ikan baung

baung

Ikan Baung

Ikan Baung

ikan baung

Ikan Baung adalah salah satu ikan yang sekerabat dengan ikan lele dan termasuk dalam marga Hemibagrus. Ikan ini secara sekilas mata memang sama dengan ikan Lele dengan adanya sungut dan patil di mulutnya. Sebagai ikan konsumsi, Ikan Baung terkenal sebagai bahn masakan yang cukup enak, terutama di daerah Sumatera, dan Kalimantan.

Ikan Baung terdapat di berbagai negara baik di India, Cina Selatan dan sebagian Asia. Dengan habitat perairan tawar mulai dari hulu sungai bahkan sampai di sungai dengan kadar air tawar yang bercampur air asin di muara sungai. Ikan Baung merupakan ikan yang mampu menyesuaiakan diri dengan kondisi air yang beraneka ragam, baik itu danau, sungai, waduk maupun perairan payau di muara sungai.

Ikan Baung merupakan ikan nokturnal yang aktif mencari makan di malam hari dan merupakan ikan yang termasuk omnivora yakni pemakan segala. Meskipun makanan kesukaannya adalah udang, ikan kecil, siput dan berbagai jenis serangga. Pada pemancingan ikan baung di sungai umpan pemancing biasanya adalah campuran berbagai macam bahan hewani yang dibusukkan

Untuk memancing ikan Baung biasanya di daerah Sumatera Selatan terdapat umpan yang disebut “kucur” yang merupakan campuran dari usus ayam, isi perut ikan dan telur itik  dicampur dan dibusukkan sehingga menimbulkan bau yang sangat menyengat dan dapat menarik penciuman ikan di dalam air. Saking hebatnya aroma ikan ini banyak juga pemancing yang cukup terganggu dengan aromanya. Umpan kucur untuk ikan Baung terbukti sering berhasil, bahkan juga aneka ikan lain juga berhasil di tangkap.

Meski termasuk ikan nokturnal, namun pemancingan di siang hari sering berhasil juga. Ikan Baung biasanya bersebunyi di dasar perairan dan juga lubang – lubang yang berada di pinggir sungai yang berada didalam air. Seperti lele kerabatnya, ikan Baung dapat juga ditangkap dengan menggunakan umpan alami lain seperti cacing, atau jangkrik.

6 Comments

  • By Mang Soegeng, December 12, 2010 @ 7:39 am

    Wah..!kalau didaerah saya ikan baung termasuk ikan air tawar yg sangat disukai/rebutan beli..dimasak LEMPAH KUNING ( digulai dengan rasa asam pedas + pucuk daun kedondong..alamak kalau selesai makan, badan mpe keringetan dan mulut kepedasan..nikmat banget!..

  • By rosadi, May 5, 2011 @ 11:27 am

    salam mancing bro
    pada 29 mei 2011, kita akan mengadakan lomba mancing di tepian sungai kapuas Pontianak. kita berharap rekan-rekan bisa mengikutinya. syaratnya, cuma bayar 25 ribu saja

  • By afot, May 10, 2011 @ 6:52 pm

    ditempat saya juga banyak ikan baung,yaitu di sungai ciasem. tapi orang kampung ku menyebutnya dengan sebutan ikan enyeng kalau yang msih kecil tapi kalau udah ukuran yang besar namanya senggal..

  • By LELASURAMADU LOVES CATFISH, January 9, 2012 @ 3:37 pm

    Umpan kucur kalo diterapkan di lele dan ikan mas mungkin juga ampuh ya. Asal tahan sama baunya

  • By dunia pemancing, April 1, 2012 @ 11:04 pm

    bisa di kopas nggak

  • By Istana Pancing Situbondo, May 26, 2012 @ 12:14 pm

    tolong dimasukkan data toko kami daerah situbondo :

    Toko Istana Pancing
    Jl. Irian Jaya 14 Situbondo
    Telp 0338-671747

    (menjual segala macam alat pancing & perikanan laut dan kolam)

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes