ikan bawal

ikan bawal tawar

ikan bawal

Ikan Bawal Adalah Ikan Import Dari Brasil Yang Sekarang Semakin Populer

Ikan bawal merupakan ikan import dari Brasil. Nama latinnya collossoma macropomum Ikan ini sangat mirip penampilannya dengan ikan piranha. Dengan badan yang pipih dan bulat dan warna kulit keperak – perakan, memiliki lubang hidung yang besar, dan warna ujung sirip berwarna merah atau kuning. Kadang mungkin anda bisa tertipu oleh penampilannya. Seperti kerabatnya ikan piranha ikan ini termasuk ikan carnivora yakni pemakan daging. Di habitat aslinya di sungai amazon sana ikan ini bergerombol dalam jumlah yang kecil dan mencari mangsa ikan kecil, katak, siput atau udang. Dengan gigi – giginya yang tajam, ikan ini merupakan predator sejati.

Ikan bawal sebenarnya nmasih cukup baru diperkenalkan di industri perikanan tanah air, namun karena hasil penyebarannya mendapat respon dari para petani ikan. Jumlahnya konsumsi ikan bawal semakin hari semakin meningkat. Ikan bawal memiliki rasa daging yang gurih dan enak, meski cukup banyak duri pada dagingnya. Sebagai ikan konsumsi ikan ini sekarang menjadi alternative baru.

ikan-bawal

ikan bawal tawar

Untuk pemancing sendiri tentu saja bisa menikmati mancing ikan bawal hanya di kolam pancing saja. Sebagai ikan import tentu saja tidak  bisa ditemukan di alam liar. Ikan ini cukup mengasikkan saat di pancing. Sebagai ikan carnivore, memancing ikan bawal cukup mudah. Anda bisa menyiapkan umpan isi perut ikan lain yang tentu saja mudah anda temukan di kolam pancing. Isi perut ikan mujair, ikan gurami atau ikan apa saja yang berbau anyir akan menyebabkan ikan bawal bisa didapatkan dengan mudah. Ikan ini memiliki indera penciuman yang sangat baik apalagi dengan bau darah.

Dapatkan aneka artikel menarik tentang :

-         Aneka Jenis Ikan Lele

-         Panduan Memancing Ikan Mas

Jenis – Jenis Ikan Nila Favorit

15 Comments

  • By enal, December 28, 2009 @ 11:50 am

    kalau dipelihara dalam satu wadah dengan ikan nila, apa tidak habis ikan nilanya dimaka?.

  • By asnaw, March 15, 2010 @ 7:49 am

    salam.. numpang info yea… saya menjual bibit ikan bawal dan juga ikan bawal yg siap di konsumsi,,bisa HUB: 08571940557 lokasi bogor,,

  • By sam, September 28, 2010 @ 10:20 am

    Kalo di Sulawesi udah ada gak pembibitan ikan bawal

  • By roni, October 23, 2010 @ 7:02 pm

    apa sih yang pling disukai makanan ikan bawal?

  • By admin, November 2, 2010 @ 11:42 pm

    jerohan ikan lain yang segar, tersedia banyak di pembuangan ikan di kolam pemancingan umum

  • By ochy, April 5, 2011 @ 12:36 pm

    brp kali waktu pemberian pakan untk ikan bawal n apakah cocok jika budidaya menggunakan keramba?

  • By Eneng Mastiroh, October 6, 2011 @ 8:34 pm

    berapa kali dalam sehari pemberian makan ikan bawal…makasih

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:09 pm

    ikan ini cukup rakus..dua kali sehari udah cukup..jangan terlalu banyak atau akan mengotori kolam..menciptakan penyakit

  • By sarah pecinta ikan, December 14, 2012 @ 5:21 pm

    ikan bawal ni ngigit gak? soalnya sama banget kayak ikan piranha… ikan piranha kan serem
    makanan ikan bawal apa? pelet ikan gak apa apa kan?

  • By izzaddien, December 26, 2012 @ 8:31 pm

    itu gambarnya piranha woy

  • By admin, March 26, 2013 @ 7:24 pm

    dia emang karnivora, tetapi hanya sesama ikan saja. gak makan manusia lah..

  • By irpan nurpandi, April 6, 2013 @ 7:30 am

    Sy perlu ikan bawal didaerah sukabumi untuk ukuran konsumsi,keperluan pemancingan. Jika ada yg pasok dng harga standar hub 08567002518 atau 0817118992

  • By Muh. Amin, June 2, 2013 @ 9:54 pm

    bagaimana pasarang ikan bawal di Indonesia, apa menjanjikan keuntungan ????

  • By indogurame, July 5, 2013 @ 12:45 am

    jual bibit ikan gurame, nila, bawal, lele dan telur, larva gurame berkualitas, dengan harga murah, menerima pengiriman seluruh indonesia
    phone:081915532338 Sms:082223676667

Other Links to this Post

  1. Kolam Pancing Grup-1 Kopassus « INSPIRASI DAN INFORMASI — August 28, 2009 @ 2:39 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes