budidaya ikan gurame

budidaya ikan gurami

budidaya ikan gurami

Nikmatnya Budidaya ikan  Gurami

ikan gurami

budidaya ikan gurami

Ikan gurami merupakan ikan air tawar yang sampai sekarang masih menjadi favorit  sebagai ikan konsumsi, dengan rasanya yang sangat nikmat ikan ini termasuk dalam golongan ikan mewah dalam ikan konsumsi. Banyak rumah makan menggunakan ikan gurami sebagai menu termahal dari daftar makanan mereka. Budidaya ikan gurami semakin digemari karena harganya yang mahal serta pembudidayaannya yang tidak terlalu sulit.

Jenis ikan gurami yang dibudidayakan sebagai ikan konsumsi adalah:

-          Ikan gurami angsa, memiliki  panjang  tubuh sampai dengan 65 cm dan berat tubuh bisa mencapai 6 – 12 kg per ekor. Warna tubuh abu – abu dengan sisik relatif lebar. Di daerah sunda biasa dikenal sebagai gurami soang atau gurami galunggung.

-          Gurami Jepang atau nama lainnya adalah gurami jepun,  panjang tubuh lebih pendek dibandingkan gurami angsa. Memiliki warna tubuh abu – abu kemerahan terutama ada ujung sirip – siripnya. Memiliki bentuk sisik kecil dan berat mencapai 3.5 kg dan panjang maksimal 45 cm.

-          Gurami Bluesafir, memiliki ciri fisik hampir sama dengan gurami yang lain namun memilii warna merah muda cerah. Berat maksimum mencapai 2 kg per ekor. Produktivitas telur mencapai 5000 – 7000 butir.

-          Gurami Paris, warnanya merah muda cerah tetapi kepalanya berwarna putih dan terdapat bintik – bintik hitam diseluruh tubuh. Berat maksimum mencapai 1,5 kg, dengan produktivitas telur 5000 – 6000 butir

-          Gurami perselen, memiliki warna merahmuda cerah dengan ukuran kepala relatif kecil. Kelebihannya adalah dalam menghasilkan telur jumlahnya bisa mencapai 10.000 butir setiap kali pemijahan. Gurami jenis ini adalah yang paling sering dicari sebagai benih unggul. Berat induknya mencapai 1, – 2 kg.

-          Gurami Bastar, tubuh jenis gurami ini agak kehitaman tetapi warna kepalanya putih. Bentuk sisik nya agak lebar, laju pertumbuhannya termasuk cepat namun jumlah telur yang dihasilkan tidak terlalu banyak hanya 2000 – 3000 butir setiap kali pemijahan.

-          Gurmi kapas, memiliki warna putih keperakan mirip kapas dengan bentuk sisik yang cukup besar. Benih gurai jenis ini dapat  tumbuh dengan  cepat dan dapat mencapai 1 kg dalam waktu sekitar 13 bulan semenjak menetas. Priduktifitas telurnya bisa mencapai 3000 butir setiap kali pemijahan.

-          Gurami batu, memiliki warna hitam dengan sisik yang kasar. Pertumbuhannya cenderung lambat dibandingkan jenis yang lain. Beratnya hanya mencapai 0,5 kg dalam waktu 13 bulan semenjak menetas.

Pakan ikan gurami

Ikan gurami termasuk dalam ikan pemakan segala atau omnivora. Di habitat asalnya ikan inimemakan fioplankton, zoo plankton, serangga dan daun tumbuhan lunak. Pada saat dewasa guramilebih suka memakan tanaman anir seperti azoll  mata lele ), lemna, Hydrilla ( ekor kucing ) Ceratopgyllum, myriophyllum ( ekor tupai, pistis ( apu – apu ), kangkung, dan genjer. Untuk pembudidyaan gurami di kolam umpan alaminya adalah daun talas ( daun sente ), daun pepaya, daun ubi kayu ( singkong ) dan kangkung. Saat dibudidayakan, ikan gurami dapat dioptimalkan pertubuhannya dengan memberinya pelet.

Teknologi budi daya

Ikan gurami termasuk ikan yang pertumbuhannya lambat jika dibandingkan dengan yang lain, meski pertumbuhannya lambat, namun pertumbuhannya dapat dipacu dengan pemeliharaan yang baik seperti penebaran pakan yang tepat, pengelolaan air yang sesuai, dan pemberian pakan yang  tepat  serta penanggulangan penyakit dan hama.  Pemeliharaan yang baik akan membuat tingkat kehidupan ikan gurami bisa meningkat sampai 85 – 90 %. Berdasarkan minat para peternak, jenis ikan gurami yang paling sering dibudidayakan adalah jenis gurami blausafir, gurami angsa, dan gurami paris. Karena ketiga jenis gurami tersebut memiliki jumlah telur yang sangat banyak, lebih dari 5000 butir per periode bertelur. Namun jika anda memilih yang pertumbuhannya paling cepat anda bisa memilih gurami jenis bastar. Karena jenis ini memiliki ukuran yang paling besar dan daya tubuhnya relatf kuat dan laju pertumbuhanya relatif cepat.

Pola Bisnis Budidaya Gurami

Pola budidaya gurami dapat disesuaikan dengan kecenderungan dan permintaan pasar, hal ini dikarenakan aspek perkembanganya yang relatif mudah yakni bisa memijah sepanjang tahun ( tanpa mengenal musim ) artinya, pembudidaya bisa mengembangkan ikan gurami sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan dana dan luas kolam yang dimiliki.

Jenis usaha yang dapat diikuti oleh para pembudidaya adalah :

Usaha pembenihan GuramiNikmatnya Budi Daya Gurami

Usaha Pendederan Gurami

Usaha Pembesaran Gurami

Usaha Pemasaran Gurami

64 Comments

  • By nia, December 23, 2009 @ 3:39 pm

    Sangat tertarik untuk mencoba budidaya ikan gurame. Tapi masih bingung hal apa yang pertama harus dipersiapkan mengingat sangat awam tentang usaha budidaya dan pengetahuan perikanan.

  • By admin, December 23, 2009 @ 9:03 pm

    silahkan baca -baca dulu, mungkin nanti timbul idenya, salam kenal.

  • By ana, January 8, 2010 @ 4:08 pm

    sy peternak gurame,dan ingin mencari pembeli.. jika ada yang berminat hub sy langsung email:ebobo.cla@gmail.com (ambil sendiri) daerah jawa.indramayu.

  • By joko, February 2, 2010 @ 4:58 pm

    ini sangat bermanfaat bagi saya… dimana saya bisa dapat info lengkap tentang pemijahan ikan guarami… dari mulai perawatan induk-benih tebar. trima kasih buat info nya…

  • By ARDIANSYAH, May 6, 2010 @ 12:05 pm

    aku baru memulai usaha budidaya ikan gurame,lele,ikan mas….tolong dunk masukan dari teman-teman yg sudah lebih dulu melakukan budidaya ikan-ikan tersebut…kolam ikanku berukuran 2.8x8meter…agar aq jadi pengusaha ikan yg sukses sperti teman2…TRMKSH…By.Ardiansyah – Lampung.

  • By ARDIANSYAH, May 6, 2010 @ 12:13 pm

    maaf lupa ini emailku: arsyah_banget@yahoo.co.id & facebook aku : Bee Ardiansyah…trm ksh infoy.

  • By admin, May 6, 2010 @ 1:49 pm

    mohon bantuan teman2 yang lain..salam

  • By boy andi, May 11, 2010 @ 9:58 am

    saya dan keluarga baru memulai usaha ikan gurame, ikan kami sekarang sudah siap panen ukuran sekitar 1 kg= 3 ekor ,( tidak rata );tapi kami sekarang kesulitan dalam memasarkan ikan kami tolong kepada rekan” siapa saja yg bisa memberikan masukan (give ure comment to geboy_asoyy@yahoo.com), lokasi: Desa Babakan Ciseeng Kampung Orai Parung Jawa Barat,terima kasih ya

  • By ambas garnamas, May 17, 2010 @ 3:48 pm

    mohon petunjuk benih gurami, saya mau pesan 4000 ekor. tq

  • By admin, May 18, 2010 @ 1:36 pm

    kami akan coba kontak pemilik benihnya..

  • By RUDY BOYMIN, June 13, 2010 @ 10:00 am

    SAYA SEBAGAI PEMULA UNTUK PETRNAK IKAN KONSUMSI TERUTAMA IKAN GURAMI, MOHON PETUNJUK DARI PARA SENIOR.

  • By opy, June 25, 2010 @ 8:55 am

    Artikel yang bagus, dimana ya cara pemesanan semua bibit ikan gurami tersebut,..

  • By diking - skh, July 8, 2010 @ 1:44 am

    salam bwt teman2 semua.. mohon jk ada yg tau pemasaran anakan ikan gabus hsl pemijahan ? tks..
    info: 085728985467

  • By diking - skh, July 8, 2010 @ 1:45 am

    salam bwt teman2 semua.. mohon jk ada yg tau pemasaran anakan ikan gabus hsl pemijahan ? tks..
    info: 085728985467 diking-solo

  • By ardia gunawan, July 27, 2010 @ 2:56 pm

    salam, sy sudah 3 thn usaha gurame, tidak terlalu sulit memang namun untuk pemasaran hasil panen kadang sy kesulitan dalam penentuan harga. selama ini saya menjalin hubungan dengan pedagang pengumpul/bandar.. mhn saran bapak ibu

  • By Irvan, September 4, 2010 @ 3:57 pm

    Jika ada pentani Gurami yang ingin mensuply ke saya , silahkan Sms ke 081385511661 Irvan. Gurami2 ini akan di supply untuk restoran. Jika serius bisa memberikan harga yang bagus. Saya siap membeli dalam jumlah besar per-2 hari 300-500kg dengan ukuran 1kg isi 2 ekor. Terima kasih.

    Salam.

  • By admin, September 9, 2010 @ 10:06 am

    silahkan bagi para pemasok yang mau mencoba peruntungan bisnis ikan nila

  • By Lhia, September 24, 2010 @ 12:39 pm

    Sy baru memulai mengembang-biakkan gurame.. Yang mau sy tanyakan,, ada beberapa ikan gurame sy yg matanya berwarna putih.. Kira2 gurami sy itu terkena penyakit apa dan bagaimana solusinya..?? Sy takut jika itu menular pd gurami lainnya.. Tks

  • By agus, December 12, 2010 @ 12:06 pm

    saya mengembangkan pembibitan ikan lele dan gurame. saya d Boyolali (081328336878)

  • By m.irwan rusdiawan, January 15, 2011 @ 2:35 pm

    By Irwan,Januari 14 2011

    saya baru mulai pembesaran gurame,tapi saya kesulitan untuk pemasaran di daerah saya. kalo rekan2 ada yang mau pesan bisa hubungi di no ini 081.323.079.793 dan 085.223.438.237. saya di tasikmalaya

  • By andi ilham, January 17, 2011 @ 10:15 am

    dimana saya bisa dapat benih gurami?saya dimakassar..terus berapa/ekor?tolong infonya.thanks b4

  • By Damar Hidayat, January 23, 2011 @ 9:49 pm

    Kalau da yang mau beli ikan gurami khusus psara kudus, semrang ,,yang sudah siap knsumsi ukuran 1 kg 3 ekor bisa hubungi saya. 085640243474

  • By abdul tajab, January 29, 2011 @ 3:40 pm

    sy ingin sekali budidaya gurame, kira-kira bisa nggak saya minta cara atau acuan untuk budidaya gurame mulai penebaran bibit sampai pemeliharaannya. Trims

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:05 am

    kalau cara yang lengkap sebaiknya baca buku ya…

  • By admin, February 12, 2011 @ 11:22 am

    maaf pak..mungkin teman lain bisa bantu..?

  • By saleh, March 11, 2011 @ 2:03 pm

    Sangat tertarik untuk mencoba budidaya ikan gurame. Tapi masih bingung hal apa yang pertama harus dipersiapkan mengingat sangat awam tentang usaha budidaya dan pengetahuan perikanan.

  • By galih from cepu, March 17, 2011 @ 11:19 am

    hy brother,,klo ada yg membutuhkan bibit ikan lele,nila,gurami,tawes,patin,bandeng,bs hubungi saya,,081-2525280014/085733224414,,thx

  • By galih from cepu, March 17, 2011 @ 11:41 am

    hy brother,,klo ada yg membutuhkan bibit ikan lele,nila,gurami,tawes,patin,bandeng,bs hubungi saya (cepu-JATENG),081-252580014/0857-33224414
    Thx

  • By windu, March 20, 2011 @ 3:19 pm

    saya ingin menanyakan dimana saya mendapatkan indukan ikan gurame bastar?

  • By agi, March 27, 2011 @ 1:00 am

    q baru belajar budi daya ikan gurami.q bermasalah d pemasaran.dan baru mulai 2 bln yg lalu.q belajar membesar kan ikan dr telur sampai besar. d usia berapa aja ikan bisa d pasarkan?

  • By SWARA NIAGA, April 20, 2011 @ 10:25 am

    OBAT IKAN GURAMI HIDROPHILA

    HIDROPHILA adalah obat yang sangat ampuh digunakan untuk mengatasi penyakit ikan gurami .. sudah teruji dan terbukti sejak tahun 2002 .. hingga saat ini masih kontinyu digunakan oleh para petani ikan gurami di Jawa Timur

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  • By Boges, May 6, 2011 @ 10:50 pm

    saya mempunyai kolam terpal ikan gurami lokasi di Tulungagung, dan alhamdulillah telah menghasilkan banyak. semoga gerakan makan ikan semakin populer, amin

  • By teguh, June 3, 2011 @ 2:50 pm

    Saya mencari bibit ikan gurame yang se ukuran bungkus rokok..dan bibit lele sangkuriang ukuran 46…terima kasih..

  • By SWARA NIAGA, June 9, 2011 @ 9:32 am

    OBAT IKAN GURAMI HIDROPHILA

    HIDROPHILA adalah obat khusus untuk mengatasi penyakit ikan gurami seperti cacar, berenang tak berarah, timbul kepermukaan, cacar, berdaran dan bernanah, bintik kuning kecoklatan serta mata menonjol putih .. telah teruji dan terbukti sejak tahun 2002 dan tetap digunakan hingga sekarang oleh peternak gurami di Jawa Timur

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  • By nina, June 21, 2011 @ 7:42 pm

    hi semua pecinta gurame, aq pgn belajar budidaya gurame, ad yg mau bagi ilmu n bagi benih ga? hub aq y 085295556456

  • By budi, June 25, 2011 @ 5:09 pm

    mksh be atas infonye, bagus banget informasinye, thanks google, thanks babe !

  • By ternak lele, July 6, 2011 @ 1:04 pm

    Salam Kang Admin :)

    Bisa minta info dimana saya bisa memperoleh benih ataupun indukan yang berkualitas, thx

  • By eko hartono, July 9, 2011 @ 7:07 pm

    klo daerah jogja yang jual benih daerah mana?untuk umur 1 bukan harga satuan berapa?terima kasih

  • By yoga, August 20, 2011 @ 8:01 am

    saya peternak ikan gurami, sekaligus pendederan ikan nila,gurami, koi. bila ada yang ingin membeli silahkan hub 085234498768 / yogagayatri@yahoo.com. dari banyuwangi

  • By aun, September 1, 2011 @ 11:56 am

    untuk persediaan khusus ikan air tawar.di keramba kami punya banyak stok

  • By henry cheng, September 13, 2011 @ 10:37 am

    mau cari yang memihara ikam gurami saya punya lahan 3 ha di kal-tim .kalau berminat saya mau kerja sama dan bagaimana pembagianya.kalau berminat hug 0811552518.

  • By muhajirin gouramy semarang, September 27, 2011 @ 11:58 am

    semua umat manusia ndak ada yg sempurna dan jago,bilamana ada yg membutuhkan bantuan secara teknis masalah gouramy bibit dan konsumsi bisa dengan sangat hubungi muhajirin-semarang 081326455039,nuwun guru ada dihati tiap manusia.

  • By Ismail Gani, September 28, 2011 @ 10:53 am

    Kalo ada yang mau bibit gurame ukuran kuku jempol bisa hubungi saya di 085692939949 (Gani)

  • By NANJO FARM, October 22, 2011 @ 10:13 am

    Kami usaha pembibitan gurame, mulai dari telor, dan daging di daerah Gunung sindur. Mencari mitra untuk pemasaran seluruh Indonesia.

    Harga gabah siap kirim Rp. 150 per ekor.

    Nanjo
    HP. 082112787268

  • By Bibit Ikan Sumut, October 22, 2011 @ 1:55 pm

    Sukseskan Budidaya Perikanan Air Tawar untuk kemajuan ekonomi bangsa… Salam Sukses

  • By roni casanova, October 25, 2011 @ 7:45 am

    sy ada niat membudidayakan ikan gurame,tp sy belum tau dmn tempatnya induk gurame,sy mau beli induknya.tlong info nya,klo bs yg ada di sumatera utara(medan).trimakasih ats bantuan nya.
    ….

  • By ian, January 13, 2012 @ 6:11 pm

    cara cepat byar ikan gurame cepat gd gimana carany????? pake pakan apa?? katanya pake cacing bener ngga????

  • By Darmo, January 23, 2012 @ 9:25 am

    saya baru saja membeli benih gurami 200 ekor… tetapi setelah satu minggu gurami tsvt tinggal 60 ekor saja…. apa penyebabnya ikan2 tsbt mati…? ? kolam saya terbuat dari terpal spanduk…. yang salah terpalnya atau ikanya pak…? trims

  • By ali, February 4, 2012 @ 11:13 am

    mas aku pengen budidaya ikan. ikan apa ya mas yang paling mudah perawatannya dan jangka panennya tidak terlalu lama?

  • By jaid santoso, February 23, 2012 @ 12:20 pm

    kalau ada yang butuh bibit ikan gurame atau mau jual ikan gurame bisa hub aku jaid 081 327 984 929

  • By herryrahmat, March 5, 2012 @ 4:32 pm

    saya mau jualan gurame untuk Bandung dan sekitarnya yg mau kerjasama bisa menghubungi Herry hp 02270001023. thx

  • By herryrahmat, March 5, 2012 @ 4:33 pm

    alamat emailnya herryrahmat@gmail.com

  • By dian BNRIDER, March 20, 2012 @ 3:07 pm

    Ikan lele sangkuriang & ikan lele phyton

    Benih ikan lele sangkuriang & phyton jual segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan di kembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh serta cepat beradaptasi di lingkungan apapun.

    Menjual benih serta indukan ikan air tawar :

    -ikan lele sangkuring & phyton
    -ikan bawal
    -ikan nila super
    -ikan guiramih & telur guramih
    -ikan braskap
    -ikan mas & koi
    -ikan patin
    -cacing sutra & bibit plangton pakan benih ikan

    Yang murah selain kami masih banyak yang jual tapi kwalitas kami utamakan, Kita tidak menjual benih yang tidak layak untuk di pelihara oleh petani pengusaha atau penjual benih seperti ikan kurang sehat atau rusak, Dan benih kami di kelola oleh orang orang pilihan secara profesional dan tetap dalam pantauan dinas perikanan daerah akan kesehatanya benih ikan. Buat apa mencari dan membeli benih ikan murah kalau banyak kematian nantinya.Anda bisa menilai kwalitas kita boleh anda bandingkan dengan yang lain silahkan.

    BENIH KITA BUKAN YANG TERBAIK SERTA BENIH KITA BUKAN YANG MURAHAN TAPI KITA BERUSAHA MEMBUAT BENIH YANG TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan benih ikan lele pengiriman :
    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    Untuk informasi cara ternak ikan lele :
    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    info lengkap Silahkan kunjungi website kami via Google di alamat : atau KLIK di bawah ini

    Semoga bermanfaat amin

    Dian lele …………………..Hp : 081226633426 . ..Tidak melayani sms

    suplayer benih ikan lele antar pulau seluruh indonesia

  • By admin, March 30, 2012 @ 9:28 pm

    ikan nila…makanan apa aja mau..pur, pelet, daun tales..tapi emang harga pasarannya murah…

  • By admin, March 30, 2012 @ 10:50 pm

    kesempatan yang baik bagi pembibit yang mau jualan..monggo..saya gak ada referensi

  • By mang adung, April 17, 2012 @ 8:44 am

    kalo bibit gurame sekilo 7 ekor dimana mksh inf nya

  • By buyung, June 3, 2012 @ 4:50 pm

    kunjungi aja di http://www.facebook.com/PrasodjoFarm.
    sedia berbagai kebutuhan ikan gurami, kami siap melayani

  • By ikhwan, June 3, 2012 @ 8:24 pm

    saya baru saja lulus dari smk, saya ingn sakli membudidayakan ikan gurame, berapa modal yang harus d keluarkan untk pengelolaan budidaya ikan guram/////

  • By Robi, June 6, 2012 @ 8:58 pm

    Cari pembeli ikan bawal,lokasi ciseeng-bogor.hub, 021-91147610

  • By Noer Rachmah Dina, June 10, 2012 @ 1:17 pm

    saya punya lahan 330 m2 di Porong sidoarjo.ingin kerjasama untuk budidaya ikan Gurame.kalau berminat Sy mau kerjasama & bagaimana pembagiannya.bisa email : divana_art@yahoo.com. atau telp di 02746558041 atau 081904116649.

  • By hery purwanto, July 7, 2012 @ 1:15 pm

    sy dr tulungagung jatim. sy jg jual beli ikan gurami dngan jumplah berpuluh2 ton. yg ingin berminan jual hubungi di no ini. 082132123739. untuk daerah karisidenan kediri dan sekitarnya.

  • By jual bibit gurame, February 28, 2013 @ 7:22 pm

    salut dengan artikelnya, menambah semangat para petani mina khususnya gurame untuk lebih meningkatkan budidayanya dan mampu manaikan taraf hidup para petani itu sendiri. salam mina tani, trima kasih

  • By agung, September 11, 2013 @ 4:51 pm

    jika ada yang kesulitan memasarkan gurame, lele, nila. saya berani menjalin kerjasama dengan anda. saya akan memasarkan ke pasar tradisional, modern, restauran, rumah makan n hotel. jika ada yang berminat hub. 085730624036 sms juga tidak apa2. ini hanya untuk orang yang serius.

Other Links to this Post

  1. Mengenal Penyakit Ikan Gurame (1) | salindia — August 1, 2011 @ 3:23 pm

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

WordPress Themes