mancing bareng

mancing bersama

catatan mancing probolinggo

Catatan pemancingan di probolinggo

memancing bareng

memancing bareng

Acara perdana tour mancing di probolinggo baru saja dilakukan, persiapan dimulai dari hari sabtu siang jam 13.00 perjalanan dimulai dari kota Malang menggunakan kendaraan Pregio dan dengan 3 orang crew saya, pak Toyik dan mas Ajay kami berangkat ke kota sidoarjo untuk menjemput para pemancing. Dimulai dari dengan menjemput pak Jeffry “the doctor” di daerah Porong dan dilanjutkan menjemput 2 orang pemancing di Sidoarjo yaitu pak Umar dan pak Agus di sekitaran pintu tol sidoarjo dan terakhir menjemput pak Budi di daerah bundaran tol Waru.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke kota probolinggo untuk diadakan briefing sebentar di rumah makan Bromo Asri di Probolinggo. Disana kami bertemu dengan teman kami yang sangat bersemangat untuk memancing sehingga menunggu lebih dari 3 jam yakni pak Puhas dan Pak Hery. Setelah itu dilanjutkan perjalanan ke pelabuhan untuk persiapan memancing. Disana kami bertemu 3 orang dari paiton yang sebenarnya merupakan pemancing dari Jakarta yang bekerja di proyek Paiton yakni pak Puguh, pak Amri dan pak Alex. Setelah persiapan selesai jam tujuh kita memulai perjalanan memancing ke rumpon – rumpon yang berada di sekitar pulau Gili dan sekitarnya.

Malam itu perjalanan mancing kami ternyata tak semulus seperti yang kami mau, kondisi gelap di perairan cukup menyulitkan kami untuk berburu spot yang bagus. Namun demikian setelah mendapatkan salah satu rumpon yang bagus kita mulai memancing. Berturut – turut pemancingan bisa mendapatkan aneka jenis ikan karang. Ikan kakap merah, ikan kerapu, ikan hiu karang, ikan kuniran. Mulai malam para pemancing semakin kesulitan mendapatkan ikan karena arus laut yang mati. Tanpa arus menyebabkan ikan jarang makan. Kami pun beristirahat.

Menjelang subuh pemancingan kami pindahkan ke spot karang yang tidak terlalu dalam dan mulailah para pemancing bersemangat karena ikan mulai lahap memakan umpan udang hidup kami. Berpuluh ikan berhasil ditangkap pagi itu bahkan sampai menjelang pukul 8 pagi masih ada beberapa ikan yang tertangkap kail kami. Ikan yang kami tangkap tidak terlalu besar ukurannya namun lumayan lah untuk mengobati kekangenan kami dalam memancing.

Banyak yang kami bisa pelajari dalam pemancingan ke Probolinggo kali ini. Pertama adalah pencarian lokasi haruslah mencari para nelayan yang profesional yang bisa mengantarkan anda ke berbagai spot yang ia ketahui dengan baik. Lokasi di probolinggo kurang cocok untuk mereka yang ingin memancing ikan besar. Karakter lokasinya yang berkarang hanya bisa mengharapkan tangkapan ikan besar yaitu ikan Kerapu dan ikan Kakap merah.

Yang kedua adalah umpan, pilihlah umpan udang hidup kerena umpan ini terbukti memang cocok sebagai umpan pilihan. Untungnya ada pak jeffry yang rala mendesain ice box nya dengan keranjang sehingga umpan udang bisa hidup sampai bisa berhari – hari. Dan umpan udang hidup memang yang paling efektif mendapatkan ikan. Umpan jenis cumi-cumi ternyata hanya efektif mendapatkan ikan pada malam hari saja.

Yang ketiga adalah mata pancing atau kail. Penggunaan mata pancing yang besar memang memiliki keefektifan lebih. Jika terlalu kecil mata pancing akan susah nyangkut ke mulut ikan karena biasanya mulut ikan di laut biasanya lebar – lebar. Mata pancing sebaiknya menggunakan yang baru dan yang lama sebaiknya tidak dipakai karena jika sudah terkena air laut biasanya mata pancing akan gampang terkena karat dan menjadi tumpul.

Pemancingan di Probolinggo kali ini memang belum bisa menghasilkan ikan – ikan yang besar, namun dengan tingkat “pendapatan” yang cukup sering pemancingan di tanjung tembaga probolinggo cukup menyenangkan asal memperhatikan berbagai hal tadi. Salam para teman – teman pemancing yang ikut kita akan buatkan acara lagi nanti ..ada usulan?

17 Comments

  • By agus, March 24, 2010 @ 6:18 am

    mana foto yg lainya mas?..n jadwalkan acara mancing di paiton. kayaknya lbh menjajikan

  • By budi, April 5, 2010 @ 1:48 pm

    salam kenal,.,.,.,.
    kalo menurut pengalaman saya mancing di probolinggo ikannya tidak begitu besar-besar tapi lumayanlah untuk refreshing,.,.,.
    kalo kata nelayan sana sih ada tempat mancing yang katanya dihuni ikan besar.,.,.,.kalo g salah namanya “karang cina”,.,.,.dari pulau gili masih terus ke utara.,.,mgkin perjalanan 2-3 jam dari pelabuhan,.,.

  • By admin, April 5, 2010 @ 11:47 pm

    betul pak daerah karang cina katanya banyak ikannya mungkin kami akan adakan lain kali ke daerah tersebut..salam strike

  • By ronny, April 9, 2010 @ 2:04 am

    karang cina sdh sulit dipancing karena byk lokasi yg rusak krn obat/bom air

  • By ronny, April 11, 2010 @ 8:19 pm

    yang sip ke sdg biru aja… msh byk dihuni ikan2 monster…
    dg teknik yang tepat kita bs mdptkan ikan2 monster
    sy tgl 10 April,2010 kmrn brgkt dg teknik poping msh bs mdpkan monster GT sktr 15kg an sbyk 4 ekor…
    jiging sbyk 6 ekor…ikan karas (tuna karang) dg berat rata2 5 kg
    lokasi tdk jauh dr p.sempu…

  • By budi, April 12, 2010 @ 1:24 pm

    salam strike,.,.,..,

    di tunggu kabar acara mancing selanjutnya,..,.,.

    sukses selalu,.,.

  • By gandy, April 13, 2010 @ 1:37 am

    ada yg punya telp nelayan…d probolinggo

  • By admin, April 14, 2010 @ 9:38 pm

    silahkan sms saya.nanti sy berikan nomor telp nya..

  • By yusuf, June 19, 2010 @ 8:05 am

    gimana ya……? agar bisa ikutan mancing….? soalnya aku kagak punya temen yang bisa diajak mancing ketenagah laut ni………

  • By admin, June 21, 2010 @ 9:57 am

    kami akan selalu update jadwal perjalanan tour mancing kami ke laut baik melalui website maupun melalui facebook. jangan ketinggalan berita ya

  • By sugeng, July 19, 2010 @ 12:46 pm

    pengalaman saya mancing di daerah probolinggo khususnya di PAITON itu desa kecil sebelah barat tembok paiton itu ada pantai untuk mangkal para nelayan.saya sering pakai nelayan bernama leman.untuk ikan bermacam_macam melihat musimnya yang sering saya dapat ikan jetti(putihan),talang,kerapu,kakap merah dan baronang.kadang ada sekitar bulan september_oktober itu musimnya ikan marlin.tanggal 31 juli saya dan crew finishing ARJET berangkat mancing.salam

  • By admin, July 20, 2010 @ 12:06 am

    terimakasih anda sudah berbagi cerita, apakah anda mau berbagi cerita kepada kami nanti? kami akan senang sekali bisa mempublikasikan cerita anda. semoga sukses..

  • By Denny Santosa, August 15, 2010 @ 11:07 am

    Giliran teman-teman Jakarta kapan dong mancing barengnya? Habis lebaran adakan acara dong, senggol-senggol kita bro….salam

  • By Aguse Yox., October 23, 2010 @ 7:41 pm

    Pengalaman saya slma mncing di laut probolinggo utk daerah P. Gili dn sktrx karang2 sdh pd rusak ada tempat2 trtentu yg hanya d ketahui nelayan yg lumayan ada ikan besarx tp lbh baik ke Paiton saja klo lg musim putian lmayan lo. Dan anda yg ingin strike dg ikan2 besar cba ke situbondo daerah Carron…… mdah2n brmanfaat.

  • By koko, June 12, 2011 @ 12:41 am

    Mantap

  • By setiawan, December 17, 2011 @ 1:21 pm

    laut problinggo makin hari makin parah
    nelayan di sana pakai pukat

  • By wahyu.A, May 9, 2012 @ 8:50 pm

    gk ada rencana maw mancing lg ni para pemnancing,ke laut probolinggo,naik perahu yg lumyan besar,dg harga yg murah…..??

Other Links to this Post

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes