ikan betok

budidaya ikan betok

ikan betok

Ikan betok yang bukan favorit bagi para pemancing

mancing ikan betok

mancing ikan betok

Ikan betok adalah sejenis ikan air tawar yang hidup liar di kali, waduk dan danau alam. Ikan betok jarang sekali dipelihara sebagai ikan piaraan. Ikan betok termasuk ikan yang memiliki sifat sebagai ikan pemangsa atau karnivora. Ikan betok memiliki nama lain yaitu ikan betik ( jawa ), ikan puyu ( melayu ) atau ikan pepuyu ( bahasa banjar ) dan dalam bahasa Inggris, ikan ini memiliki nama Climbing Gouramy karena kemampuan ikan betok yang bisa memanjat ke daratan. Dalam bahasa latin ikan ini memiliki nama Anabas Testudineus

Sekilas ikan ini mirip dengan  ikan mujair dengan warna belang di sepanjang tubuhnya. Ikan betok memang memiliki warna agak gelap dengan warna kuning di bagian bawah tubuhnya garis – garis gelap melintang secara samar di permukaan kulitnya. Ukuran tubuhnya kira- kira sebesar telapak tangan dengan ukuran maksimal sepanjang 15 cm. ikan bethok dalam keadaan normal menggunakan insang sebagai alat untuk bernafas, namun dalam kondisi ekstrim ia menggunakan labirynth yang dimilikinya untuk mengambil oksigen langsung di udara. Dengan cara ini pula ia bertahan hidup dalam kondisi air yang minim dan sesekali berpindah dengan menggunakan siripnya sebagai alat untuk bergerak. Namun daya kekuatannya didaratan memang hanya beberapa jam saja , jika terlalu lama maka ia akan mati.

Memancing ikan betok biasanya menggunakan umpan yaitu cacing, mengingat sifatnya yaitu pemakan daging selain itu ikan betok bisa dipancing dengan menggunakan umpan laron. Umpan yang sudah disiapkan dipasang pada mata pancing yang kecil saja yaitu ukuran 7 – 9 saja. Dengan mata pancing yang berukuran kecil diharapkan umpan lebih mudah ditelan oleh ikan betok. Cara memasang umpan cacing pada mata kail yakni dengan cara membungkus seluruh mata pancing dengan cacing. Cacing yang paling baik untuk memancing ikan betok adalah jenis cacing merah yang bisa anda dapatkan di bawah pohon pisang.

Jika anda memancing ikan betok sebaiknya menggunakan rangkaian kail yang menggunakan pelampung juga. Penggunaan pelampung akan memposisikan umpan cacing pada tengah perairan. Karena ikan betok termasuk ikan perairan tengah, dimana ia mencari makan di tengah perairan dengan cara menyambar setiap umpan yang berada di lingkungannya.

Ikan betok termasuk ikan yang jarang ditangkap untuk ikan konsumsi, karena ikan ini memiliki jumlah duri yang sangat banyak di dalam dagingnya. Banyak pemancing malas memancing ikan ini karena rasanya juga tidak terlalu enak, ikan betok yang tertangkap biasanya tertangkap secara tidak sengaja saat memancing ikan mujair atau ikan nila. Namun jika memang tertangkap, biasanya pemancing memasaknya dengan menggorengnya sampai kering benar sehingga durinya menjadi renyah dan dapat dimakan.

34 Comments

  • By nia, December 15, 2009 @ 7:31 am

    hmm..ini ikan betik itu ya? waktu kecil suka banget mancing ikan ini di sawah. Kalau di desa saya, ikan ini cukup digemari lho, sering dijadikan lauk dengan digoreng kering.

  • By admin, December 15, 2009 @ 10:42 pm

    padahal durinya banyak lho…bener juga sih kalau digoreng kering ..bisa dimakan sekaligus durinya

  • By kelik, January 20, 2010 @ 3:47 pm

    dulu waktu smp di daerahku banyak rawa. Jadi kami biasa mancing sepat,betok,gabus dan kocolan(anak ikan gabus).Sekarang sulit karena lebih banyak dibangun komplek perumahan dan empang pemancingan.Rasanya pengen nostalgia mancing ikan macam gitu … Tadi dimana? Please infoin ke aku ya..thanks alot

  • By fahri, March 4, 2010 @ 7:16 pm

    kalo ada yg punya ikan betok aku mau donkk… bayarin juga gapapa dehh.. dulu waktu kecil sering banget tuh nangkep ikan tapi dilepas lagi… pengen nostalgia aja ma tuh ikan… hehehe

  • By agung, March 31, 2010 @ 11:17 pm

    kemarin aku abis mancing ikan ini di sungai kecil. karena abis baru sembuh dari kecelakaan dan belum bisa pergi jauh, jadinya mancing betok sebagai partai hiburan… Btw sebagai info, di sini (Banjarmasin) masih banyak terdapat ikan betok ini, namun jangan harap bisa dapet yg besar, soalnya orang di sini rada gila mancing. he he he.

  • By by herjunadi, April 28, 2010 @ 2:30 pm

    kl di Banjarmasin itu ikan termasuk yang favorit walau jarang dapat yang gede, biasanya dipancing dengan umpan beragam misalnya kroto yg besar, telur/anak lebah atau kroto kecil yang dicampur dengan getah ( bahasa banjar menyebutnya kalut ) termasuk ikan mahal jika ukurannya besar-besar karena jarang-jarang dapat yang gede. Enaknya dipanggang dengan sambel khas banjar, sambal limau terasi ditemani lalapan…. waduh jadi kepingin cari bakaran pepuyu…

  • By agung, June 8, 2010 @ 6:15 pm

    Betul Mas Jun, pakai kalut mantab, hemat sebungkus kotak korek api cm seribu perak. Nyaman pang….

  • By irfan, June 21, 2010 @ 11:25 am

    Sekarang udh musim nya betok or papuyu…coy kemaren dapet besar 2 mas…tuh.lokasinya bagus buat mancing daerah kuraw…

  • By zikri- pelaihari, June 29, 2010 @ 8:14 pm

    informasi………….. iwak papuyu ( banjar ) sangat banyak di kalsel, termasuk di Pelaihari, selain Kurau juga terdapat di Bajuin ( besar2, ada yang 1/3 kg per ekornya ). untuk umpan pakai karawai atau anak tawon

  • By rei_val, August 27, 2010 @ 9:42 am

    ikian betok sangat enak dipancing…karena taerikan yang yang melawan…lapeh candu….ikan betok sebaik nya dipancing saat sore hari ..karna pada sore hari ikan ini leluar dari sarang nya…umpan yang dipakai sebaik nya telor semut atau anak serangga sejenis lebah madu………….

  • By bahtiar2010, August 30, 2010 @ 10:42 pm

    hmm. ikan ini ena banget lho.. dagingnya berminyak, apalagi kalo di bakar ataou di o[en kering dengan kecap asin mantep, kakannya di kunyak sambil disepah2, entar duri2nya.. kan pisah sendiri dr dagingnya.. mantappp..

  • By iwan, December 2, 2010 @ 12:53 pm

    kira-kira untuk budidaya betok yang baik gimana yah, ingin budidayakan ….. karena ada obsesi bikin rumah makan ikan betok … hmmmmm

  • By admin, December 4, 2010 @ 1:25 am

    saya belum tahu caranya pak…mungkin ada teman lain yang bisa membantu…??

  • By djo astro, December 15, 2010 @ 7:00 am

    saya sering makan ikan betok, yg saya tahu dagingnya putih dan enak rasanya, tanpa duri, kalo sirip sama sisiknya aja yg tajam dan keras,, dibakar, ato diasam pedas enak bgt..
    skrg sih udah susah nyarinya..

  • By dani, December 29, 2010 @ 7:46 pm

    Saya sdh coba budidayakan betok, lumayan juga hasilnya. Permintaan benihnya juga cukup banyak Pelihara betok ga perlu lahan besar, cukup dipelihara di kolam terpal saja di samping rumah, ga perlu air mengalir.

  • By betok admire, January 25, 2011 @ 10:26 am

    saya sedang mengandung dan mengidam sgt nk mkn ikan batok ni..
    makcik saya pernah msk ikan betok ni bersama acar timun…enak sgt..
    tetapi ikan ini sukar diperolehi..

  • By alieboy, February 21, 2011 @ 10:44 pm

    ikan betok wow,,,,,,,,,,,atau ikan papuyu sangat digemari ditempatku kalimantan,saya sendiri sangat gemar memancing ikn ini,saya pernah dapat yg besarnya ampe 3 ons 1 ekor,,,,

  • By Roy, March 28, 2011 @ 10:30 am

    jadi ingat masa kecil, sering main & mancing di sawah/sungai/empang/danau yg banyak ikan betok,gabus, mujair,sepat,dsb tentunya dengan air yg jernih & bersih…tapi
    Kalo dijaman sekarang sih mana ada tempat seperti itu lagi, semua sudah beralih fungsi jadi pemukiman penduduk.

  • By Ahmad Setiawan, April 27, 2011 @ 10:16 am

    Hu uh….iwak papuyu bujur nyaman apalagi mun ganal” wokokokok…di akuarium rumah gw masih ada 1 ekor yg gede

  • By Ahmad Setiawan, April 27, 2011 @ 10:22 am

    Spot papuyu di palangka, arah kelampangan, taruna dll. masih banyak koq yg gede”, apalagi di daerah pangkoh (pulang pisau) wuih….papuyu galam nya mantab”….umpannya yg bagus pakai “tabuan” (bhs Banjar)/anak lebah, jangkrik, cacing tanah bagus jg. ikan ini termasuk ikan dasar, jadi mancingnya harus pake timah pemberat…

  • By gatot, May 31, 2011 @ 9:42 am

    di tempatku ikan ini jenis pangganggu, karena kalo mancing sering yang makan umpan ikan ini, soalnya rakus banget dan ikan nila yang jadi target jadi pada takut sama ikan ini, kalo saja ada yang tau cara ngusir ikan betok agar gak ikutan makan umpan tolong donk kasih tahu caranya, makasih

  • By ali_buntok, July 20, 2011 @ 10:18 am

    Ikan betok (papuyu) di Kalimantan termasuk ikan yang digemari karena dagingnya yang gurih, hanya saja durinya walau tidak terlalu banyak tetapi keras dan tajam,karena itu nenek saya mengingatkan klau makan ikan betok jangan sambil ngobrol, mungkin maksudnya biar konsentrasi, soalnya klau tertelan durinya bisa menempel dan menusuk di dalam leher (katulangan : bahasa banjarnya)

  • By albert, August 27, 2011 @ 4:40 pm

    dulu saya punya ikan betok warna kuning polos apa memang ada jenisnya tolong dong dijawab aku ingin tau

  • By ibnu, January 8, 2012 @ 10:36 am

    ikan yang mengingatkan masa-masa kecil dahulu….

  • By agus coy, January 12, 2012 @ 6:17 am

    3 hari berturut-turut pasca banjir yang lumayan besar, saya memancing iwak betik ini. lumayan hasilnya, ada sekitar 50 ekor di kolam samping rumah saya! ukuran nya variasi dari yang kecil s,d agak besar. maklum ikan ini ga ada yang berukuran sangat besar!

  • By surya, February 11, 2012 @ 11:40 am

    Wah!kalo bapa saya tiap hari mancing ikan ini, dapatnya juga ga pernah sedikit, minimal 1kg. kadang-kadang kalau lagi libur saya juga sering ikutan. makanya tetangga di rumah kalau tau kita mancing, pulangnya di tungguin, soalnya mereka juga hobi banget sama ikan rawa yang 1 ini. yang mau berbagi info lokasi mancing ikan ini di jakarta utara boleh contact saya di suryalkm@ymail.com. salam betok…..

  • By Alam, February 19, 2012 @ 9:02 pm

    Papuyu adalah salah satu ikan ke sukaan ku.
    karena rasanya enak. barusan beberapa hari yg lalu aku memancing, Alhamdulillah dapat beberapa ekor Tabahan. Bagiku yang Tabahan itu biasa.
    Dan punya beberapa trik untuk mendapatkannya.
    Salam.

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:17 pm

    hebat banget..salam mancing mania

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:38 pm

    mantabs bung..hasil pancingnya …

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:26 pm

    gak ada fotonya ya..maaf siapa tahu ada yang bisa bantu…

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:37 pm

    he3 bahaya juga ya bos…takut..

  • By Roni, May 5, 2012 @ 10:54 am

    memang kalau di p. jawa ikan ini tidak enak (garas, hayau bhs. banjar) saya pernah coba kok, rasanya kok lain gituu, tapi kalau memancing ikan ini di jawa, wuih mantap mantap besarnya ya tapi coba papuyu banjarmasin! makanya ikan ini paling vaforit. sekedar informasi di kab. Barito kuala/Maraabahan. oleh dinas perikanannya cukup sukses dibudidayakan untuk komsumsi restoran. untuk menghubungi cukup buka situs kab. tersebut ada kok

  • By deket rumaDi kali h aku banyak ikan betok ,ikan gabus(Kutuk),sepat bagi ku yg paling enak itu betok biarpun ikan gabus lebih banyak dagingy...a hehe, March 8, 2013 @ 10:11 pm

    di deket rumah ku banyak ikan betok ,ikan gabus(Kutuk),sepat bagi ku yg paling enak itu betok apalagi kalo di masak asam manis Hmmm biarpun biarpun ikan gabus lebih banyak dagingya..hehe

  • By agung, May 1, 2013 @ 4:24 pm

    Paling Nyaman Papuyu Bagincu he he he

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes