, 2012 @ 10:05 pm

    saya orang pecaron pasput.stb. sekedar ingin berbagi pengalaman mancing kkp merah. pakek bulu ayam putih disantap juga lo .

  • By qutbi slalu ngfans neymar, September 17, 2012 @ 6:57 pm

    ., strek pak hartik ok bwanget
    ., seharusnya lomba mancing 2010 juara 1 adlah bapak hartik

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes