ikan bandeng

umpan ikan bandeng

ikan bandeng

Cara Memancing Ikan Bandeng

Ikan bandeng memiliki nama latin Chanos chanos, merupakan ikan campuran antara air asin dan air tawar atau payau. Ikan ini dapat hidup sampai ke pinggiran dan tengah laut dan secara kontinyu akan kembali ke perairan dangkal atau tepi pantai untuk bertelur. Ikan banding lebih menyenangi perairan dangkal dengan banyak tanaman bakau di sekitarnya. Karena akar tanaman bakau akan melindungi telur dan bayi ikan banding dari pemangsa seperti ikan lain yang berukuran lebih besar.

ikan bandeng

ikan bandeng

Bayi bandeng atau yang dekenal dengan nama “nener” banyak ditangkap oleh para nelayan untuk dijadikan benih di tambak. Memang bandeng sekarang sudah banyak di pelihara di tambak – tambak. Pengambilan benih bandeng atau nener di alam liar masih merupakan pola pembibitan yang sudah kadaluarsa. Sekarang bibit bandeng atau nener banyak di produksi oleh para pembibit atau hatchery untuk di jual ke pengelola tambak. Dengan teknik pembibitan ynag modern bibit bandeng dapat dihasilkan dengan jumlah yang luar biasa banyak.

Untuk memancing bandeng memang diperlukan teknik khusus, kebanyakan para pemancing yang mencari target sasaran ikan bandeng akan mencoba peruntungannya di tambak – tambak milik petani, meski bisa juga memancing bandeng di perairan dangkal di dekat hutan bakau. Bandeng merupakan ikan yang termasuk omnivore atau pemakan segala. Makanannya yang utama adalah lumut dan plankton. Maka untuk memancing bandeng di alam liar cukup sulit, namun jika anda mencoba memancing bandeng yang berada di tambak, mungkin akan sedikit mudah , karena ikan bandeng jenis ini sudah pernah merasakan makanan buatan seperti pelet dan pur.

Untuk memancing ikan bandeng di tambak anda bisa meramu pakan umpan seperti pakan ikan mas, coba lihat artikel kami tentang pakan ikan mas. Ikan bandeng meski merupakan ikan liar namun setelah mendapatkan menu tambahan seperti pelet dan pur akan berubah pola makannya. Penggunaan umpan ikan mas yang berbau tajam dan menusuk akan membantu anda memancing ikan bandeng.

Ikan bandeng termasuk ikan yang menyambar umpannya secara langsung, maka dibutuhkan mata kail yang sesuai dengan mulut ikan. Gunakan pelampung dengan kedalaman kira – kira 10 cm dari dasar tambak, sekali pelampung bergoyang tanda disambar ikan anda harus sesegera mungkin menarik joran anda.

Daptkan artikel lain tentang :

-         Mitos memancing bukanlah sekedar hoky alias keberuntungan

-         Bagaimana mencari lokasi memancing di tengah laut

-         Cara memancing ikan kakap

5 Comments

  • By adi, September 5, 2010 @ 11:47 am

    minta tlng…apa? resep jitu untuk umpan bandeng….sblmnya makasi

  • By andi ilham, January 17, 2011 @ 10:05 am

    apakah bisa ikan bandeng dipelihara di air sawah?sya mau coba budidaya.tolong infonya.thanks b4

  • By fatchan, April 25, 2011 @ 8:25 pm

    tlg resep umpan ikan bandeng donk…
    theng’s

  • By nnix, June 25, 2011 @ 11:39 pm

    salam kenal
    numpang nanya bos..macing di muara kl pakek popper enak gak..salam knal aq dari madura bos

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:52 pm

    gak enak..di muara ikannya kecil2..gak usah popper deh daripada capek gak dapat ikan…

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes